Memiliki Banyak Etnis, Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Kazakhstan

Ternyata Kazakhstan adalah negara terkurung daratan terbesar di dunia, lho!

25 Januari 2021

Memiliki Banyak Etnis, Ini Dia 5 Fakta Unik Tentang Kazakhstan
astanatimes.com

Apakah kamu mengetahui kisah kasih Fiki Naki dan Dayana yang mendadak viral?

Dayana, perempuan yang berasal Kazakhstan sering bertatap muka secara virtual dengan Fiki Naki menggunakan jejaring OmeTV.

Kazakhstan sendiri mungkin belum terlalu familiar bagi beberapa orang. Negara dengan ibukota Nursultan ini berada di tengah-tengah benua Asia dan merupakan negara yang luas. Bahkan masuk jajaran 10 negara terluas di dunia.

Selain itu, Kazakhstan juga negara yang terbilang muda dan paling maju di antara negara berakhiran Stan lainnya.

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 fakta unik lainnya mengenai Kazakhstan. Yuk, segera ikuti ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber!

1. Negara dengan julukan yang serba pertama

1. Negara julukan serba pertama
Freepik/drobotdean

Ternyata negara dengan simbol nasional berupa elang emas ini menjadi negara yang serba pertama kali, diantaranya:

  • Kazakstan meluncurkan satelit Sputnik-1. Sedangkan sputnik 1 sendiri adalah satelit buatan pertama yang diluncurkan oleh seluruh manusia. Lebih tepatnya diluncurkan oleh negara Uni Soviet pada 4 Oktober 1957 di Kosmodrom Baykonur, Kazakhstan.

  • Tak sampai disitu saja, Kazakhstan menjadi yang pertama mengirimkan manusia ke luar angkasa bernama Yuri Gagarin. Lalu keduanya diluncurkan pada tahun 1961, yaitu di sebuah markas luar angkasa terbesar Baikonur Cosmodrome.

  • Selain itu, Kazakhstan juga punya kota bernama Almaty yang artinya tempatnya apel, yaitu merujuk pada tempat pertama ditemukannya pohon apel.

  • Keempat, Kazakhstan juga negara pecahan Soviet pertama atau negara berakhiran Stan pertama yang sanggup membayar hutang negaranya kepada Dana Moneter Dunia atau International Monetary Fund (IMF) tahun 2000. Padahal tenggat waktu pembayarannya masih 7 tahun lagi.

Editors' Picks

2. Negara yang serba ‘paling’

2. Negara serba ‘paling’
Freepik/user18526052

Selain menjadi negara yang serba pertama, fakta berikut tentang Kazakhstan yakni merupakan negara yang serba ‘paling’. Berikut informasinya:

  • Ternyata di Kazakhstan terdapat cerobong asap pabrik paling tinggi di dunia, tinggi pun berkisar 420 meter. Itu artinya lebih tinggi daripada menara Eiffel yang tidak sampai 350 meter.

  • Selain itu, Kazakhstan juga masuk kategori negara dengan produksi uranium terbesar di dunia.

  • Ketiga, 99 dari 110 elemen dalam tabel periodik unsur kimia Mendeleev paling banyak dapat ditemukan di Kazakhstan.

  • Di Kazakhstan juga terdapat gelanggang es terluas (10,5 ribu kilometer persegi) di dunia yang berada di atas gunung.

3. Memiliki fasilitas peluncuran luar angkasa

3. Memiliki fasilitas peluncuran luar angkasa
advantour.com

Fakta berikutnya tentang Kazakhstan yaitu memiliki fasilitas peluncuran luar angkasa. Tepatnya berada di bagian selatan Kazakhstan dengan wilayah seluas 6.717 km persegi.

Baikonur Cosmodrome atau dipanggil Tyuratam adalah kompleks peluncuran roket yang sangat besar, pusat antariksa pertama dan terbesar di dunia.

Tim Peake dan beberapa astronot terkenal lainnya pun pernah melakukan lepas landas roketnya dari Kosmodrom Baikonur di gurun Kazakh.

Situs yang dibangun pada 1950-an untuk Uni Soviet ini merupakan tempat peluncuran Sputnik 1. Fasilitas tersebut saat ini disewa oleh Rusia hingga tahun 2050 dan tetap menjadi pusat program luar angkasa.

4. Tidak berbatasan dengan laut tetapi memiliki tentara angkatan laut

4. Tidak berbatasan laut tetapi memiliki tentara angkatan laut
Pexels/Kellie Churchman

Fakta unik lainnya tentang Kazakhstan adalah negara terkurung daratan terbesar di dunia.

Bahkan Kazakhstan merupakan negara yang tidak berbatasan langsung dengan laut luas atau samudra.

Meski demikian, Kazakhstan memiliki angkatan laut. Markas besar tentara angkatan laut ini terletak di Laut Kaspia.

Adanya tentara angkatan laut dimaksudkan untuk berjaga-jaga apabila diserang melalui jalan laut oleh Rusia, Azerbaijan, Iran atau Turkmenistan.

5. Kazakhstan memiliki beragam etnis dari berbagai bangsa

5. Kazakhstan memiliki beragam etnis dari berbagai bangsa
advantour.com

Fakta selanjutnya, ternyata Kazakhstan adalah salah satu negara terpadat di dunia yang memiliki beragam etnis. Perwakilan dari 130 kebangsaan tinggal di sini.

Pada 2018, etnis Kazakh sebesar 67,5% dari populasi dan etnis Rusia di Kazakhstan adalah 19,8%. 

Dalam hal ini Kazakhstan adalah dua kelompok etnis dominan dengan beragam kelompok lain yang diwakili, termasuk Ukraina, Uzbek, Jerman, Tatar, Uyghur, Korea dan Turki.

Beragam etnis tersebut disebabkan oleh letak Kazakhstan yang tepat di tengah-tengah daratan benua Asia dan diapit oleh negara besar seperti Rusia, Tiongkok, Mongolia. Termasuk beberapa negara Timur Tengah dan negara-negara berakhiran Stan lainnya.

Demikianlah kelima fakta unik tentang Kazakhstan. Setelah Covid-19 berakhir, apakah kamu ada rencana ingin berlibur ke sana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.