5 Selebriti Tanah Air Ini Memutuskan Tidak Lagi Menjadi WNI

Meski sudah menjadi WNA, tapi mereka masih cinta Indonesia

19 Juni 2019

5 Selebriti Tanah Air Ini Memutuskan Tidak Lagi Menjadi WNI
Instagram.com/claurakiehl

Lahir dari orangtua berbeda kewarganegaraan membuat sederet artis harus memilih salah satu kewarganegaraannya setelah usia 18 tahun.

Sementara mereka yang ingin berkarir internasional kerap terpentok urusan visa karena memegang paspor Indonesia.

Beberapa public figure Indonesia memutuskan pindah kewarganegaraan karena mengikuti jejak orangtua dan berbagai alasan lainnya. Penasaran siapa saja artis Indonesia yang pindah kewarganegaraan? Berikut daftarnya yang sudah dirangkum oleh Popmama.com :

1. Anggun C. Sasmi

1. Anggun C. Sasmi
Instagram.com/anggun-cipta

Siapa yang tak tahu Anggun C. Sasmi? Perempuan bersuara emas itu dikenal sebagai penyanyi Indonesia yang sukses di luar negeri.

Pada 1997 ia memutuskan untuk hijrah ke Perancis untuk merintis karier sebagai penyanyi, Anggun memulai karier dengan bantuan seorang komposer besar Prancis bernama Erick Benzi.

Pada akhirnya Anggun meraih kesusksesan dan album pertamanya yang berjudul 'Snow on the Sahara' dirilis lebih dari 33 negara di seluruh dunia.

Lalu Anggun pun memutuskan pindah kewarganegaraan ke Perancis untuk mempermudah dirinya agar bisa melebarkan sayapnya sebagai penyanyi internasional.

Memegang paspor Perancis memberikan keuntungan tersendiri bagi Anggun untuk pergi dari satu negara ke negara lain. Meski begitu Anggun tetap cinta pada Indonesia.

2. Atiek CB

2. Atiek CB
Instagram.com/fenty_kuswidarty

Daftar public figure asal Indonesia yang pindah kewarganegaraan selanjutnya adalah Atiek CB.

Atiek pindah kewarganegaraan karena menikah dengan seorang warga negara Amerika Serikat, Laurence Smith di tahun 1994.

Setelah menikah, Atiek memilih untuk hidup dan menetap di negara sang suami dan berhenti berkarier memilih menjadi ibu rumah tangga di Amerika Serikat.

Editors' Picks

3. Cinta Laura

3. Cinta Laura
Instagram.com/claurakiehl

Cinta Laura adalah artis Indonesia yang memutuskan untuk pindah kewarganegaraan.

Sejak lahir hingga berusia 21 tahun Cinta Laura Kiehl memang sudah memegang dua paspor, yakni paspor Jerman dari sang ayah dan paspor Indonesia.

Setelah memutuskan meneruskan pendidikan dan berkarier di Amerika Serikat, akhirnya perempuan berwajah bule itu memutuskan untuk memilih paspor Jerman dan menanggalkan paspor Indonesia-nya untuk fokus berkarier di Hollywood.

Walau sudah menjadi WNA, tapi Cinta masih sering pulang ke Indonesia lho.

4. Daniel Sahuleka

4. Daniel Sahuleka
Instagram.com/danielsahuleka

Bagi beberapa orang, nama Daniel Sahuleka mungkin tidak terlalu tenar. Namun namanya lebih terkenal di luar negeri.

Daniel merupakan musisi jazz yang sukses di ranah internasional dan sudah diakui di dunia. Lalu Daniel pun akhirnya memutuskan hijrah ke Belanda, meninggalkan kewarganegaraan Indonesia.

Penyanyi jazz berdarah Ambon berkewarganegaraan Belanda ini sudah menghiasi belantika musik jazz di Eropa pada tahun 1970 hingga 1980. Daniel yang bernaung di bawah Polydor label rekaman asal Belanda sering kali eksis dan terlibat dalam sejumlah festival jazz dunia.

Kalau Mama lupa lagu apa saja yang sudah tenar dari penyanyi senior ini, berikut salah satu videonya.

5. Tony Gunawan

5. Tony Gunawan
Instagram.com/t_gun75

Fenomena para public figure yag pindah kewarganegaraan rupanya tak bisa kita lewatkan begitu saja. Alasannya karena mereka ingin lebih memadai untuk kariernya di kancah internasional.

Tahun 2000 sosok Tony Gunawan benar-benar terekam jelas di hati pencinta bulu tangkis. Tony berhasil menyabet medali emas pada Olimpiade di tahun yang sama.

Lalu ia mempertebal skill-nya dan memutuskan untuk menuntut ilmu di Amerika sejak tahun 2002 dan menanggalkan kewarganegaraan Indonesia. Kini ia telah menjadi pemain dan pelatih di Orange County Badminton Club, California.

Itulah kelima public figure yang memutuskan untuk mengganti kewarganegaraannya. Bagaimana pendapat kamu tentang public figure yang sudah tak lagi menjadi WNI?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!