Suka Berdonasi, 7 Artis Korea Ini Dikenal Berhati Dermawan

Ternyata banyak seleb Korea berlomba-lomba berbuat baik. Mungkin salah satunya idola kamu.

8 Agustus 2021

Suka Berdonasi, 7 Artis Korea Ini Dikenal Berhati Dermawan
Instagram/bts.bighitofficial

Sebenarnya, setiap orang memiliki caranya sendiri untuk berbuat baik.

Termasuk para seleb yang berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala, salah satunya dengan melakukan aksi sosial.

Meski kehidupan para selebriti Korea sering kali dikaitkan dengan gaya hidup mewah, namun mereka sering kali menginspirasi banyak orang.

Untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan 7 artis Korea berhati dermawan, langsung saja baca ulasan dari Popmama.com:

1. IU menjadi salah satu pahlawan Filantropi Forbes Asia

1. IU menjadi salah satu pahlawan Filantropi Forbes Asia
Instagram/dlwlrma

Apakah kamu salah satu fans dari IU?

Tepat sekali, pada Desember 2019 IU dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Filantropi Forbes Asia. Ini karena IU berkomitmen untuk aksi amalnya.

Penyanyi berwajah manis tersebut telah menyumbangkan lebih dari 1,5 miliar KRW (lebih dari $1,25 juta USD). Lebih khususnya diberikan kepada puluhan tujuan penting di Korea dan internasional. 

Bahkan dalam waktu kurang dari satu minggu, Perempuan yang bernama asli Lee Ji Eun menyumbangkan total 260 juta KRW ($220.000 USD) untuk 4 organisasi Korea. 

Uang itu pun dialokasikan berupa bentuk masker yang ditujukan kepada keluarga berpenghasilan rendah. Termasuk pasokan medis ke rumah sakit yang bekerja untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19.

2. Lee Hyo Ri menganggap berdonasi adalah sebuah kewajiban

2. Lee Hyo Ri menganggap berdonasi adalah sebuah kewajiban
Pinterest/Abdumannon Okbutaev

Selain IU, ternyata Lee Hyo Ri juga sebagai pemenang dalam kategori artis Korea berhati dermawan.

Diketahui, Lee Hyo Ri pernah menyumbang untuk anak-anak di sekolah-sekolah Korea Utara. Ini karena perempuan kelahiran 10 Mei 1979 sangat memikirkan mereka.

Tak hanya kerap berdonasi dan melakukan kegiatan sosial, rupanya Hyo Ri juga tergabung dalam Korea Association in Community Care for the Elderly.

Hebatnya lagi, penyanyi bersuara indah ini tidak pernah sombong dan menganggap apa yang telah ia lakukan adalah sebuah kewajiban.

Editors' Picks

3. BTS membantu mengakhiri penelantaran anak-anak

3. BTS membantu mengakhiri penelantaran anak-anak
Instagram/bts.bighitofficial

Selain sebagai duta untuk dua upaya ramah lingkungan di dunia kendaraan, BTS juga populer karena memiliki hati yang dermawan.

Pada 5 Maret 2021, grup nominasi Grammy BTS bersama label Big Hit Entertainment (Big Hit) telah memperbarui komitmennya kepada UNICEF. Mereka melakuannya untuk membantu mengakhiri kekerasan dan penelantaran maupun kesejahteraan anak-anak.

Bahkan J-Hope dan Jin kerap melakukan donasi pribadi dalam bentuk beasiswa.

J-Hope menyumbang untuk pelajar di daerah Jeongnam, tepatnya di sekolahnya dulu. J-Hope menyumbang sekitar 100 juta won atau sekitar Rp1,5 miliar.

Tidak hanya J-Hope, Jin juga kerap pernah berdonasi sekitar 100 juta Won atau sekitar Rp1,5 miliar lewat UNICEF.

4. Song Hye Kyo rajin berdonasi ke yayasan sosial

4. Song Hye Kyo rajin berdonasi ke yayasan sosial
Instagram/kyo1122

Siapa yang tak tahan dengan kecantikan Song Hye Kyo, kamu salah satunya?

Perempuan kelahiran 22 November 1981 ini, ia bergabung dengan seorang profesor bernama Seo Kyung Duk untuk menyumbangkan 10.000 buku panduan ke Asosiasi Nasional Korea di LA.

Tak sampai di bagian dari rangkaian Meet Our Country’s History Abroad. Sebelumnya Song Hye Kyo berpartisipasi memberikan buku panduan serupa ke kota-kota Shanghai, Tokyo, Paris dan banyak lagi.

Song Hye Kyo juga berkontribusi dan menghormati orang-orang Korea yang meninggal. Dengan tulus Song Hye Kyo melakukannya untuk membebaskan negara mereka dan mencari kemerdekaan dari Jepang.

Lebih mengejutkan lagi, Song Hye Kyo ikut berdonasi dalam mencetak brosur dan katalog pariwisata Korea. Termasuk berdonasi ke salah satu yayasan sosial di Korea Selatan.

5. Song Joong Ki memberi donasi kepada staf medis

5. Song Joong Ki memberi donasi kepada staf medis
Instagram/hi_songjoongki

Selain terkenal sebagai seorang artis, ternyata Song Joong Ki juga banyak disukai karena aksi sosialnya.

Kebiasaan baiknya ini kerap ia lakukan untuk korban bencana alam di Korea Selatan. Bahkan Song Joong ki juga memberi donasi kepada staf medis yang bekerja keras memerangi Covid-19.

Menurut Hope Bridge Korea Disaster Relief Association, Song Joong Ki memberikan sumbangan sebesar 100 juta won atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Perbuayan baik dari laki-laki kelahiran 19 September 1985 itu, ditujukan untuk menyediakan perlengkapan penghangat tubuh bagi staf medis di garda terdepan pusat pemeriksaan Covid-19 di Korea.

6. Bae Suzy suka berdonasi tanpa disorot kamera

6. Bae Suzy suka berdonasi tanpa disorot kamera
Instagram/skuukzky

Bae Suzy yang berprofesi sebagai aktris Korea bertalenta, rupanya ia rajin berdonasi. Bahkan ia lakukan tanpa disorot kamera.

Perempuan kelahiran 10 Oktober 1994 ini pernah mendonasikan 15 juta won Korea untuk keluarga kurang mampu.

Suzy mengaku bahwa memulai donasi karena orangtuanya yang memiliki ketertarikan tinggi kepada siapapun. Terutama bagi yang hidup kesulitan di sekitar mereka.

Lalu aksi amal Suzy mulai gencar terlihat saat dirinya menyumbang sekira 50 juta Won untuk tragedi tenggelamnya Sewol Ferry pada 2014.

Tak sampai disitu, di tahun 2015 Bae Suzy pernah memberikan bantuan amal sebanyak 100 juta Won untuk komunitas catur di Korea.

7. Yoona SNSD menjadi ambasador untuk kampanye gerakan amal

7. Yoona SNSD menjadi ambasador kampanye gerakan amal
Instagram/yoona_lim

Penggemar dunia hiburan Korea, tentu tahu dengan Yoona SNSD.

Idol K-Pop ini tak segan memberikan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Bahkan membagikan uang hasil jerih payahnya dalam jumlah yang besar.

Pada tahun 2014, Yoona menunjukan kepeduliannya pada para penderita Retinitis Pigmentosa. Ia pun pun menyumbangkan uang sekitar 10 juta Won atau setara dengan Rp113 juta.

Bahkan sang pelantun When The Wind Blows tersebut termasuk anggota kehormatan di komunitas UNICEF dan pernah didapuk menjadi ambasador untuk kampanye gerakan amal "Power Go" di tahun 2016.

Gerakan amal yang digagas oleh aktor China Chen Kun sejak 2012 dilakukan setiap tahunnya. Uang hasil donasinya digunakan untuk kesejahteraan dan pendidikan anak-anak. 

Ya, itulah 7 artis Korea yang dermawan. Sudah berbakat, berhati baik pula dermawan. Tentu siapa yang tidak terpesona?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.