Atur Jadwal, Ini 5 Sinyal Tubuh Ini Menandakan Kamu Sedang Kelelahan

Segeralah istrirahat setelah beraktivitas seharian

15 Juni 2019

Atur Jadwal, Ini 5 Sinyal Tubuh Ini Menandakan Kamu Sedang Kelelahan
Freepik/asier_relampagoestudio

Tahukah kamu? Bahwa tubuh manusia itu memiliki sistem yang berjalan secara otomatis melalui alam bawah sadar.

Mungkin kamu punya sederet aktivitas, tapi semua kegiatan tentunya memberikan banyak tekanan hingga sering kali merasa kelelahan. Sementara kelelahan terjadi karena seseorang kelebihan beban yang ditanggung oleh tubuh maupun pikirannya.

Namun, tidak banyak orang yang sadar saat tubuhnya sudah sampai pada fase kelelahan. Inilah 5 tanda tubuh kamu sedang dalam kondisi kelelahan. Berikut ulasannya dari Popmama.com:

1. Bibir kering

1. Bibir kering
Freepik/Nnudoo

Kelelahan terjadi karena tubuhmu yang dipaksa bekerja secara terus-menerus.

Sayangnya tidak banyak orang yang sadar saat tubuhnya sudah sampai pada fase kelelahan. Akhirnya ia mengalami kondisi fisik yang tak lagi prima. Bibir kering dan pecah-pecah adalah salah satu sinyal bahwa kamu sedang kelelahan adrenal.

Sebab saat lelah kamu akan merasa semakin dehidrasi dan membuat bibir menjadi kering. Namun jika kamu banyak minum tapi kondisi bibir masih kering, sebaiknya berhenti sejenak pada pekerjaan yang membuatmu semakin lelah.

2. Gangguan emosional

2. Gangguan emosional
Freepik/benzoix

Saat ini kamu sering emosi?

Terkadang emosi menjadi tidak menentu dan terkesan sangat sensitif dalam segala hal. Sebab tubuh yang kelelahan juga dapat memengaruhi hal tersebut, sehingga menghambat pikiranmu.

Pasalnya seseorang yang kelelahan, mereka jadi tidak akan mampu berkomunikasi dan berinteraksi secara lancar dengan orang lain. Jadi emosinya sering mudah terpancing. Kalau sudah seperti itu bisa jadi sebuah alarm bagi kamu untuk segera beristirahat.

Editors' Picks

3. Gemetaran

3. Gemetaran
Freepik/Katemangostar

Mungkin kamu pernah mengalami yang namanya tangan gemetaran? Nah, istilah medis ini disebut penyakit tremor.

Penyebab dari tremor itu sendiri karena seseorang terlalu banyak bekerja sehinga kelelahan pada otot-ototnya.

Gemetaran pada tangan maupun tungkai tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-harimu bukan? Oleh karenanya segera istirahat dan jauhkan diri kamu dari kegiatan apapun untuk sementara waktu.

4. Kurang konsentrasi

4. Kurang konsentrasi
Freepik/asier_relampagoestudio

Merasa letih setelah beraktivitas panjang tentunya itu hal yang wajar. Oleh karenanya segeralah beristirahat.

Jika tidak, saat kelelahan maka sinyal yang akan muncul akan berdampak pada pikiran dan membuat kinerjamu menjadi turun. Apabila kinerjamu menurun itu artinya daya fokus pada sesuatu hal sedang tidak optimal.

Bisa saja kamu jadi sulit untuk berkonsentrasi atau tidak nyambung saat diajak berkomunikasi dengan orang.

5. Sering sakit

5. Sering sakit
Freepik/Rawpixel.com

Ketika tubuh bekerja melampaui batas, kamu pun jadi lebih mudah mengalami batuk, flu, nyeri sendi hingga sakit kepala. Hal itu menandakan bahwa alarm tubuh kamu mulai menandakan kamu sudah diambang batas dan kelelahan dalam beraktivitas.

Kelelahan kronis pada tubuh bisa menyebabkan imunitas mengalami penurunan dan dapat mengundang banyak penyakit.

Akibatnya seseorang jadi lebih mudah sakit. Kalau sudah begini sebaiknya manjakanlah diri kamu dengan pijatan lembut yang membuat diri kamu lebih rileks.

Itulah 5 tanda tubuh kamu sedang kelelahan.

Bagaimana pun juga mesin butuh perawatan rutin dan istirahat, begitu juga tubuh manusia. Istirahatlah yang cukup dengan tidur selama delapan jam setiap malamnya dan mengonsumsi makanan bergizi.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!