Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Memulai Hidup Sehat di Tahun Baru 2023

Mulailah luangkan waktu untuk memasak makanan sendiri

9 Desember 2022

7 Tips Memulai Hidup Sehat Tahun Baru 2023
Freepik/prostooleh

Tahukah kamu, sebenarnya tubuh manusia seperti mesin yang membutuhkan keseimbangan. Terutama protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Ini agar tetap berfungsi dengan baik. Apabila memiliki kesempatan, cobalah menikmati banyak waktu untuk menjalankan hidup yang terasa lebih bermakna dan bahagia.

Jika kamu ingin memiliki harapan hidup yang tinggi di tahun berikutnya, mulailah menyusun rencana kegiatan dari hal-hal sederhana dan bertahap. Nah, berikut Popmama.com berikan 7 tips gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan di tahun baru 2023. Yuk, lihat daftarnya!

1. Mulai memilih makanan utuh

1. Mulai memilih makanan utuh
Freepik/8photo

Apabila kamu ingin memiliki perubahan gaya hidup sehat di tahun 2023, sebaiknya hindari memiliki pola makan yang kurang baik untuk kesehatan. Caranya, yakni mulai memilih pilihan makanan utuh dalam jangka panjang. Dengan begitu, kamu mengadaptasi pola makan sehat yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis.

Selain itu, kamu bisa mengurangi konsumsi daging merah dan makanan olahan. Lalu menggantinya dengan memperbanyak buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Apalagi makanan yang mengandung gandum utuh, ini adalah sumber dari serat pangan yang diperlukan untuk kesehatan dan saluran pencernaan.

Dilansir dari Verywellfit, makanan utuh umumnya adalah makanan yang tidak menambahkan gula, pati, perasa atau bahan buatan lainnya. Bahwa makanan utuh tidak dimanipulasi menjadi adiktif seperti banyak makanan yang mengandung tambahan gula. Sebagian besar makanan utuh akan menghasilkan diet bergizi yang secara alami lebih tinggi serat, vitamin dan mineral.

2. Memasak makanan sendiri untuk orang tercinta

2. Memasak makanan sendiri orang tercinta
Freepik/pvproductions

Ingatlah, makanan yang kamu konsumsi sangat memengaruhi kesehatan. Masakan yang sehat harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Nah, salah satunya diolah dengan bahan dan dimasak dengan cara yang sehat. Jadi untuk memiliki pola hidup sehat di tahun 2023, kamu sudah harus terbiasa mengonsumsi masakan rumah daripada masakan restoran.

Bahwa sering kali makanan restoran banyak mengandung mentega dan garam. Sedangkan makanan kemasan biasanya sarat dengan sodium dan zat aditif. Artinya, hidangan yang dibuat di rumah cenderung lebih bergizi. Itu karena saat memasak sendiri, kamu dapat mengontrol bahan apa yang digunakan dan jumlahnya.

Dirilis dari Lifeconnect24, memasak makanan buatan sendiri untuk orang yang dicintai dapat memberi kamu perasaan pencapaian yang luar biasa. Memasak juga memberi kamu dan orang yang dicintai banyak manfaat. Ada banyak panduan dan resep di luar sana untuk membantu kamu menyempurnakan makanan.

Editors' Picks

3. Kurangi makanan dan minuman manis

3. Kurangi makanan minuman manis
Freepik

Sebagian besar asupan harian kamu berasal dari makanan dan minuman manis?

Bahwa makanan dan minuman manis, bisa membuat tubuh tidak mengenali kalori dari minuman dengan cara yang sama seperti dari makanan. Kalori dari minuman diserap dengan cepat, ini menghasilkan peningkatan kadar gula darah yang cepat.

Efek dari asupan gula tambahan berupa tekanan darah tinggi, peradangan, penambahan berat badan dan diabetes. Semuanya terkait pada peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Mengurangi makanan dan minuman manis, langkah tersebut bisa menjadi resolusi di tahun 2023.

Diinformasikan dari Healthline, makan lebih sedikit gula tidak semudah hanya menghindari makanan manis. Kamu dapat memeriksa daftar bahan untuk gula. Semakin tinggi daftar bahan gula yang muncul, semakin banyak gula yang dikandung item tersebut.

4. Menjaga diri dari stres

4. Menjaga diri dari stres
Freepik/garetsvisual

Perlu diketahui, bahwa stres yang dibiarkan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sewaktu kamu mengalaminya, maka harus bisa melawannya. Hindarilah membiarkan stres mengendalikan hidup kamu. Jadi ketika sedang mulai merasa stres, jangan sampai memengaruhi metabolisme tubuh yang akhirnya memicu dampak lain dari kondisi kesehatan.

Dikutip dari Webmd, saat stres otot menjadi tegang. Kamu dapat membantu melonggarkannya sendiri dan menyegarkan tubuh dengan peregangan, menikmati pijatan dan mandi air panas.

Mulailah lakukan sesuatu untuk mengatasi stres. Salah satunya, yakni beristirahat dari melihat atau mendengar tentang peristiwa traumatis terus-menerus. Pertimbangkan untuk menjaga diri dengan memakan makanan sehat, olahraga dan tidur yang cukup. Cobalah berbicara tatap muka dengan orang lain. Ini guna melepaskan hormon yang mengurangi stres.

5. Melakukan aktivitas fisik setelah duduk lama

5. Melakukan aktivitas fisik setelah duduk lama
Freepik/our-team

Apabila kamu setiap harinya sering duduk dalam waktu lama, ini bisa memiliki sejumlah masalah kesehatan seperti obesitas dan peningkatan tekanan darah tinggi. Sedangkan untuk menghindarinya, mulailah aktif bergerak dan berusaha membakar kalori yang mengendap di tubuh. Langkah tersebut dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

Selain itu, menambahkan gerakan ke dalam hari kerja adalah cara yang sangat bermanfaat untuk melawan penyakit. Sangat penting mencoba dan meminimalkan seberapa sering kamu duduk. Bahkan olahraga atau melakukan aktivitas fisik setelah duduk lama, kamu akan jadi merasa lebih bugar. Jadi usahakan memiliki porsi aktivitas fisik atau olahraga yang cukup. Setidaknya 30 menit per hari, ya.

Noam Tamir, CSCS, pendiri TS Fitness di New York City mengatakan kepada Self bahwa sebagai permulaan berdiri setidaknya 30 hingga 40 menit sehari. Berdiri juga merupakan pilihan yang baik, karena akan membantu kamu menjadi lebih sadar akan postur tubuh dan melatih otot inti.

6. Usahakan tidur malam yang nyenyak di malam hari

6. Usahakan tidur malam nyenyak malam hari
Freepik/senivpetro

Sebagian orang sering kali dirinya tidak bisa tidur di malam hari. Dimana insomnia adalah gangguan tidur yang dapat membuat seseorang sulit untuk tetap tertidur atau menyebabkan bangun terlalu pagi. Maka ia mungkin masih merasa lelah saat bangun tidur. Ya, insomnia dapat melemahkan tingkat energi dan kualitas hidup.

Apabila kamu mengalami gejala insomnia, kini di 2023 sudah waktunya memiliki pola hidup sehat. Usahakan untuk bisa tidur malam yang nyenyak. Dengan demikian, kamu akan merasa segar dan siap memulai hari. Nah, caranya mulai meniptakan lingkungan kamar tidur yang bersih dan rapi. Kamar tidur yang sejuk dan tenang akan membantu kamu tertidur. 

Selain itu, batasi penggunaan teknologi di malam hari. Sebab layar biru memiliki efek lebih aktif dan terjaga.  Bahkan pemeriksaan cepat saja berpotensi melibatkan otak dan menunda tidur. Jadi matikan ponsel atau notifikasi satu jam sebelum tidur. Hindari juga menyalakan lampu di atas kepala dan gunakan lampu malam jika perlu.

7. Melakukan perawatan kesehatan secara rutin

7. Melakukan perawatan kesehatan secara rutin
Freepik/senivpetro

Di tahun 2023, usahakan untuk menerapkan pola hidup sehat. Ini baik secara fisik dan mental. Nah, kuncinya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Manfaatnya sendiri dapat membantu menemukan masalah kesehatan sedini mungkin. Bahkan memperpanjang hidup.

Bicaralah dengan tim medis secara mendalam dan teliti masalah kesehatan kamu. Bahwa langkah tersebut guna memastikan kamu sepenuhnya memahami kondisi medis. Pastikan juga menjadwalkan tes skrining penting. Tes yang sesuai usia bisa memberi gambaran yang baik tentang kesehatan kamu.

Di sisi lain, perawatan kesehatan preventif menjadi salah satu cara terbaik mencegah penyakit seperti kanker dan diabetes. Plus, terhindar dari masalah kesehatan lain dan mendeteksi masalah terkait kesehatan sebelumnya. Dengan demikian, mungkin menghasilkan peluang pemulihan yang lebih baik.

Itulah ketujuh tips menerapkan pola hidup sehat di tahun 2023. Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat melalui berbagai cara!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk