5 Tips Aman Saat Solo Traveling Tanpa Pasangan

Hayo cek, apakah identitasmu sudah terbawa?

15 April 2019

5 Tips Aman Saat Solo Traveling Tanpa Pasangan
Freepik/user2004722

Traveling adalah salah satu hal yang menyenangkan dalam menikmati hidup, dapat melepas kepenatan dan menikmati indahnya alam.

Tapi apakah kamu pernah melakukan traveling solo? Bagi kamu yang sudah terbiasa traveling solo mungkin sudah tahu hal-hal yang harus dipatuhi.

Tapi khusus untuk kamu yang pemula, berikut ini beberapa aturan yang bisa kamu terapkan sebelum berangkat. Agar perjalananmu aman dan menyenangkan, langsung cek 5 ulasan dari Popmama.com, yuk!

1. Beritahu keluarga

1. Beritahu keluarga
Freepik/Serdjophoto

Aturan pertama yang harus kamu patuhi sebelum memutuskan solo traveling yaitu pamit ke keluarga, tujuannya agar mereka tahu kamu pergi ke mana.

Jika perlu beri foto tiket maupun info setiap rencana perjalanan. Dengan memberitahu orang terdekat adalah untuk memudahkan mereka melacak keberadaan kamu apabila terjadi sesuatu.

Hal ini sangat berlaku saat kamu berada di daerah tanpa sinyal atau Wi-Fi untuk beberapa waktu, sehingga suami atau keluarga mengetahui kabarmu.

2. Jangan lupa bawa identitas diri

2. Jangan lupa bawa identitas diri
Freepik

Semua orang menginginkan masa liburan yang menyenangkan, termasuk kamu yang akan melakukan solo traveling tanpa suami.

Tentunya pergi berlibur sendiri tak membuat alasan segi keamanan menghalangi rencanamu untuk melihat alam.

Traveling sendiri untuk perempuan bukanlah hal sulit kok. Namun saat kamu pergi ke mana saja, di mana wajib hukumnya membawa kartu identitas seperti KTP, SIM, passport dan lain sebagainya.

Untuk menutup kemungkinan mengalami hal-hal tak terduga, maka pastikan kamu juga sudah membuat copy-an kartu identitas.

Selain itu perhatikan satu hal lagi, yaitu pentingnya akan privasi atas informasi pribadi di kala liburan.

Ketika check in di penginapan, pastikan tidak ada orang asing yang bisa mencari tahu informasi pribadimu seperti nama, nomor kamar, atau sejenisnya.

Editors' Picks

3. Simpan barang berharga dan uang di tempat aman

3. Simpan barang berharga uang tempat aman
Freepik/Momemoment

Tentunya solo traveling ada beberapa risiko saat seseorang melakukan perjalanan sendiri tanpa teman atau suami.

Nah, kamu pun harus berhati-hati dan memiliki perilaku bertanggung jawab atas perjalanan seorang diri agar semuanya berjalan lancar dan menyenangkan.

Kamu pun harus menaruh uang di berbagai tempat berbeda di tas dan pakaian untuk berjaga-jaga jika kecopetan atau kehilangan di tengah jalan.

Selain itu pelancong solo juga wajib membawa tas cadangan untuk menyimpan kamera atau barang berharga lainnya.

Pastikan juga lemari atau laci kamar tempat kamu menginap ada kunci yang bisa digunakan untuk mengamankan barang-barang.

4. Tidak terlalu asyik bermain handphone

4. Tidak terlalu asyik bermain handphone
Freepik

Mendengarkan musik lewat headhphone saat perjalanan memang sangat menyenangkan. Tapi jika terlalu asyik mendengarkan lagu atau bermain ponsel tentunya akan membuat hanyut dalam duniamu sendiri.

Ternyata hal tersebut juga malah menjadi sasaran empuk bagi para pencopet, lho. 

Bersikap seperti itu bisa menjadikan kamu lengah dan tak tahu bahwa kamu kehilangan benda-benda berharga.

Jadi sangat penting untuk tetap waspada dan menahan diri dari memakai handphone secara berlebihan di tengah keramaian.

Sementara handphone adalah benda utama yang akan membantu kamu saat traveling, seperti browsing informasi, download peta, mencari hotel atau restoran dan lain sebagainya.

Oleh karenanya bijaklah dalam menggunakan ponsel agar baterainya bertahan lama dan tidak mengalami lowbat saat kamu butuhkan

5. Waspada terhadap sekitar

5. Waspada terhadap sekitar
Freepik/Senivpetro

Melakukan perjalanan sendirian tentunya akan menemui resiko walau sekecil apapun.

Sebelum memutuskan untuk solo traveling, sebaiknya mencari segala informasi secara lengkap terkait hal-hal yang kamu butuhkan di tempat tujuan. Jangan malas untuk mencatat nomor telepon tempat kamu menginap hingga pihak keamanan yang ada di lokasi liburanmu kelak.

Langkah selanjutnya tetap waspada terhadap apa saja yang terjadi di sekitarmu. Jangan ceroboh menaruh barang dan tidak menarik perhatian orang dengan memakai barang-barang mewah.

Selain itu selalu memercayai insting, jika menghadapi situasi yang terlihat mencurigakan maka langsung tinggalkan tempat tersebut.

Apabila kamu bisa memenuhi aturan 5 dasar tadi, dijamin kamu akan aman dan selamat sampai pulang ke rumah. Happy traveling.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;