5 Karakter Orang dengan Kepribadian ISTJ

Apakah kamu termasuk orang yang pemikir logis?

28 November 2021

5 Karakter Orang Kepribadian ISTJ
Pexels/Ryanniel Masucol

Sebelumnya Popmama.com telah membahas mengenai 5 Ciri Kepribadian ESFJ, si Murah Hati & Punya Banyak Mimpi dan Kenali Yuk! 5 Ciri-ciri Orang Berkepribadian ISTP.

Lalu jenis kepribadian seseorang berikutnya ada ISTJ yang berupa Introvert, Observant, Thinking dan Judging. Biasanya orang-orang ini cenderung lebih suka menyusun tindakan mereka dengan hati-hati.

Bahkan selain menikmati ketertiban dan organisasi di semua bidang, berikut 5 karakter kepribadian ISTJ yang perlu kamu ketahui:

1. Tipe orang yang bertanggung jawab dan realistis

1. Tipe orang bertanggung jawab realistis
Pexels/Andrea Piacquadio

Ternyata kepribadian ISTJ termasuk tipe orang yang bertanggung jawab dan realistis. Mereka pun sering mengambil pendekatan terbaik untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan pekerjaannya.

Dikutip dari Truity, ISTJ adalah orang yang bertanggung jawab. Mereka juga menegakkan ketertiban dalam sistem dan institusi. Bahkan cukup rapi, teratur dan cenderung memiliki prosedur untuk semua yang mereka lakukan. 

Jadi tak heran jika si ISTJ dapat diandalkan dan penanggung jawab yang baik. Ini karena mereka suka menjunjung tinggi tradisi maupun mengikuti peraturan.

Editors' Picks

2. Berpikir logis pada banyak aspek kehidupan

2. Berpikir logis banyak aspek kehidupan
Pexels/Andrea Piacquadio

Kepribadian ISTJ dalah seseorang dengan karakter yang lebih cenderung berpikir secara logis dan fleksibel. Mereka senang mengambil penalaran melalui keputusan penting, menghasilkan ide-ide kreatif dan menetapkan tujuan pada banyak aspek kehidupan. 

Bahkan si ISTJ juga sering disebut sebagai "The Logician," "The Thinker" atau "The Architect." Ini karena mereka termasuk orang-orang yang brilian dan filosofis. 

Selain itu, tindakannya suka menganalisis situasi dan menghasilkan solusi yang masuk akal. Sesekali menggunakan keterampilan penalarannya untuk mempelajari masalah secara objektif.

3. Suka merencanakan sesuatu dengan hati-hati

3. Suka merencanakan sesuatu hati-hati
Pexels/Monstera

Jika dilihat secara detail, bahwa orang ISTJ adalah perencana yang baik. Itu karena mereka suka merencanakan semua hal dengan hati-hati sebelumnya. 

Di sisi lain, si ISTJ tahu persis apa yang dilakukan atau dikatakannya. Sebab mereka sering menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan strategi yang terperinci.

Dengan pola pikir yang baik, maka ISTJ dapat lebih mudah untuk termotivasi dan terbuka dalam memaksimalkan peluang. Jadi mereka pun selalu punya semangat untuk meraih kesuksesan.

4. Menyukai hal-hal yang teroganisir dengan baik

4. Menyukai hal-hal teroganisir baik
Pexels/Greece-China News

Bahwa karakter orang dengan kepribadian ISTJ sangat menikmati kehidupan yang teratur. Bahwa mereka menyukai hal-hal yang terorganisir dengan baik dan memperhatikan detail. 

Ketika segala sesuatunya kacau, maka orang ISTJ mungkin mendapati diri mereka tidak dapat beristirahat sampai melakukan pekerjaan telah selesai.

Bahkan orang ISTJ juga sangat menekankan pada tradisi, hukum dan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Biasanya mereka pantang menyerah dalam keinginannya untuk mempertahankan struktur.

5. Lebih produktif dan pandai memanfaatkan waktu

5. Lebih produktif pandai memanfaatkan waktu
Pexels/cottonbro

Banyak dari orang ISTJ yang menjadi orang lebih produktif dan pandai memanfaatkan waktu untuk mengerjakan berbagai aktivitas positif.

ISTJ juga cenderung tipikal orang yang tahu persis di mana mereka berada dalam kehidupan dan ingin memahami bagaimana berpartisipasi di suatu organisasi.

Di kehidupannya, orang ISTJ selalu menyibukkan diri dengan memelihara tatanan sosial dan memastikan bahwa standarnya terpenuhi. Mereka pun tidak suka menunda pekerjaannya.

Nah, itulah 5 karakter orang yang berkepribadian ISTJ. Hmm, apakah kamu salah satunya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.