7 Tips Menjaga Imun setelah Vaksin dari Ahlinya

Walau sudah melaksanakan vaksin, menjaga sistem imun pada tubuh tetap harus dilakukan ya, Ma!

21 Oktober 2021

7 Tips Menjaga Imun setelah Vaksin dari Ahlinya
Pexels/Pixabay

Melakukan vaksinasi tentunya menjadi hal utama yang harus dilakukan, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini tentu berguna sebagai antibodi untuk tubuh terhadap virus Covid-19.

Namun, walaupun Mama sudah melakukan vaksinasi bukan berarti Mama tidak harus melakukan prokes dan menjaga imunitas ya, Ma! Tentunya hal ini tetap harus dilakukan untuk menjaga sistem imun tubuh.

Tidak hanya melakukan olahraga, namun mengatur pola makan yang sehat serta mengonsumsi suplemen yang tepat merupakan salah satu cara untuk dapat menjaga sistem imun dalam tubuh.

Sebenarnya, menjaga imunitas tidak harus dilakukan pada saat berada di situasi pandemi seperti ini saja. Namun harus dilakukan setiap harinya. 

Dengan menjaga imunitas tentu akan menjaga stamina agar dapat terus terjaga, sehingga tubuh pun tidak akan terserang penyakit dengan mudah.

Lantas, bagaimana caranya agar dapat menjaga imun agar selalu terjaga?

Berikut Popmama.com sudah merangkum tips menjaga imunitas setelah melakukan vaksin menurut ahlinya.

1. Mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan berlemak

1. Mengonsumsi makanan sehat mengurangi makanan berlemak
Pexels/Trang Doan

Untuk menjaga kesehatan imun juga harus dinilai dari makanan yang akan dikonsumsi. Makanan yang berlemak tentunya tidak baik apabila dikonsumsi oleh tubuh dalam kurun waktu yang cukup sering.

Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh. Maka dari itu, disarankan agar dapat mengonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Makanan yang memiliki berbagai macam kandungan dari nutrisi dan juga vitamin tentu sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Makanan yang berasal dari jenis tanaman yang mempunyai sifat antivirus serta antimikroba tentunya dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi yang dapat terjadi nantinya.

2. Melakukan olahraga rutin

2. Melakukan olahraga rutin
Pexels/Li Sun

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, melakukan olahraga yang rutin juga dapat meningkatkan imunitas pada tubuh. Olahraga yang dapat Mama lakukan bermacam-macam.

Mulai dari olahraga yang ringan hingga olahraga yang sifatnya berat juga dapat Mama lakukan. 

Selain untuk meningkatkan imunitas, berolahraga juga dapat meningkatkan terjadinya pelepasan hormon endorfin yang dapat menurunkan rasa nyeri dan juga dapat meningkatkan perasaan senang dalam diri.

Editors' Picks

3. Konsumsi air putih yang banyak

3. Konsumsi air putih banyak
Pexels/Daria Shevtsova

Terdapat beberapa orang yang tidak suka meminum air putih. Padahal dengan mengonsumsi air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain mencegah terjadinya dehidrasi, air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh.

Mengonsumsi air putih sebaiknya dapat dilakukan dengan meminum 8 gelas setiap harinya atau setara dengan 2 liter air. 

Tidak hanya itu, ketika berada di suasana yang lelah seperti habis olahraga, sedang sakit, atau pun cuaca panas juga disarankan agar dapat mengonsumsi air putih lebih banyak daripada biasanya. 

Hal ini berguna untuk mengumpulkan kembali energi-energi yang sudah terkuras sebelumnya.

4. Mengontrol kesehatan tubuh dan hidup sehat

4. Mengontrol kesehatan tubuh hidup sehat
Dok.Popmama/Chania

Agar dapat meningkatkan imunitas tubuh juga harus dibarengi dengan selalu mengontrol kesehatan serta melakukan gaya hidup sehat.

Gaya hidup tentunya juga dapat mempengaruhi imunitas tubuh. Seperti mengonsumsi minuman beralkohol serta merokok adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada imun tubuh.

Maka sudah sebaiknya mengubah pola dan gaya hidup memiliki tubuh yang lebih sehat . Selain itu, genetik serta faktor lingkungan juga dapat berpengaruh dalam sistem imun, terlebih lagi saat berada di situasi pandemi seperti saat ini.

“Walaupun kondisi pandemi semakin membaik dan banyak masyarakat telah menerima vaksin, namun janganlah lengah dan tetaplah berupaya yang terbaik untuk menjaga kesehatan dengan terus mengoptimalkan daya tahan tubuh kita.” ujar Prof.Dr.dr.Iris Rengganis, SpPD, K-AI selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Alergi Imunologi pada Selasa (19/10/2021)

5. Istirahat yang cukup

5. Istirahat cukup
Pexels/Ketut Subiyanto

Tidak cukup hanya melakukan pola hidup yang sehat, istirahat yang cukup juga merupakan faktor yang dapat meningkatkan imunitas. 

Disaat tubuh merasa lelah dan stamina berkurang disinilah istirahat dapat dilakukan guna meningkatkan energi agar dapat menjalankan aktivitas kembali.

Tubuh akan kembali melakukan proses regenerasi di dalam sel maupun jaringan tubuh pada saat Mama beristirahat. Hal inilah yang akhirnya membuat tidur dan beristirahat merupakan hal yang sangat penting bagi imun tubuh.

Tidak hanya itu, pada saat tidur tubuh juga akan memproduksi sitokin, sel T, dan juga interleukin 12 yang baik untuk tubuh.

Dengan istirahat yang cukup tentu akan membantu tubuh menjadi lebih kuat dan tidak rentan terkena penyakit.

6. Konsultasi ke dokter

6. Konsultasi ke dokter
Pexels/MART PRODUCTION

Selain mengonsumsi dan mengatur pola hidup sehat, Mama juga dapat memeriksakan kesehatan Mama ke dokter beberapa kali. Dengan berkonsultasi ke dokter tentu membuat kita dapat mengetahui apa saja yang terjadi di dalam tubuh kita.

Dengan begitu Mama dapat mengaturnya hidup sehat sesuai dengan anjuran dari sang dokter. Selain itu, informasi yang didapatkan dari dokter tentunya lebih dapat dipercaya karena merupakan konsultasi dengan ahlinya secara langsung.

Mama juga dapat menanyakan langkah serta hal apa saja yang diperlukan dalam dapat menjaga sistem imun pada tubuh.

7. Tetap melakukan protokol kesehatan

7. Tetap melakukan protokol kesehatan
Pexels/Anna Shvets

Walaupun terdapat berbagai macam cara yang dapat Mama lakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun, Mama tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang sudah disesuaikan.

Melaksanakan vaksin saja belum berarti tubuh dapat terbebas dari serangan virus Covid-19. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu dapat menjalankan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun.

Nah, itulah berbagai macam tips yang untuk meningkatkan sistem imun setelah melaksanakan vaksin menurut ahlinya. Jangan lupa untuk dapat menerapkan dan mengajarkan pada keluarga dalam kehidupan sehari-hari ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.