Pentingnya Investasi Masa Depan bagi Generasi Millennial

Solusi investasi keuangan untuk keluarga millennial dan fokus masa depan keluarga

28 Oktober 2021

Penting Investasi Masa Depan bagi Generasi Millennial
Pexels.com/AnnaNekreshevich

Saat ini, banyak generasi milenial yang sudah mulai sadar dan paham akan pentingnya investasi yang dilakukan sejak dini. Investasi pada dasarnya sama saja dengan menabung atau menanam modal kepada suatu perusahaan yang bisa memberikan keuntungan di masa mendatang.

Selain itu, melakukan investasi sejak dini juga bisa membantu kamu untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan dengan tenang dan nyaman jika bisa menginvestasikan uang atau modal dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

Meski begitu, faktanya masih ada beberapa generasi milenial yang belum paham tentang pentingnya melakukan investasi sejak dini dan lebih memilih untuk menikmati hidup di usia mudanya dengan gaya hidup boros dan konsumtif. 

Padahal melakukan investasi merupakan suatu hal yang penting, terutama untuk generasi milenial yang sudah memiliki keluarga dan anak agar kehidupan masa depannya lebih terjamin.

Nah, untuk membantu Mama mengetahui pentingnya melakukan investasi untuk masa depan keluarga. Berikut Popmama.com rangkumkan informasinya di bawah ini.

1. Mengenal apa itu investasi dan jenis-jenisnya

1. Mengenal apa itu investasi jenis-jenisnya
Pexels.com/KarolinaGrabowska

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), investasi memiliki arti yakni penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Kesimpulannya, investasi ini sebenarnya sama saja dengan menabung. Hanya saja investasi ini dilakukan untuk mengembangkan uang atau aset lain agar bisa memberikan keuntungan di masa mendatang demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Selain itu, dalam investasi juga memiliki beragam jenis seperti saham, asuransi, deposito, obligasi, sukuk, tabungan, dan reksa dana. Selain itu, bentuk-bentuk dari investasi juga beragam. Misalnya, pembelian emas dan perhiasan, tanah, hingga menjalankan suatu bisnis tertentu.

Editors' Picks

2. Fakta mengenai nasabah millennial di Indonesia

2. Fakta mengenai nasabah millennial Indonesia
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Milenial sering digambarkan sebagai anak muda berumur 20-an yang hanya berfokus pada gaya hidup. Padahal faktanya dilansir dari webinar HSBC Advance, Rabu (27/10) lalu, disebutkan fakta nasabah milenial di Indonesia saat ini sebanyak 6.1 juta merupakan milenial dewasa (usia 26-40 tahun).

Selain itu mereka juga menyebutkan bahwa kelompok usia milenial ini kebanyakan sudah menikah dan memiliki anak, dengan pendapatan dan pengeluaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan milenial yang berusia lebih muda.

Oleh karena itu, penting sekali bagi generasi milenial dalam melakukan investasi sejak dini agar bisa mempersiapkan diri dan keluarga secara finansial untuk masa depan yang lebih baik dan nyaman.

3. Solusi keuangan yang dibuat untuk keluarga milenial yang kini memasuki usia matang

3. Solusi keuangan dibuat keluarga milenial kini memasuki usia matang
Dok. HSBC

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih tujuan dalam melakukan investasi bagi keluarga milenial? Apa menabung saja tidak cukup?

Yap, saat ini menabung saja dirasa tidak cukup untuk masa tua nanti terlebih jika Mama masih memiliki tanggungan pendidikan anak, dan lainnya. Oleh sebab itu, banyak sekali perusahaan yang menawarkan solusi keuangan dengan melakukan investasi di masa depan.

Melakukan investasi bagi keluarga secara dini tidak hanya membangun masa depan yang terjamin.

Namun, juga bisa membangun kebahagian hidup keluarga dengan tenang tanpa perlu cemas memikirkan biaya hidup di masa tua, biaya pendidikan, dan sebagainya.

4. Pentingnya literasi finansial yang harus diketahui bagi keluarga

4. Penting literasi finansial harus diketahui bagi keluarga
Pexels.com/EmmaBauso

Memiliki pengetahuan atau literasi keuangan dengan baik sangat penting untuk diketahui dan dipelajari bagi keluarga, terutama untuk perempuan yang sudah menjadi seorang istri pastinya akan dituntut untuk pandai dalam mengelola dan mengatur keuangan.

Karena pada umumnya Mama memiliki peran yang sangat besar dalam keluarga, sehingga pengelolaan keuangan harus benar-benar dilakukan secara efektif dan efesien agar pemasukan dan pengeluaran keuangan dapat terjaga.

Selain itu, pentingnya literasi keuangan juga merupakan suatu bentuk investasi yang bisa dilakukan dalam jangka panjang untuk membantu mengelola dan menjaga kondisi keuangan Mama agar tetap stabil dan terkontrol.

5. Anak juga perlu mengerti soal keuangan untuk membentuk perilaku dan kebiasaan dalam mengatur uang

5. Anak juga perlu mengerti soal keuangan membentuk perilaku kebiasaan dalam mengatur uang
Pexels.com/KarolinaGrabowska

Selain literasi keuangan penting untuk Mama dan Papa, dalam hal ini anak juga perlu diberikan pemahaman sejak usia dini terkait pengetahuan keuangan agar mengerti dan bisa membentuk perilaku dan kebiasaan dalam mengatur keuangan ketika memasuki usia dewasa.

Karena pada dasarnya, anak akan meniru semua yang dilakukan oleh orang di sekitarnya mulai dari orang tua, saudara, hingga teman sebaya. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Mama untuk menanamkan sejak dini terkait literasi keuangan dalam diri anak.

Pengetahuan keuangan ini dapat membentuk karakter dan kebiasaan anak dalam mengelola keuangan mereka di masa depan sebagai suatu budaya baik, seperti mengenal makna uang, kebiasaan menabung, hingga memahami apa saja kebutuhan yang harus didahulukan.

Itulah terkait pentingnya melakukan investasi untuk masa depan keluarga. Yuk, jangan ragu lagi untuk melakukan investasi untuk masa depan yang lebih terencana.

Meski demikian, perlu diingat Mama juga harus berhati-hati dalam melakukan investasi sesuai kebutuhan agar tidak membuat kerugian dan justru merusak keuangan Mama di masa depan. Semoga informasi ini membantu ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.