Posisi duduk yang Baik untuk Penderita Sakit Punggung Bagian Bawah

Posisi duduk yang salah dapat menimbulkan sakit pada punggung, lalu bagaimana posisi yang baik?

14 September 2021

Posisi duduk Baik Penderita Sakit Punggung Bagian Bawah
Pexels/Karolina

Posisi duduk atau berbaring dalam waktu yang cukup lama biasanya sering menyebabkan sakit pada punggung di bagian bawah. Selain itu, aktivitas yang berlebihan seperti olahraga dan mengangkat beban berat juga dapat menjadi pemicu timbulnya permasalahan ini.

Meskipun, sakit pada bagian punggung sangat umum dirasakan oleh banyak orang, tapi gejala yang dirasakan setiap penderita akan berbeda-beda.

Dalam beberapa kasus, penderitanya biasanya akan merasakan nyeri saat dalam posisi tertentu namun membaik saat ia merubah posisinya seperti berdiri atau berbaring.

Nah, untuk membantu Mama mencari tau posisi duduk apa saja yang baik untuk penderita sakit punggung seperti ini. Berikut Popmama.com rangkum penjelasannya dilansir dari Ergonomic Trends.

1. Perhatikan posisi punggung bagian belakang dan lutut saat kamu duduk

1. Perhatikan posisi punggung bagian belakang lutut saat kamu duduk
Freepik.com

Posisi yang benar saat duduk adalah posisi kursi yang tidak terlalu tegak dan tidak terlalu ke belakang. Kamu harus selalu memastikan sandaran kursi yang kamu duduki berdiri 100 derajat. Hal ini dapat menjaga postur tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan pada tulang belakang.

Selain itu, posisi lutut kamu juga penting lho. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki karena menghambat kelancaran aliran darah dan memicu otot tegang. Jika kamu sudah mulai merasa nyeri kembali, coba bangun dan berjalan-jalan sedikit untuk mengurangi nyerinya.

Editors' Picks

2. Hindari untuk langsung memutar punggung saat kamu duduk di kursi

2. Hindari langsung memutar punggung saat kamu duduk kursi
Freepik.com

Saat kamu duduk di kursi hindari langsung memutar badan ke belakang atau melakukan peregangan yang berlebihan, karena hal itu dapat menyebabkan cedera pada daerah punggungmu.

Solusinya adalah menggunakan seluruh badan kamu saat ingin berputar. Jangan hanya mengandalkan daerah punggungmu saja.

3. Untuk mengurangi kelelahan pada punggung, kamu bisa coba postur reclined sitting

3. mengurangi kelelahan punggung, kamu bisa coba postur reclined sitting
Pexels/tatiana-syrikova

Saat duduk sering kali banyak gerakan yang harus dilakukan seperti mengangkat telepon atau mengambil file di meja sebelah. Kamu bisa merubah posisi dudukmu dengan menggunakan postur reclined sitting atau posisi duduk dengan badan yang lebih miring ke belakang.

Cara ini memiliki aktivitas otot punggung lebih rendah sehingga bisa mengurangi kelelahan pada bagian punggung belakang. Selain itu, agar bahu tetap rileks sejajarkan kedua posisi lenganmu dan jangan buat terlalu jauh dari tubuh.

4. Pastikan gunakan lumbar support yang dapat membantu mempertahankan kelengkungan pada punggung belakang

4. Pastikan gunakan lumbar support dapat membantu mempertahankan kelengkungan punggung belakang
Pexels/Marta Wave

Lumbar support sangat penting untuk membantu punggung bagian bawah mempertahankan kelengkungan alaminya saat  kamu duduk. Fungsi lumbar support ini dapat mengurangi tekanan yang menumpuk pada tulang belakang.

5. Kompres bagian punggung yang nyeri dengan air dingin atau hangat

5. Kompres bagian punggung nyeri air dingin atau hangat
Pexels.com/Andrea

Solusi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengkompres bagian yang nyeri dengan air dingin atau hangat sesuai gejala yang kamu rasakan.

Kamu bisa mengompres dengan air dingin untuk membuat area tersebut menjadi mati rasa dan mencegah atau mengurangi pembengkakan yang ada. Sedangkan, kompres air hangat bisa merilekskan tubuh sehingga dapat meredakan nyeri, sesak, dan kejang pada otot punggung.

Nah, demikianlah posisi duduk yang bisa Mama lakukan saat mengalami sakit punggung bagian bawah. Tetap lakukan istirahat secara berkala seperti peregangan ringan atau jalan-jalan keliling ruangan untuk membuat aliran darah tetap lancar.

Semoga informasi ini membantu ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.