PPKM Diperpanjang Lagi, Beberapa Wilayah Turun Level 1

Untuk wilayah Jabodetabek belum ada penurunan level

19 Oktober 2021

PPKM Diperpanjang Lagi, Beberapa Wilayah Turun Level 1
Pexels.com/Alifia

Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-4 di Pulau Jawa dan Bali hingga 1 November 2021.

Disebutkan dalam perpanjangan level ini, terdapat 54 kabupaten atau kota yang masuk di level 2. Sementara itu, terdapat 9 kabupaten atau kota yang berhasil turun menjadi level 1.

Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah ini diperpanjang selama 14 hari, yakni mulai 19 Oktober hingga 1 November 2021. Meski diperpanjang, disebutkan akan ada kelonggaran pada sejumlah sektor selama masa PPKM.

Lebih lengkapnya, berikut Popmama.com rangkum informasinya di bawah ini.

1. PPKM kembali diperpanjang hingga 1 November 2021

1. PPKM kembali diperpanjang hingga 1 November 2021
Pexels.com

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM di Jawa-Bali selama 14 hari hingga 1 November 2021. Kebijakan ini mulai diberlakukan pada hari ini, yakni 19 Oktober hingga 1 November 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/10/2021).

Editors' Picks

2. Selama masa perpanjangan PPKM, terdapat 54 kabupaten/kota yang masuk di level 2

2. Selama masa perpanjangan PPKM, terdapat 54 kabupaten/kota masuk level 2
Pexels.com/Kate

Selama masa perpanjangan PPKM, terdapat 54 kabupaten atau kota yang masuk di level 2. Sementara itu,terdapat 9 kabupaten atau kota yang berhasil turun di level 1.

"Mulai besok akan ada 54 kabupaten/kota di level dua dan 9 kabupaten atau kota di level 1. Terkait detail mengenai keputusan ini akan dituangkan melalui Inmendagri," kata Luhut 

3. Untuk wilayah Jabodetabek, belum ada penurunan level

3. wilayah Jabodetabek, belum ada penurunan level
Freepik/lifeforstock

Sementara itu, untuk wilayah Jabodetabek, Luhut menyampaikan sampai saat ini belum ada penurunan level. Alasannya, karena cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target. Sehingga, masih berada di level 2. 

“Sebagai contoh, sebagian besar kabupaten atau kota di wilayah Jabodetabek yang seharusnya bisa turun ke level 2 tidak bisa turun level karena cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target,” jelas Luhut. 

4. Penyesuaian aturan terbaru PPKM 19 Oktober-1 November 2021

4. Penyesuaian aturan terbaru PPKM 19 Oktober-1 November 2021
Freepik/benzoix

Terdapat beberapa kelonggaran dalam penyesuaian kebijakan terbaru PPKM 19 Oktober-1 November 2021. Berikut sejumlah penyesuaian aturan yang akan diterapkan:

  1. Tempat permainan anak di mal atau pusat perbelanjaan boleh dibuka untuk kabupaten atau kota di level 2
  2. Kapasitas bioskop untuk daerah level 2 dan level 1 dapat dinaikkan menjadi 70 persen, dengan anak-anak diizinkan masuk bioskop
  3. Sopir logistik yang sudah divaksin dua kali, dapat menggunakan tes antigen yang dapat berlaku selama 14 hari untuk melakukan perjalanan domestik
  4. Anak-anak di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk tempat wisata di daerah PPKM Level 2 yang sudah menggunakan PeduliLindungi, dengan syarat harus didampingi orang tua
  5. Uji coba tempat wisata di kabupaten atau kota level 3 akan ditambah sesuai dengan izin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

5. Sementara, PPKM di luar Pulau Jawa-Bali diperpanjang hingga 8 November 2021

5. Sementara, PPKM luar Pulau Jawa-Bali diperpanjang hingga 8 November 2021
pexels/cottonbro

Untuk PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali diperpanjang hingga 8 November 2021. Meski, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim saat ini sudah tidak ada kabupaten atau kota yang masuk ke dalam level 4. 

"Perpanjangan PPKM disetujui di luar Jawa 19 Oktober hingga 8 November, selama tiga minggu dan evalausi tiap minggu," kata Airlangga. 

Itulah rangkuman informasi lengkapnya terkait perpanjangan PPKM di Pulau Jawa dan Bali yang berlaku mulai 19 Oktober hingga 1 November 2021 mendatang. Tetap hati-hati dan selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku di mana pun dan kapan pun ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.