20 Tanda Gaji Kamu Rendah dan Nggak Sesuai dengan Bobot Pekerjaan

Coba pertimbangkan lagi deh Ma!

27 November 2021

20 Tanda Gaji Kamu Rendah Nggak Sesuai Bobot Pekerjaan
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Bagi seorang pekerja atau karyawan, mungkin sering bertanya-tanya apakah kamu mendapatkan gaji dengan adil atau tidak untuk suatu bidang di perusahaan tempat kamu bekerja saat ini.

Yap, ini bukanlah masalah sepele. Jadi, jika kamu merasa mendapatkan gaji yang terlalu rendah dan tidak sesuai dengan bobot pekerjaan yang harus dikerjakan hingga melebihi batas, maka kamu harus mewaspadai tanda ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com rangkumkan 20 tanda gaji kamu tidak sesuai dengan beban kerja yang digeluti dilansir dari Indeed. Yuk, simak sampai habis Ma!

1. Gaji kamu kurang dari yang ditunjukkan oleh data gaji rata-rata online atau UMR

1. Gaji kamu kurang dari ditunjukkan oleh data gaji rata-rata online atau UMR
Pexels.com/Energepic.com

Untuk mengetahui apakah gaji kamu sudah sesuai apa belum, coba untuk melihat melalui data yang tercantum di media online untuk menemukan data gaji rata-rata untuk posisi yang kamu geluti.

Mungkin saja dari hasil pencarian ini, kamu bisa mengetahui apakah kamu dibayar rendah dari gaji rata-rata yang seharusnya kamu dapatkan.

2. Kalkulator gaji online akan menunjukkan bahwa kamu dibayar rendah

2. Kalkulator gaji online akan menunjukkan bahwa kamu dibayar rendah
Pexels.com/Lukas

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kalkulator gaji online untuk membantu dalam mengukur apakah kamu sudah dibayar dengan adil untuk posisi yang digeluti.

Kalkulator ini menyediakan metrik yang spesifik untuk posisi kamu di industri tersebut berdasarkan pengalaman dan tingkat pendidikan kamu selama bertahun-tahun.

3. Jumlah tanggung jawab kamu telah berubah, tetapi gaji justru tetap sama

3. Jumlah tanggung jawab kamu telah berubah, tetapi gaji justru tetap sama
Pexels.com/TimGouw

Penting bahwa kamu diberi kompensasi yang adil untuk pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu. Jika kamu mendapati bahwa jumlah tanggung jawab kamu di tempat kerja telah meningkat dari waktu ke waktu, tetapi gaji kamu tetap stagnan atau tidak mengalami kenaikan, mungkin kamu dibayar rendah.

4. Tunjangan kamu di kantor kurang dibandingkan dengan tunjangan rekan kerja kamu

4. Tunjangan kamu kantor kurang dibandingkan tunjangan rekan kerja kamu
Pexels.com/Fox

Setelah berbicara dengan rekan kerja, kamu mungkin mengetahui bahwa tunjangan dan fasilitas mereka berbeda dari kamu.

Pertimbangkan fasilitas seperti cuti berbayar, dan lainnya. Ada kemungkinan kamu dibayar rendah jika tunjangan kamu relatif lebih rendah daripada rekan kerja kamu, bahkan jika gaji rekan kerja ternyata memiliki gaji serupa.

5. Gaji kamu tetap sama, padahal kamu baru saja beralih posisi atau industri

5. Gaji kamu tetap sama, padahal kamu baru saja beralih posisi atau industri
Pexels.com/AlexanderMils

Saat beralih posisi atau industri, kamu mungkin akan mengalami kenaikan gaji lebih tinggi dari gaji awal posisi sebelumnya. Namun, saat kamu mendapati bahwa gaji kamu tetap sama dengan peran yang berbeda, itu berarti kamu mendapatkan bayaran yang tak sesuai.

6. Kamu belum menegosiasikan gaji yang lebih tinggi

6. Kamu belum menegosiasikan gaji lebih tinggi
Pexels.com/Tirachard

Kamu mungkin dibayar rendah jika kamu tidak pernah menegosiasikan gaji yang lebih tinggi. Apalagi, jika kamu telah tinggal di posisi yang sama dan perusahaan yang sama selama beberapa tahun.

Untuk itu, menegosiasikan gaji yang lebih tinggi dapat membantu memastikan kamu dibayar dengan adil untuk pekerjaan yang kamu laksanakan.

7. Posisi serupa di perusahaan kamu justru dibayar lebih tinggi

7. Posisi serupa perusahaan kamu justru dibayar lebih tinggi
Pexels.com/Mentatdgt

Lakukan brainstorming posisi apa pun di perusahaan kamu yang memiliki latar belakang profesional dan tanggung jawab kerja yang sama. Jika posisi tersebut membayar lebih dari posisi kamu sekarang, ada kemungkinan kamu dibayar rendah.

8. Rekan kerja di perusahaan kamu dengan pengalaman dan pendidikan yang sama mendapatkan gaji lebih tinggi

8. Rekan kerja perusahaan kamu pengalaman pendidikan sama mendapatkan gaji lebih tinggi
Pexels.com/Mikael

Kamu perlu memikirkan kesamaan antara rekan kerja atau kolega kamu saat ini. Jika, kamu memiliki pendidikan dan pengalaman profesional yang sebanding, tetapi gaji kamu kurang dari gaji mereka, itu mengartikan kamu mungkin dibayar rendah.

9. Kamu belum pernah melakukan tinjauan kinerja baru-baru ini

9. Kamu belum pernah melakukan tinjauan kinerja baru-baru ini
Pexels.com/Fauxels

Tinjauan kinerja memungkinkan perekrut atau HRD untuk mendiskusikan kualitas pekerjaan dan perkembangan kamu sebagai karyawan.

Jika kamu dibayar rendah, menjadwalkan dan berpartisipasi dalam tinjauan kinerja reguler dapat memberi kamu peluang yang bermanfaat untuk berbicara dengan atasan tentang gaji yang seharusnya kamu dapatkan.

Editors' Picks

10. Seorang perekrut atau HRD menunjukkan bahwa kamu dibayar rendah

10. Seorang perekrut atau HRD menunjukkan bahwa kamu dibayar rendah
Pexels.com/RebrandCities

Perekrut pekerjaan atau HRD dapat memberi kamu wawasan tentang gaji rata-rata untuk posisi di industri yang kamu geluti. Berbicara tentang gaji atau tren industri dengan perekrut pekerjaan secara langsung dapat membantu kamu menentukan apakah kamu dibayar rendah atau tidak.

11. Posisi di perusahaan kamu yang membutuhkan lebih sedikit pengalaman nyatanya dibayar lebih tinggi

11. Posisi perusahaan kamu membutuhkan lebih sedikit pengalaman nyata dibayar lebih tinggi
Pexels.com/YanKrukov

Carilah posisi baru di perusahaan kamu. Jika peran baru tersebut membutuhkan lebih sedikit pengalaman daripada yang kamu miliki saat ini, namun menawarkan gaji yang lebih tinggi berarti ada kemungkinan kamu dibayar rendah.

12. Kamu menemukan posisi serupa di daerah lain dibayar lebih tinggi

12. Kamu menemukan posisi serupa daerah lain dibayar lebih tinggi
Pexels.com/SHVETS

Meskipun gaji untuk posisi kamu mungkin berbeda dari kota ke kota, namun tak ada salahnya untuk mencari tahu bayaran untuk posisi serupa di daerah kamu dan daerah lainnya untuk membantu kamu menentukan apakah kamu sudah dibayar dengan tepat atau belum.

13. Gaji yang kamu terima tidak meningkat selama kamu bekerja

13. Gaji kamu terima tidak meningkat selama kamu bekerja
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Saat pertama kali mendapatkan pekerjaan di awal karir, mungkin saja kamu awalnya menerima gaji yang lebih rendah dari rata-rata.

Namun, kamu selalu bisa mendapatkan kenaikan gaji dari waktu ke waktu untuk menaikkannya ke tingkat yang lebih adil. Tetapi, jika kamu telah menjalankan peran tersebut selama beberapa tahun tetapi gaji tidak pernah meningkat, maka kamu mungkin dibayar rendah.

14. Gaji kamu tidak mencerminkan karier yang kamu geluti saat ini

14. Gaji kamu tidak mencerminkan karier kamu geluti saat ini
Pexels.com/YanKrukov

Ada beberapa industri dengan posisi yang membutuhkan keahlian bertahun-tahun atau keahlian khusus. Jika karier kamu sangat terspesialisasi, gaji kamu juga harus mencerminkan wawasan unik yang dapat membawa kamu mendapat pendapatan yang adil.

15. Gaji kamu juga tidak mencerminkan bahwa karier kamu banyak diminati

15. Gaji kamu juga tidak mencerminkan bahwa karier kamu banyak diminati
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Tergantung pada industri kamu, seperti bidang kesehatan atau teknologi, karier kamu mungkin sangat diminati. Jika ini masalahnya, penting agar gaji kamu juga mencerminkan kebutuhan yang meningkat ini.

16. Gaji kamu belum memperhitungkan inflasi

16. Gaji kamu belum memperhitungkan inflasi
Pexels.com/DavidMCbee

Ingatlah bahwa ketika nilai dolar berubah, gaji kamu juga harus disesuaikan dengan inflasi. Jika kamu melihat kenaikan gaji dari waktu ke waktu tetapi tidak signifikan, dapat membantu untuk menilai inflasi dan menentukan apakah gaji kamu harus lebih tinggi atau sudah sesuai dengan semestinya.

17. Karyawan yang lebih baru menerima kenaikan gaji, tetapi kamu tidak

17. Karyawan lebih baru menerima kenaikan gaji, tetapi kamu tidak
Pexels.com/Mentatdgt

Jika perusahaan kamu menawarkan kenaikan gaji kepada anggota tim baru yang dipekerjakan untuk mengisi posisi yang ada, mungkin kamu tidak dibayar secara adil untuk pekerjaan yang kamu sumbangkan untuk perusahaan tempat kamu bekerja.

18. Perusahaan kamu memiliki tingkat turnover (perputaran) yang tinggi

18. Perusahaan kamu memiliki tingkat turnover (perputaran) tinggi
Pexels.com/Fauxels

Pertimbangkan seberapa sering rekan kamu mengundurkan diri dan seberapa cepat perusahaan kamu merekrut kandidat baru untuk mengisi posisi tersebut. Tingkat turnover ini dapat menunjukkan bahwa rekan kerja sebelumnya merasa mereka tidak dibayar secara memadai untuk pekerjaan yang mereka geluti.

19. Perusahaan kamu menghasilkan lebih banyak uang, tetapi gaji kamu tetap sama

19. Perusahaan kamu menghasilkan lebih banyak uang, tetapi gaji kamu tetap sama
Pexels.com/Jopwell

Bekerja di perusahaan yang berhasil mendapatkan momentum dan menghasilkan lebih banyak uang bisa menjadi hal yang menyenangkan. Namun, ada kemungkinan kamu dibayar rendah jika gaji kamu tetap konstan meskipun perusahaan kamu terus tumbuh.

20. Kamu ditawari posisi dengan gaji lebih tinggi

20. Kamu ditawari posisi gaji lebih tinggi
Pexels.com/Fauxels

Kamu mungkin sudah aktif mencari posisi baru di perusahaan lain. Selama proses ini, kamu mungkin menemukan bahwa kamu dibayar rendah di posisi kamu saat ini jika dalam proses wawancara kamu ditawarkan gaji yang lebih tinggi daripada yang diberikan perusahaan kamu saat ini.

Nah, itulah tadi 20 tanda gaji kamu rendah dan nggak sesuai dengan bobot pekerjaan yang kamu laksanakan dan kerjakan selama ini. Jika kamu mendapati tanda-tanda di atas, coba pertimbangkan lagi baik-baik ya. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.