Inilah 7 Manfaat Santan Murni yang bagi Kesehatan Keluarga

Bisa menurunkan berat badan lho, Ma!

16 Maret 2020

Inilah 7 Manfaat Santan Murni bagi Kesehatan Keluarga
medicalnewstoday.com

Air kelapa berasal dari cairan yang terdapat di dalam kelapa, sedangkan santan berasal dari daging putih di dalam kelapa yang melalui proses-proses tertentu.

Santan bisa memiliki tekstur yang kental ataupun encer. Saat proses membuat santan, produsen membakar daging putih di dalam kelapa tua, lalu diperas dan disaring dengan kain tipis untuk mengekstraksi cairan santan. Santan yang kental menyimpan lebih banyak lemak daripada santan encer.

Santan dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, berikut ini adalah 7 manfaat mengonsumsi santan yang telah Popmama.com rangkum: 
 

1. Membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1. Membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh
hugyourlife.eu

Kandungan vitamin C dan asam Laruat yang terdapat di dalam santan murni dapat membantu kamu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Di dalam santan murni juga terdapat asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba yang berfungsi menangkal bakteri dan virus agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi santan murni dalam jumlah yang sewajarnya dapat membantu kamu dalam memerangi penyakit-penyakit seperti flu dan batuk.

2. Menurunkan kolesterol

2. Menurunkan kolesterol
hcatodayblog.com

Salah satu manfaat santan murni yaitu dapat menurunkan kolestrol. Perlu diingat bahwa jika kamu ingin menurunkan kolestrol, maka kamu harus mengonsumsi santan murni. Bukan malah menakai santan yang sudah mengalami proses pengolahan terlebih dulu dalam pemilihan sebagai bahan masakan.

Dengan mengonsumsi santan murni dapat menurunkan kolesterol kamu dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Editors' Picks

3. Menurunkan berat badan

3. Menurunkan berat badan
lifehubcenter.com

Banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi santan dapat mengakibatkan kegemukan, hal itu tidak benar sebab santan murni mampu menahan rasa lapar sehingga dapat mencegah kamu untuk makan dengan cara yang berlebihan.

Dengan demikian, mengonsumsi santan dapat membantu kamu dalam menurunkan berat badan. 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Freepik/User14636459

Asam laurat yang terkandung dalam santan murni dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi santan murni juga  kolesterol LDL (buruk) yang terdapat dalam tubuh kamu akan mengalami penurunan dan kolesterol HDL (baik) sebesar 18% akan mengalami peningkatan.

5. Menjaga kesehatan kulit

5. Menjaga kesehatan kulit
Freepik/drobotdean

Santan murni mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, E, B6, dan zat besi  yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Karena itu, santai memiliki berbagai manfaat antara lain sebagai pelembap alami, dapat mencegah timbulnya jerawat, hingga mencegah penuaan dini. Kamu juga bisa menggunakan santan dengan dijadikan masker wajah.

6. Menjaga kesehatan tulang

6. Menjaga kesehatan tulang
Freepik/Feelartfeelant

Santan murni juga mampu menjaga kesehatan tulang, karena adanya kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya.

Kalsium dan fosfor juga sudah dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi santan, kamu dapat menurunkan risiko patah tulang, osteoporosis, hingga rematik, dan penyakit tulang lainnya.

7. Mengontrol diabetes

7. Mengontrol diabetes
Pixabay/Stevepb

Asam lemak yang terdapat di dalam santan murni bisa memperlambat laju gula darah dalam aliran darah. Hal ini dapat mencegah kenaikan gula darah sehingga bisa mengontrol diabetes.

Itulah 7 manfaat santan murni bagi kesehatan keluarga. Bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan nih, Ma. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.