Presiden Jokowi Ingin Menerapkan Darurat Sipil saat Corona

Simak beberapa kebijakan yang akan diterapkan jika darurat sipil terjadi.

1 April 2020

Presiden Jokowi Ingin Menerapkan Darurat Sipil saat Corona
Instagram.com/jokowi

Presiden Joko Widodo berencana untuk menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar yang  disertai dengan darurat sipil sebagai salah satu cara yang efektif dalam menangani wabah virus corona atau Covid-19.

Jokowi juga meminta kebijakan pembatasan sosial berskala besar seperti physical distancing agar dilakukan lebih tegas, disiplin, dan lebih efektif lagi.

Kendati demikian, menurutnya kebijakan pembatasan sosial berskala besar tersebut juga perlu diikuti dengan kebijakan darurat sipil.

Jokowi pun memberlakukan beberapa kebijakan baru yang akan ia terapkan selama darurat sipil berlangsung, perhatikan berikut ini yang telah Popmama.com rangkum:
 

1. Memberikan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi

1. Memberikan perlindungan sosial stimulus ekonomi
Pxhere/EmAji

Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah sedang menyiapkan dorongan ekonomi dan perlindungan sosial bagi para pemilik UMKM dan pekerja non formal lainnya yang terkena dampak dari kebijakan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 ini.

Editors' Picks

2. Apotek dan toko sembako tetap buka

2. Apotek toko sembako tetap buka
Freepik/dragana_gordic

Ketika nanti darurat sipil diberlakukan, Jokowi meminta apotek dan toko kebutuhan pokok untuk tetap buka. Ia juga memastikan bahwa apotek dan toko-toko penyuplai kebutuhan pokok akan tetap melayani kebutuhan warga dengan menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar seperti physical distancing.

3. Pemberian insentif harian kepada masyarakat

3. Pemberian insentif harian kepada masyarakat
Unsplash/Johannes Andersson

Presiden Jokowi merasa bahwa mudik dapat menjadi salah satu penyebab penyebaran virus covid-19 dengan cepat apalagi menjelang bulan puasa dan hari raya yang tinggal menghitung hari.

Maka dari itu, Presiden Jokowi akan mempersiapkan dan mengaktifkan jaring pengaman sosial berupa pemberian insentif harian kepada masyarakat yang memutuskan untuk tidak pergi mudik.

4. Mempercepat program jaring pengaman sosial

4. Mempercepat program jaring pengaman sosial
Freepik/benzoix

Jokowi meminta untuk mempercepat program jaring pengaman sosial yang dapat memberikan perlindungan sosial para pekerja harian seperti pedagang atau ojek online.

Ia pun juga akan memberlakukan program insentif ekonomi bagi usaha kecil, dengan demikian para pekerja informal, buruh harian, pedangang asongan, semuanya bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari.

 

5. Diimbau untuk memulai disiplin dengan kesadaran pribadi

5. Diimbau memulai disiplin kesadaran pribadi
Popmama.com/Onic Metheany

Disiplin dengan kesadaran pribadi bisa dimulai dengan tidak meninggalkan rumah jika tak mendesak. Kemudian kamu bisa menerapkan pembatasan jarak fisik di tempat umum, serta tak membuat acara yang mengundang keramaian, jika terlanjur sudah direncanakan alangkah baiknya dibatalkan saja.

Presiden Jokowi mengungkapkan cara paling jitu dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19 selain penerapan darurat sipil yaitu dengan menerapkan kesadaran pribadi masing-masing.

Namun, penerapan darurat sipil tentunya masih merupakan langkah akhir yang baru akan digunakan jika penyebaran virus corona semakin membahayakan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.