Selain Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Kamu Lakukan di Bulan Puasa

Bisa dapat rumah di surga lho, Ma!

20 Mei 2020

Selain Tarawih, 5 Salat Sunnah Ini Bisa Kamu Lakukan Bulan Puasa
Pixabay/freebiespic

Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling baik diantara bulan-bulan lainnya. Pada bulan ini, manusia berlomba-lomba melakukan berbagai ibadah karena pahalanya yang berlipat ganda. Salah satunya dengan memperbanyak salat sunnah pada bulan puasa.  

Meski sunnah, salat yang dilakukan pada Bulan Ramdhan ini bisa menghapus dosa dan mendatangkan keberkahan. Yuk simak beberapa salat sunnah di Bulan Ramadhan yang telah Popmama.com rangkum:

1. Salat Tasbih

1. Salat Tasbih
Freepik/rawpixel.com

Salat Tasbih merupakan salah satu salat sunnah yang memiliki banyak keutamaan saat dilakukan pada bulan Ramadan.

Dalam melaksanakan Salat Tasbih umumnya diawali dengan membaca kalimat subhanallahu wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar sebanyak 75 kali di setiap raka’atnya. 

Niat salat ini pun hanya cukup dengan mengharapkan Ridho Allah Ta'ala semata. Salat tasbih dilakukan sebanyak 4 raka'at, jika dikerjakan siang maka 4 raka'at dengan sekali salam, jika dikerjakan pada malam hari maka 4 raka'at dengan dua salam.

Editors' Picks

2. Salat Tahajud

2. Salat Tahajud
Zakat.or.id

Salat Tahajud bisa kamu lakukan pada sepertiga malam atau sebelum menyantap makanan sahur pada bulan Ramadan. Salat ini juga memiliki berbagai manfaat seperti keringanan hisab, jaminan masuk surga, serta bisa mengabulkan doa dan permintaan.

Bacaan pada niat Salat Tahajud berbunyi ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alaUntuk melakukan salat ini, pastikan bahwa kamu sudah tertidur sebelumnya.

3. Salat Dhuha

3. Salat Dhuha
Freepik/rawpixel.com

Salat Dhuha umumnya dilakukan pada pagi hari hingga menjelang siang. Salat yang satu ini terkenal dengan manfaatnya yaitu mendatangkan banyak rezeki.

Salat ini juga bisa dilakukan dengan raka'at yang berbeda-beda, mulai dari 2 raka'at, 4 raka'at, hingga 14 raka'at. Jika kamu melakukan Salat Dhuha sebanyak 14 raka'at maka kamu akan dijaminkan sebuah rumah di surga oleh Allah SWT.

Niat Salat Dhuha diawali dengan bacaan ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā dan dilanjutkan dengan kalimat zikir yang disukai Allah SWT yaitu laa ilaha illallah yang kemudian diakhiri dengan membaca doa.

4. Salat Hajat

4. Salat Hajat
Pixabay/aamiraimer

Salat Hajat merupakan salah satu salat yang dilakukan oleh seseorang ketika ingin menyampaikan harapan dan doa supaya cepat dikabulkan. Jadi, jika kamu sedang menginginkan sesuatu, mintalah kepada Allah SWT dengan melakukan Salat Hajat.

Bacaan untuk niat salat ini yaitu ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'aala. Salat untuk permohonan doa ini boleh dilakukan pada siang maupun malam hari.

5. Salat Rawatib

5. Salat Rawatib
Pexels/Ali Arapoğlu

Salat Rawatib dilakukan sebelum atau sesudah salat fardu, salat ini terbagi menjadi dua yaitu Salat Qabliyah yang dilakukan sebelum salat wajib sedangkan Salat Ba’diyah dilakukan setelah salat wajib. Keutamaan melakukan salat ini yaitu akan mendapatkan sebuah istana di surga-NYA.

Salat ini terdiri dari dua rakaat dengan bacaan surat-surat pendek. Untuk bacaan niatnya bisa mengikuti waktu salat fardu yang akan dijalankan, misalnya niat Salat Rawatib ketika Salat Zuhur yakni ushollii sunnatazh-zhuhri rok'ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillaahi ta'ala.

Semoga ibadah puasanya lancar ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.