International Women’s Day, Pentingnya Menantang Diri Sendiri

Salah satu cara bagi perempuan untuk memilih kebahagiaan adalah dengan menantang diri sendiri

8 Maret 2021

International Women’s Day, Penting Menantang Diri Sendiri
pexels/elly-fairytale

Tanggal 8 Maret sudah satu abad lebih diperingati menjadi hari Perempuan Internasional. Pada tahun 2021 ini, tema global yang diusung untuk memperingati International women’s day adalah “Choose to Challenge” atau memilih tantangan.

Tantangan untuk menjadi seorang perempuan itu sangat besar, terutama dimasyarakat yang masih menganggap perempuan lebih rendah statusnya dari laki-laki. Menantang standar dalam hidup demi mempertahankan hal-hal positif dan meninggalkan hal-hal negatif di sekitar, merupakan salah satu cara bagi perempuan untuk memilih kebahagiaan, kedamaian dan kewarasan dalam dirinya.

Karena, pada kenyataannya tidak ada yang mengenal diri kita selain diri kita sendiri. Ini berarti sebagai individu yang sering termajinalkan, perempuan tidak boleh menjadikan opini orang lain membuat dirinya berhenti untuk maju menantang kehidupan. Tidak ada orang yang tau apa yang paling kita sukai, tidak sukai, cintai, benci , apa yang kita mau dan apa tujuan kita, selain diri kita sendiri.

Menjadi penting untuk Mama pelajari manfaat dan cara menantang diri sendiri untuk Mama, anak perempuan mama dan perempuan lainnya. Dari menantang hal-hal merugikan yang ada, Mama akan dapat melakukan perubahan besar untuk dunia.

Berikut Popmama.com berikan alasan pentingnya menantang diri sendiri.

1. Keseimbangan mental

1. Keseimbangan mental
pexels/andrea-piacquadio

Seseorang cenderung hidup untuk orang lain dan meninggalkan keinginan terpendam di dalam diri sendiri, yang membuat dirinya menjadi sakit atau stress.

Tidak ada yang salah Ma, dalam membuat keputusan sadar untuk selalu mengutamakan diri sendiri terlebih dahulu demi keseimbangan mental dan emosional.

Selalu menaruh percaya dan bergantung pada diri sendiri merupakan langkah awal untuk menantang standar yang merugikan bagi perempuan di lingkungan Mama.

Editors' Picks

2. Menjadi apapun dan siapapun

2. Menjadi apapun siapapun
pexels/rfstudio

Perempuan dapat menjadi apapun dan siapapun yang diimpikan. Dengan cara, mendorong diri sendiri untuk melihat apakah keterbatasan-keterbasan yang kamu punya justru bisa membantu untuk meningkatkan dan menjadikan diri lebih baik dari apa yang pernah di bayangkan sebelumnya.

Mama bisa terus motivasi diri sendiri, anak-anak mama maupun perempuan di sekitar mama untuk terus melangkah maju untuk menjadi apapun yang mereka impikan.

3. Tidak menyerah pada diri sendiri

3. Tidak menyerah diri sendiri
pexels/marcus-aurelius

Satu-satunya orang yang tidak akan menyerah pada diri kita adalah kita. Sering kali, pendapat orang lain, tindakan orang lain, perilaku orang lain membuat diri kecewa.

Disaat Mama percaya kepada diri  sendiri, Mama tidak akan pernah merasa kecewa terhadap segala hal yang ada di dalam diri Mama. Hal ini akan terus membuat Mama tidak menyerah dalam menjalani hidup.

4. Tahu nilai diri

4. Tahu nilai diri
pexels/sam-lion

Belajar dan mengajarkan nilai-nilai yang ada pada diri sendiri menjadi hal yang paling penting. Karena disaat kita mengetahui nilai diri, kita tidak akan bisa dijatuhkan atau direndahkan oleh orang lain yang membuat kita merasa tidak pantas.

Jadi, terus mengedukasi diri dan perempuan-perempuan di luar sana ya, Ma.

Menanamkan rasa bangga terhadap apa yang ada dalam diri, membuat seseorang  akan menjadi lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini penting untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada.

5. Peran perempuan sangat berarti

5. Peran perempuan sangat berarti
Tangkapan layar webinar : Peran Perempuan dalam Pembangunan

Selain untuk diri sendiri, perempuan dapat terus memilih tantangan dalam cangkupan yang lebih luas.

Dalam webinar yang diadakan oleh Plan Indonesia pada 6 Maret 2021 dengan tema peran perempuan dalam pembangunan. Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu pembicara. Beliau juga merupakan salah satu sosok perempuan yang selalu memilih tantangan dan telah menjadi inspirasi bagi banyak perempuan di Indonesia.

Pada sesi sambutan dalam acara ini, Sri Mulyani mengatakan bahwa ada beberapa cara agar perempuan berperan dalam tantangan pembangunan terutama di Indonesia.

  • Sensivitas, sebagai manusia yang bisa melihat berbagai permasalahan yang ada perempuan diharapkan memiliki sensitivitas dan empati, kepeduliaan yang tinggi terhadap
  • Tujuan, saat menantang diri sendiri kita harus tau tujuan yang ingin dicapai.
  • Dilakukan, niat baik memang penting namun lebih penting lagi jika dilaksanakan.
  • Diceritakan, menceritakan apa yang telah kita lakukan tentunya akan menginspirasi banyak orang dan membuat rantai kebaikan tidak putus.

Perempuan diharapkan tidak menyerah terhadap norma-norma yang sangat mengikat yang membuat kita tida melaukan apa-apa atau tidak peduli.

Itulah manfaat dan cara menantang diri sendiri untuk perubahan menuju kearah yang lebih baik.

Baik untuk diri sendiri, anak perempuan Mama, maupun perempuan di lingkungan sekitar bahkan perempuan sedunia. Jadi jangan takut untuk terus menantang diri sendiri ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.