Idulfitri 2021, Pemerintah akan Laksanakan Sidang Isbat pada 11 Mei

Lebarannya tunggu sidang isbat tanggal 11 Mei ya, Ma

10 Mei 2021

Idulfitri 2021, Pemerintah akan Laksanakan Sidang Isbat 11 Mei
Pexels/mentatdgt

Dalam hitungan hari, bulan Ramadan akan berakhir, artinya umat muslim akan menyambut Idulfitri 2021.

Namun, penetapan Idulfitri sendiri ditentukan dalam keputusan usai sidang isbat di Indonesia. Sidang isbat dilakukan setiap tahunnya yang dipimpin oleh Menteri Agama.

Lalu bagaimana untuk lebaran tahun 1442 H ini? Berikut Popmama.com telah merangkum informasi mengenai penentuan hari raya Idulfitri .

1. Dilakukan sidang isbat pada 11 Mei

1. Dilakukan sidang isbat 11 Mei
Pexels/ahmed-aqtai

Tahun ini sidang isbat akan digelar pada 11 Mei 2021 mendatang, yaitu pada hari ke-29 di bulan Ramadan. Sidang isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Penyelenggaraan sidang isbat dilakukan secara daring dan luring untuk membatasi adanya pertemuan dalam masa pandemi virus corona 2021.

Editors' Picks

2. Sidang akan berlangsung di Gedung Kemenag

2. Sidang akan berlangsung Gedung Kemenag
Pexels/abdullah-ghatasheh

Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kemenag menyatakan bahwa isbat penentuan Idulfitri  berlangsung di gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang isbat ini hanya akan dihadiri fisik secara terbatas ya Ma mengingat situasi pandemi yang masih belum usai.

3. Penentuan Ramadan, Syawal dan Zulhijah mengacu MUI

3. Penentuan Ramadan, Syawal Zulhijah mengacu MUI
Pexels/rodnae-productions

Di Indonesia, pelaksanaan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadan, awal Syawal atau Idulfitri , dan awal Zulhijah atau Idul Adha mengacu pada fatwa yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Penentuan ini sesuai dengan Buku Saku Hisab Rukyat Kemenag, yang di dalamnya ulama  berpendapat bahwa penentuan awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah harus didasarkan pada rukyah atau melihat hilal yang dilakukan pada tanggal 29-nya.

Rukyah juga merupakan segala hal yang dapat memberikan dugaan kuat (zanni) bahwa hilal telah muncul dan mungkin dapat dilihat.

4. Hilal bisa belum terlihat atau adanya gangguan cuaca

4. Hilal bisa belum terlihat atau ada gangguan cuaca
Pexels/lucas-pezeta

Namun, apabila rukyah tidak berhasil dilihat penentuan awal bulan harus disempurnakan 30 hari (istikmal), hal ini bisa karena hilal belum bisa dilihat atau adanya gangguan cuaca, Ma.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi SAW, dari Ibnu Umar ra. berkata Rasulullah Saw bersabda: "Satu bulan hanya 29 hari, maka jangan kamu berpuasa sebelum melihat bulan, dan jangan berbuka sebelum melihatnya dan jika tertutup awan maka perkirakanlah." (HR. Muslim)

5. 1 Syawal, berdasarkan ketetapan Muhammadiyah

5. 1 Syawal, berdasarkan ketetapan Muhammadiyah
Pexels/rodnae-productions

Berbeda dengan penetapan 1 Syawal oleh MUI, Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal yang berpedoman pada Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah dalam penetapan awal Syawal, Ma.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 juga telah menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis Wage, 13 Mei 2021.

Ijtimak jelang Syawal terjadi pada hari Rabu Pon, 12 Mei 2021 pukul 02.03 WIB. Sehingga sholat tarawih terakhir Ramadan tahun ini akan jatuh pada tanggal 12 Mei, Ma.

Itulah informasi mengenai penentuan Idulfitri tahun 1442 H atau tahun 2021 ini, untuk lebarannya mari kita tunggu sidang isbat tanggal 11 ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.