9 Ide Jualan Makanan yang Menjanjikan, Salah Satunya Ada Korean Food!

Yuk, Ma! Cari tahu jualan makanan apa saja yang menjanjikan dan berjangka panjang

7 Desember 2021

9 Ide Jualan Makanan Menjanjikan, Salah Satu Ada Korean Food
Pexels/Trang Doan

Mama tertarik untuk memulai bisnis makanan? Tapi belum menemukan ide jualan makanan apa yang menjanjikan?

Bisnis makanan dan menjual makanan memang tidak akan pernah ada matinya ya, Ma selama manusia membutuhkan makanan. Dari makanan berat hingga makanan ringan, semua memiliki target pasarnya sendiri. 

Meskipun begitu, jika ingin memulai menjual makanan ada baiknya melihat peluang yang ada. Dengan melihat target pasar serta apa yang dibutuhkan masyarakat. Cara seperti itu bisa membuat sebuah bisnis berjalan lama. 

Saat ini, jika Mama lihat, berbagai jenis makanan sudah banyak yang menjual dengan inovasi yang berbeda-beda. Nah jika Mama ingin memulai dengan menjual makanan yang menjanjikan, tentu saja ada banyak pilihannya. 

Penasaran jualan makanan apa saja yang bisa Mama jalankan? Yuk langsung simak ide dari Popmama.comyang sudah dirangkum di bawah ini.

1. Paket makanan sehat masih jadi pilihan jualan yang menjanjikan

1. Paket makanan sehat masih jadi pilihan jualan menjanjikan
Pexels/Ella Olsson

Di tengah kehidupan yang serba instan, pastinya ada sebagian orang yang tetap mencoba untuk hidup sehat. Tetapi terkadang kendalanya adalah rasa malas untuk menyiapkan makanan sehat. Nah, Mama bisa mencoba untuk menjual makanan sehat tersebut.

Catering makanan sehat selalu punya target pasarnya sendiri, jadi Mama tidak perlu khawatir. Jualan makanan sehat bisa ditargetkan untuk orang-orang yang sangat sibuk dengan aktivitasnya namun tetap ingin hidup sehat.

Mama yang tertarik dengan ide bisnis ini bisa menambahkan informasi nutrisi di dalam makanan yang Mama jual. Ini bisa menjadi nilai tambah produk mama nantinya. 

2. Korean food cocok dijual

2. Korean food cocok dijual
Freepik

Demam Korea yang dari dulu hingga sekarang belum juga mereda membuat sejumlah orang mencari peluang di dalamnya. Jika Mama lihat saat ini, banyak sekali restoran-restoran Korea ataupun jajanan Korea yang dijual.  

Ide jualan makanan Korea bisa dibilang menjanjikan, karena penggemar budaya Korea di Indonesia cukup banyak. Mereka biasanya tertarik untuk mencoba makanan Korea setelah melihat drama Korea yang ditonton.

Misalnya menjual jajanan-jajanan khas Korea yang sekarang ini digemari oleh para remaja ataupun orang dewasa. Resepnya tidak terlalu rumit lho, Ma. Mama bisa melihat resepnya di Youtube. 

3. Frozen food mulai dari nugget sampai pempek

3. Frozen food mulai dari nugget sampai pempek
Freepik

Frozen food atau makanan beku juga menjadi salah satu ide jualan yang menjanjikan, Ma. Apalagi dengan kondisi pandemi saat ini, aktivitas di luar rumah dibatasi, sehingga masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

Frozen food yang dulunya mungkin hanya sebatas dimsum, pempek, fish roll dan sejenisnya, namun kini frozen food sudah meluas. Bisnis frozen food memudahkan konsumen yang tidak banyak memiliki waktu untuk mengolah dan membuat adonan, sehingga bagi konsumen frozen food sangat tepat. 

Mama bisa lakukan modifikasi pada bisnis frozen food. Selain itu, kelebihan dari frozen food ialah bisa dikirim ke lokasi yang jaraknya cukup jauh. Sehingga target pasarnya tidak hanya di kota mama saja, tapi luar kota juga bisa. 

Editors' Picks

4. Camilan ringan bisa jadi ide bisnis yang menguntungkan

4. Camilan ringan bisa jadi ide bisnis menguntungkan
Pexels/Pixabay

Ada yang bilang orang Indonesia itu doyan ngemil lho, Ma. Meskipun banyak makan tetapi tetap butuh makanan ringan. Nah, kenapa Mama tidak coba bisnis ini saja?

Ide jualan makanan ringan mungkin sudah banyak yang melakukannya lebih dulu, tapi tetap saja target pasar setiap produk itu beda-beda, Ma. Jualan makanan ringan menjadi ide yang menjanjikan karena dari kalangan muda dan tua tetap butuh ngemil.

Jual lah camilan ringan yang sekirannya proses produksinya tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya mudah untuk dicari. Camilan ringan dengan harga yang bersahabat pasti akan banyak diincar orang. 

Kalau ingin menambahkan kelebihan pada produk mama, buatlah camilan yang tidak mengandung gula berlebihan dan menyehatkan. Jadi meskipun ngemil, konsumen tetap merasa aman dengan kandungan di dalamnya. 

5. Aneka sambal kemasan dengan berbagai cita rasa unik

5. Aneka sambal kemasan berbagai cita rasa unik
Freepik

Selain suka ngemil, sebagian masyarakat kita suka sekali dengan makanan pedas dan sambal. Bahkan beberapa orang merasa tidak nafsu makan jika tidak ada sambal. Ide jualan makanan ini bisa dicoba, Ma. 

Supaya berbeda dengan yang lain, sediakan berbagai varian sambal yang bisa dipilih oleh konsumen. Mama juga bisa berkreasi dengan mencoba berbagai resep sambal. Sambal dalam botol kemasan biasanya menarik perhatian pembeli karena bisa dibawa saat bepergian. Dengan cita rasa yang unik seperti sambal daun jeruk, sambal korek, atau sambal ikan peda, produk ini bisa laris manis.

Sambal yang digoreng sampai benar-benar matang tidak akan mudah basi dan tahan lama, Ma. Tunggu apa lagi? Mama sudah punya resep andalan belum nih?

6. Minuman kekinian juga belum redup

6. Minuman kekinian juga belum redup
Pexels/RODNAE Productions

Selain makan, manusia juga butuh minum, Ma. Ide jualan yang satu ini akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Dari hanya satu gelas air mineral sampai minuman kekinian seperti thai tea, bubble drink dan sebagainya akan tetap laris. 

Di Indonesia sendiri sudah banyak bisnis minuman yang menjamur di mana-mana dengan kelebihannya masing-masing. Mama bisa mencoba untuk menjual minuman yang serupa dengan sedikit modifikasi, atau dengan menggunakan resep milik mama sendiri. 

Jangan lupa untuk selalu menentukan keunikan produk sendiri ya, Ma supaya menjadi ciri khas nantinya. 

7. Rice box/rice bowl yang super praktis

7. Rice box/rice bowl super praktis
Pexels/Mikhail Nilov

Rice box merupakan makanan berat yang dikemas dalam kotak dan berisikan lauk serta sayur pilihan konsumen atau sebaliknya. Rice box menjadi pilihan banyak orang karena tidak perlu memikirkan lauk, sayur di dalamnya, apalagi kemasan sudah dijadikan satu tempat, sehingga memudahkan mereka. 

Ide jualan makanan ini bisa terbilang menjanjikan melihat masyarakat kita yang akhir-akhir ini suka sekali sesuatu yang cepat dan instan. Meskipun bukan jenis makanan instan, rice box akan tetap digemari. 

8. Ide jualan kopi juga menjanjikan

8. Ide jualan kopi juga menjanjikan
Pexels/Jason Toevs

Jika tadi sudah membahas ide jualan minuman kekinian, kali ini ada ide jualan kopi yang menjanjikan. Budaya ngopi yang tidak bisa dihindari oleh kalangan anak muda menjadikan bisnis ini menjanjikan. 

Jika Mama membuka sebua coffee shop dengan menjual aneka kopi di dalamnya, bisa dikatakan konsumen mama nanti adalah anak muda yang suka nongkrong. 

Biasanya anak muda itu mudah sekali ditarik loyalitasnya. Mama tinggal meningkatkan kualitas rasa, pelayanan yang baik. Kalaupun Mama belum bisa membuka coffee shop yang besar, cobalah dengan yang kecil dulu. 

9. Jualan bakso dengan sedikit inovasi

9. Jualan bakso sedikit inovasi
Freepik

Mungkin jualan bakso sudah terdengar sangat umum ya, Ma. Namun kalau Mama sadari, saat ini penjual bakso juga banyak yang melakukan modifikasi dan inovasi. Tidak dapat dipungkiri bakso masih menjadi makanan yang digemari masyarakat kita. 

Dari dulu hingga sekarang, adonan bakso tidak banyak yang berubah, hanya beberapa penjual membuatnya semakin berkelas. Seperti bakso mercon, bakso rawit, bakso beranak, bakso kerikil dan masih banyak lain.

Bakso tidak hanya digemari anak-anak, orang dewasa pun tidak akan menolak dengan kelezatan bakso. Nah, Mama sendiri bisa mencoba nih! Di mana pun Mama berada, Mama pasti akan menemukan bakso. Jadi itu mengapa ide jualan makanan bakso disebut menjanjikan. 

Itulah tadi beberapa ide jualan makanan yang menjanjikan. Dari sekian banyak ide di atas, Mana yang menarik untuk Mama coba?

Jika ingin belajar lebih banyak lagi tentang memulai bisnis, jangan lupa untuk ikut serta dalam rangkaian acara POPAC 2021.

Akan ada kelas pembahasan memulai bisnis yang seru dengan tema "Belajar Bisnis Bareng Mompreneur" bersama Raisha Wirapersada Founder @kimandkin_jkt dan Priscilla Pangemanan, Co Founder & CMO SASC. 

Kelas diadakan secara online melalui zoom pada tanggal 22 Desember 2021. Bagi Mama dan Papa yang tertarik, yuk langsung daftar melalui tautan ini Belajar Bisnis Bareng Mompreneur.

Ditunggu kehadirannya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.