Jangan Hanya Salmon, Perhatikan Juga Nutrisi pada Ikan Kembung

Ikan kembung memiliki kandungan omega-3 lebih tinggi dari pada ikan salmon

2 Desember 2021

Jangan Ha Salmon, Perhatikan Juga Nutrisi Ikan Kembung
Pexels/Valeria Boltneva and ArtHouse Studio

Mama yang suka sekali mengolah bahan masakan pastinya tahu dengan ikan kembung. Ikan kembung adalah ikan lokal Indonesia yang nutrisinya tidak kalah jauh dengan salmon lho, Ma. 

Mungkin selama ini perhatian kita hanya tertuju pada nutrisi salmon yang sering dijumpai pada makanan sushi, tapi ternyata ikan kembung memiliki gizi yang lebih tinggi dari pada salmon.

Selain memiliki gizi yang tinggi, ikan kembung juga tidak sulit dijumpai, berbeda dengan salmon. Mama bisa menemukannya di pasaran tradisional dan harganya jauh lebih murah.

Menjaga kesehatan keluarga melalui makanan juga akan menjadi topik bahasan pada acara Popmama Parenting Academy 2021 (POPAC) di salah satu pilarnya yaitu kesehatan.

Nah, Mama pasti penasaran kandungan gizi apa yang terdapat pada ikan kembung sehingga bisa mengalahkan pamor salmon. Di bawah ini akan Popmama,com rangkum selengkapnya untuk Mama. 

Yuk, langsung disimak saja, Ma. 

1. Ikan kembung kaya akan protein dan Omega 3

1. Ikan kembung kaya akan protein Omega 3
Pexels/Eva Elijas

Bisa diolah dengan berbagai menu masakan, ikan kembung memiliki kandungan Omega-3 sama seperti salmon. Sehingga Mama tidak perlu berburu ikan mahal untuk makanan di rumah, karena selain harganya yang terjangkau, kualitas proteinnya sama dengan protein hewani lainnya. 

Kandungan Omega-3 pada ikan kembung dapat membantu perkembangan otak dan juga mata bayi.

Selain itu, kandungan tersebut juga membantu pertumbuhan otak normal dan perkembangan mata pada janin saat masih di dalam rahim. Jantung bayi akan sehat dan menjaga tekanan darah tetap normal. 

Omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. sekadar informasi, kalau tidak ada makanan lain yang kandungan Omega 3-nya sebaik ikan. 

2. Ikan kembung mengandung vitamin B12

2. Ikan kembung mengandung vitamin B12
Pexels/energepic.com

Selain Omega-3, ikan kembung juga memiliki kandungan vitamin B12. Vitamin B12 adalah salah satu nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, Ma.

Termasuk di dalamnya untuk sistem kekebalan dan saraf. Vitamin B12 juga berperan dalam memproduksi DNA.

Jika Mama mengonsumsi ikan kembung, bisa dipastikan Mama dan keluarga tidak akan kekurangan vitamin B12. Dampak dari kekurangan vitamin B12 ialah berpotensi menyebabkan anemia dan merusak sistem saraf. Sehingga penting sekali untuk memperhatikan kecukupan dari pada vitamin B12. 

Fillet ikan kembung matang diketahui setidaknya mengandung 279% RDI untuk vitamin B12. 

Editors' Picks

3. Ikan kembung kaya akan protein

3. Ikan kembung kaya akan protein
Pexels/ArtHouse Studio

Diketahui setidaknya dalam satu fillet ikan kembung mengandung 20,8 gram protein. Ini tentunya yang Mama butuhkan untuk menjaga nutrisi pada keluarga. Selain itu, ikan kembung juga membiliki sumber protein yang lengkap lho, Ma. 

Sumber protein lengkap tersebut artinya ikan kembung mengandung kesembilan asam emino esensial dengan jumlah yang cukup. Jadi, Mama bisa mendapatkan protein berkualitas tinggi serta asam lemak omega-3 sekaligus dalam 1 ikan.

4. Ikan kembung mengandung Omega-6

4. Ikan kembung mengandung Omega-6
Pexels/makafood

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau ikan kembung selain memiliki kandungan omega-3, ia juga memiliki kandungan omega-6 yang tinggi.

Omega-6 adalah asam lemak tak jenuh gandan yang berperan menjalankan fungsi-fungsi esensial untuk tubuh manusia. 

Omega-6 juga berkhasiat untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk Mama yang mungkin penderita diabetes, mengonsumsi ikan kembung bisa menjadi pilihan baik, Ma.

Jika dikonsumsi dengan seimbang bersama dengan omega-3, maka akan membantu tubuh mengurangi peradangan. 

5. Kandungan docosahexaenoic acid (DHA) dalam ikan kembung dapat mencegah alzheimer dan parkinson

5. Kandungan docosahexaenoic acid (DHA) dalam ikan kembung dapat mencegah alzheimer parkinson
Pexels/Алекке Блажин

DHA dalam ikan kembung berperan besar dalam proses pembentukan saraf, mata, serta otak manusia. Oleh karena itu, para ahli berpendapat mengonsumsi DHA yang terkandung di dalam ikan kembung baik untuk menjaga kesehatan saraf dan daya ingat. DHA juga baik untuk dikonsumsi bagi segala usia.

Nutrisi lainnya yang terdapat pada ikan kembung ialah memiliki kandungan vitamin D, sehingga penyerapan kalsium akan semakin maksimal dan langsung berfungsi untuk mendukung pembentukan perawatan dan juga penguatan tulang serta gigi. 

6. Ikan kembung baik untuk MPASI

6. Ikan kembung baik MPASI
Pexels/Yan Krukov

Kandungan omega-3 pada ikan kembung lebih tinggi dari salmon. Perbedaannya ialah Mama perlu memakan dua fillet salmon untuk bisa mendapatkan omega-3, sedangkan Mama hanya perlu makan 1 fillet pada porsi ikan kembung. 

Keunggulan dari kandungan ikan kembung ternyata juga baik untuk dijadikan menu MPASI. Vitamin A, B1, C, D, E, zat besi serta fosfor sangat baik untuk perkembangan mata, tubuh dan daya tahan tubuh. 

Namun bukan berarti salmon tidak bagus ya, Ma. Keduanya tetap bisa dijadikan menu MPASI si Kecil. 

7. Manfaat konsumsi ikan kembung untuk kesehatan

7. Manfaat konsumsi ikan kembung kesehatan
Pexels/Geraud pfeiffer

Sudah diketahui bahwa kandungan nutrisi, protein serta vitamin pada ikan kembung banyak sekali. Dilansir dari laman organicfacts.net, berikut ini manfaat mengonsumsi ikan kembung pada tubuh mama jika rutin dikonsumsi. 

  • Dengan jumlah asam lemak omega-3 dan selenium yang cukup, ikan kembung mungkin dapat memenuhi semua kebutuhan perawatan kulit mama. 

  • Ada banyak nutrisi yang penting untuk perawatan rambut seperti protein, zat besi, seng, dan asam lemak omega-3, yang semuanya dapat ditemukan pada ikan kembung.

  • Meskipun memiliki kadar vitamin C yang rendah, ikan kembung memiliki efek yang baik pada sistem kekebalan tubuh. Koenzim Q10 adalah salah satu elemen unik dalam ikan kembung yang terkait erat dengan pencegahan infeksi dan memperkuat pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif.

  • Dengan kadar asam lemak omega-3 yang cukup tinggi, ikan kembung dapat meningkatkan keseimbangan kolesterol dalam tubuh dengan menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

  • Selenium berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, membantu mencegah mutasi sel dan penyakit kronis dengan kemungkinan menetralkan radikal bebas sebelum dapat merusak jaringan, sel, dan organ.

  • Ada banyak mineral dalam ikan kembung, mungkin termasuk tembaga, selenium, magnesium, mangan, kalsium, dan zat besi, yang semuanya terkait dengan kepadatan tulang.

Itulah tadi informasi terkait nutrisi pada ikan kembung yang ternyata lebih banyak dibandingkan salmon.

Untuk mengetahui kesehatan keluarga terutama kesehatan anak, Mama bisa mengikuti acara Popmama Parenting Academy 2021 (POPAC) yang akan membahas seputar kesehatan melalui cooking class dengan tema "Superfood Indonesia Penuh Nutrisi untuk Anak bersama IMY."

Acaranya akan diadakan secara virtual melalui zoom pada Jumat, 10 Desember 2021 dengan dihadiri pembicara handal yaitu dr. Marlyn Cecilia Malonda, Sp. A (Mayapada Hospital Tangerang) dan ada workshop memasaknya juga lho bareng chef Desi Trisnawati. 

Pastinya acara ini akan seru sekali untuk menambah pengetahuan Mama. Untuk pendaftarannya silakan klik tautan ini ya, Ma. Pendaftaran Superfood Indonesia Penuh Nutrisi untuk Anak bersama IMY. 

Ditunggu kehadirannya ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.