Tanda-Tanda Gigi Keropos yang Sering Diabaikan, Hati-Hati Bau Mulut!

Gigi yang keropos bisa menimbulkan bau mulut yang mengganggu lho!

25 Oktober 2021

Tanda-Tanda Gigi Keropos Sering Diabaikan, Hati-Hati Bau Mulut
Pexels/Karolina Grabowska

Kondisi gigi keropos tentu saja menjadi perhatian untuk setiap orang, selain rasa tidak nyaman yang ditimbulkan, adanya gigi keropos juga bisa mengganggu penampilan saat kita tersenyum. 

Gigi keropos dengan gigi berlubang hampir sama kondisinya, yang membedakan ialah kalau gigi berlubang kerusakan karies gigi biasanya terjadi di lapisan luar dari struktur gigi. 

Sedangkan kondisi gigi keropos, kerusakan akibat pengeroposan terbentuk di lapisan tenagh gigi (dentin). Kondisi keropos terkadang tidak disadari karena umumnya dari luar terlihat baik-baik saja. Untuk megetahuinya tentu saja dengan melakukan pemeriksaan ke dokter atau rontgen. 

Untuk mengantisipasi agar kondisi gigi tidak terlalu parah, yuk ketahui tanda-tanda gigi keropos yang Popmama.com rangkum.

1. Timbulnya aroma mulut yang tidak sedap

1. Timbul aroma mulut tidak sedap
Pexels/Andrea Piacquadio

Tanda-tanda gigi keropos salah satunya yaitu dengan adanya aroma mulut yang tidak sedap. Gigi yang mengalami pengeroposan akan merusak permukaan gigi, sehingga gigi akan dimasuki sisa-sisa makanan yang mengendap. 

Kondisi ini biasanya akan lama disadari karena bau mulut yang ditimbulkan tidak bisa dicium sendiri. Orang-orang yang berada di dekat kitalah yang bisa mencium aroma tersebut.

Bau mulut tidak hanya berasal dari gigi yang sedang bermasalah, namun bisa juga dari pencernaan yang sedang mengalami gangguan tertentu. 

Editors' Picks

2. Terdapat bercak hitam atau cokelat pada permukaan gigi

2. Terdapat bercak hitam atau cokelat permukaan gigi
Pexels/Pavel Danilyuk

Dikutip dari laman mayoclinic.org gigi sehat umumnya berwarna putih, namun jika terdapat warna lain seperti hitam atau cokelat pada gigi, tandanya gigi sedang mengalami pengeroposan. 

Warna atau bercak tersebut tidak langsung muncul begitu saja, namun pelan-pelan hingga mengikis permukaan gigi dan merusak warna aslinya. 

Adanya perbedaan pada warna gigi tentu membuat kita tidak percaya diri untuk tersenyum bukan? 

3. Gigi mulai terasa ngilu ketika mengonsumsi makanan tertentu

3. Gigi mulai terasa ngilu ketika mengonsumsi makanan tertentu
Pexels/Anna Shvets

Gigi mengalami sensitif ketika digunakan untuk mengonsumsi sesuatu. Misalkan ketika mengunyah es, makanan manis. Gigi juga terasa mengilu bahkan ketika terkena air hangat sekalipun.

Gigi yang baik-baik saja seharusnya tetap kokoh ketika digunakan untuk hal-hal di atas. Namun karena gigi sedang mengalami pengeroposan yang bisa saja tidak disadari, maka gigipun memberi tanda melalui fungsinya yang sensitif.

4. Terkadang Gigi memberi respon nyeri yang mendadak.

4. Terkadang Gigi memberi respon nyeri mendadak.
Pexels/Pavel Danilyuk

Ketika sedang mengonsumsi sesuatu yang tidak membutuhkan tenaga ekstra dalam mengunyah, tapi tenyata secara tiba-tiba gigi merasa nyeri hingga ngilu itu akan menjadi perhatian lebih untukmu.

Jika mengalami kondisi seperti ini ada baiknya segera periksakan ke dokter gigi. Bisa jadi kondisi gigi yang keropos sudah terlalu parah dan lambat untuk diketahui sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. 

5. Gigi terasa sakit saat bertemu dengan gigi lainnya

5. Gigi terasa sakit saat bertemu gigi lainnya
Pexels/Andrea Piacquadio

Saat gigi keropos bertemu dengan gigi lainnya, atau ketika melakukan gerakan seperti menggigit, ia akan terasa sakit karena permukaannya sudah tidak utuh. Pengeroposan yang terjadi pada gigi membuatnya tidak bisa menahan benturan gigi lainnya. 

Jika keadaan ini sudah kamu rasakan, artinya kamu sedang mengalami tanda-tanda pengeroposan. Secara mata terbuka mungkin memang dilihat baik-baik saja, tapi cobalah untuk menyadari bagaimana sensitifnya gigi ketika dipakai untuk melakukan sesuatu. 

Setelah mengetahui tanda-tanda gigi keropos ini, semoga kamu bisa lebih menjaga kesehatan gigi ya. Jangan tunda untuk melakukan pengecekan dan perawatan ke dokter gigi supaya terhindar dari kondisi-kondisi gigi yang menganggu. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.