Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Biodata dan Profil Lord Rangga Pemimpin Sunda Empire

Meninggal dunia di usia 55 tahun, Lord Rangga meninggalkan istri dan anaknya

7 Desember 2022

Biodata Profil Lord Rangga Pemimpin Sunda Empire
Instagram.com/lordranggaofficial

Kabar duka datang dari mantan petinggi Sunda Empire yakni Lord Rangga yang meninggal dunia pada usia 55 tahun. Sosok Lord Rangga mulai dikenal luas oleh publik usai mendirikan Sunda Empire bersama kedua rekannya. 

Sebelum mendirikan Sunda Empire, dia sempat menjabat jadi Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia hingga manajer klub Persab Brebes. Mengenai kehidupan pribadi Lord Rangga, dia dikabarkan telah menikah dan memiliki seorang anak. 

Untuk lebih informasi yang lebih jelas, berikut ini Popmama.com telah merangkum dengan lengkap biodata dan profil Lord Rangga petinggi Sunda Empire yang dilansir dari beberapa sumber.

Yuk Ma, disimak!

Biodata singkat Lord Rangga

Biodata singkat Lord Rangga
Instagram.com/lordranggaofficial
  • Nama Lengkap: Edi Raharjo
  • Nama Panggilan: Lord Rangga atau Ki Ageng Rangga Sasana
  • Tempat, Tanggal Lahir: Brebes, 12 September 1967
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Agama: Islam
  • Nama Istri: Kiki Haryati Marwah
  • Nama Anak: Pangeran Raden Jagad Rangga Sasana
  • Instagram: @lordranggaofficial

Selain biodata singkat Lord Rangga, ada beberapa fakta menarik tentang pendiri Sunda Empire ini.

Yuk, simak deretan fakta di bawah ini!

1. Lulusan dari sekolah pertanian

1. Lulusan dari sekolah pertanian
Instagram.com/lordranggaofficial

Rangga Sasana yang kerap menggunakan seragam militer lengkap dengan aksesori baret di kepala merupakan masyarakat sipil dan tidak pernah menempuh pendidikan kemiliteran.

Diketahui bahwa Rangga merupakan lulusan dari Sekolah Pertanian Menengah Atas pada tahun 1986 di Jawa Tengah. Dari foto di atas menampilkan Lord Rangga remaja yang diunggah sendiri olehnya melalui akun Instagram.

2. Usai merantau mengaku telah menyandang gelar profesor

2. Usai merantau mengaku telah menyandang gelar profesor
Instagram.com/lordranggaofficial

Diketahui bahwa Rangga sempat merantau. Sepulangnya ke Brebes, Rangga mengaku telah menyandang gelar profesor. 

Hal itu diketahui ketika dia pulang saat momen Lebaran tahun 2019 dan mengenakan seragam berpangkat bintang tiga. Namun, tak ada yang mengetahui di mana ia bekerja. 

Di Brebes, Rangga tinggal bersama seorang mama dan adik perempuan. Kala itu, dia kerap kali melakukan pertemuan di rumah orangtuanya. Rekan-rekannya merupakan beberapa orang berseragam loreng yang datang dari luar kota.

Editors' Picks

3. Sempat gagal di pernikahan sebelumnya, Rangga kembali menikah dan dikaruniai seorang anak

3. Sempat gagal pernikahan sebelumnya, Rangga kembali menikah dikaruniai seorang anak
Instagram.com/lordranggaofficial

Lord Rangga sempat mengalami perceraian pada hubungan pernikahannya. Pada tahun 2021, Rangga dikabarkan telah menikah lagi dengan perempuan beda usia 30 tahun. Perempuan tersebut bernama Kiki Haryati Marwah atau kerap disapa Bunda Queen Marwah.

Pernikahan keduanya juga telah dilengkapi dengan kehadiran buah hati yang lahir pada 18 April 2022 dan diberi nama Pangeran Raden Jagad Rangga Sasana.

4. Pernah jadi Ketua Dewan Bawang Merah RI

4. Pernah jadi Ketua Dewan Bawang Merah RI
Instagram.com/lordranggaofficial

Sosok yang dikenal sebagai petinggi Sunda Empire ini pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Bawang Merah Indonesia.

Sebagai informasi, Dewan Bawang Merah Indonesia adalah organisasi petani bawang merah seluruh Indonesia yang terbentuk pada 10 November 2011.

Lord Rangga menjabat sejak 2011 hingga 2016. Kala itu, Rangga sempat tampil di program televisi berjudul 'Soegeng Sarjadi Forum' yang tayang di TVRI tahun 2011.

5. Dikenal sebagai pendiri Sunda Empire

5. Dikenal sebagai pendiri Sunda Empire
Instagram.com/lordranggaofficial

Rangga Sasana dikenal sebagai pendiri Sunda Empire bersama rekan-rekannya. Dengan rasa percaya diri, dia memiliki gaya berpakaian nyentrik dengan setelan jas dilengkapi dengan aksesori topi baret. 

Sunda Empire sendiri merupakan perkumpulan yang didasari oleh romantisasi sejarah pada masa lalu. Mereka mencita-citakan kerajaan Sunda akan kembali besar seperti masa Tarumanegara.

Selain itu, ada klaim bahwa mereka adalah kekaisaran yang besar antara bumi dan matahari. Kala itu, Rangga pernah memberikan pernyataan kontroversial bahwa Sunda Empire mampu menyelamatkan bumi dan menghentikan perang nuklir. 

Jika dilihat dari biodatanya, Rangga merupakan warga asli Brebes, tak memiliki darah Sunda.

6. Masuk jeruji besi lantaran penyebaran berita bohong

6. Masuk jeruji besi lantaran penyebaran berita bohong
Instagram.com/lordranggaofficial

Lord Rangga bersama dua rekannya sempat masuk jeruji besi karena menyebarkan berita bohong hingga menimbulkan masalah. Pada tanggal 28 Januari 2020, dia ditangkap oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat di kawasan Tambun, Kabupaten Bekasi.

Majelis Hakim memvonis tiga terdakwa petinggi Sunda Empire selama dua tahun penjara dengan dakwaan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang tindakan menyiarkan berita bohong. 

Tak sampai dua tahun, Lord Rangga bebas bersyarat pada 13 April 2021. Setelah itu, sosoknya semakin dikenal saat menjadi bintang tamu di beberapa podcast YouTube dan program televisi.

7. Terpilih jadi manajer tim Persab Brebes

7. Terpilih jadi manajer tim Persab Brebes
Instagram.com/lordranggaofficial

Mantan petinggi Sunda Empire tersebut kemudian terpilih jadi manajer tim Persab Brebes. Dia terpilih melalui proses rapat antara pengurus pada Selasa (2/8/2022) malam. 

Dengan begitu dia turut melakoni pertandingan di Kompetisi Liga 3 tahun 2022 dan Liga Seoratin U17 2022. Dengan semangat yang begitu tinggi, Lord Rangga menyatakan siap bekerja maksimal untuk memajukan klub sepak bola kebanggaan masyarakat Brebes.

8. Lord Rangga meninggal dunia di usia 55 tahun

8. Lord Rangga meninggal dunia usia 55 tahun
Instagram.com/lordranggaofficial

Pada 7 Desember 2022 dikabarkan bahwa Lord Rangga meninggal dunia. Diinformasikan bahwa Rangga meninggal di Rumah Sakit Islam Mutiara Bunda Tanjung Brebes, sekitar pukul 05.30 WIB. 

Sebelum meninggal diketahui dia mengidap beberapa penyakit yakni paru-paru basah dan jantung. Sebelum meninggal, dirinya sempat mendapatkan perawatan dari rumah sakit pada Selasa malam.

Mendiang Rangga Sasana rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat. 

Itulah informasi seputar biodata dan profil Lord Rangga pemimpin Sunda Empire. Kini Lord Rangga telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta, semoga amal serta ibadahnya diterima oleh-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk