TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kasus Pertama! Anjing Tertular Cacar Monyet dari Pemiliknya

Anjing peliharaan dibiarkan tidur bersama pemilik yang terinfeksi cacar monyet

17 Agustus 2022

Kasus Pertama Anjing Tertular Cacar Monyet dari Pemiliknya
Freepik/user18526052

Muncul laporan adanya penularan virus cacar monyet dari manusia ke anjing peliharaan di Paris. Kasus tersebut diketahui dari The Lancet Medical Journal terkait kasus infeksi cacar monyet pertama pada anjing yang ditularkan melalui manusia. 

Anjing dengan ras greyhound Italia tersebut dikabarkan terinfeksi usai dibiarkan tidur bersama dengan pemiliknya yang terinfeksi cacar monyet. Kemudian anjing peliharaan tersebut mengalami lesi pada kulit dan selaput lendirnya, pastula di perutnya dan ulserasi dubur yang tipis.

Berikut Popmama.com sajikan informasi selengkapnya mengenai kasus pertama anjing tertular cacar monyet dari pemiliknya.

Yuk, simak beberapa fakta berikut ini!

1. Dibiarkan berada di tempat tidur yang sama dengan pasien terinfeksi

1. Dibiarkan berada tempat tidur sama pasien terinfeksi
Freepik

Pemilik anjing tersebut merupakan pasangan dengan hubungan 'kumpul kebo' yang terinfeksi cacar monyet. Salah satu laki-laki berusia 44 tahun dan pasangannya adalah laki-laki berusia 27 tahun. 

Pasangan tersebut mengaku membiarkan anjing peliharaannya tidur di tempat tidur yang sama dengan mereka. Namun sejak keduanya mengalami gejala cacar monyet, mereka sengaja mencegah anjing peliharaannya berhubungan dengan manusia lain.

Editors' Picks

2. Pemilik anjing terinfeksi cacar monyet pada bulan Juni 2022

2. Pemilik anjing terinfeksi cacar monyet bulan Juni 2022
freepik.com/freepik

Dua laki-laki pemilik anjing sudah menderita cacar monyet sejak terkonfirmasi pada bulan Juni 2022. Mereka datang ke rumah sakit Pitié-Salpêtrière di Paris, Prancis, pada 10 Juni lalu. Keduanya dinyatakan terinfeksi usai mengalami ulserasi dubur enam hari pasca berhubungan seks. 

Salah satu laki-laki mengalami ulserasi dubur dan ruam di wajah, telinga, dan kakinya. Sementara laki-laki yang merupakan pasangannya mengalami ruam hanya di kaki dan di punggungnya. 

Dalam kasus tersebut mereka juga mengalami gejala kelelahan, sakit kepala, dan demam empat hari setelah mengalami ruam. 

3. Muncul lesi mukokutan pada anjing peliharaan

3. Muncul lesi mukokutan anjing peliharaan
Pexels/Tima Miroshnichenko

Anjing peliharaan mereka yang tertular mulai menunjukkan gejala infeksi setelah 12 hari. Sebelumnya, anjing tersebut tak memiliki riwayat penyakit apa pun. 

Gejala yang ditimbulkan pada anjing meliputi lesi mukokutan, termasuk benjolan kecil berisi nanah di perut dan ulserasi anal tipis. Anjing tersebut menjalani tes dan dinyatakan positif terkena virus monkeypox.

4. Deretan hewan yang bisa tertular cacar monyet masih dalam proses pengkajian

4. Deretan hewan bisa tertular cacar monyet masih dalam proses pengkajian
Pexels.com/Helena Lopes

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) kini sedang mengkaji hewan apa saja yang bisa tertular virus cacar monyet. Hingga kini CDC menyantumkan 10 hewan dengan salah satu di antaranya ialah anjing. 

Belum bisa dipastikan apakah anjing yang terinfeksi bisa menularkan infeksi ke orang lain atau tidak, pastinya para masyarakat diharapkan untuk selalu waspada terkait penyebaran virus cacar monyet. 

Nah, itulah beberapa informasi terkait anjing yang terinfeksi cacar monyet dari pemiliknya. Selalu lindungi keluarga termasuk hewan peliharaan di rumah dari virus yang sedang merajalela ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk