Ini 5 Benda yang Bisa Jadi Media Penularan Penyakit, Waspada Ya Ma!

Mama pasti sering menggunakannya

21 September 2020

Ini 5 Benda Bisa Jadi Media Penularan Penyakit, Waspada Ya Ma
Shutterstock/little star

Virus merupakan makhluk mikroskopik yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Hal ini yang menyebabkan sebuah benda bisa saja sudah terpapar virus namun tetap terlihat bersih dan bebas dari debu. Saat pandemik, barang-barang yang kita gunakan sehari-hari nggak hanya harus bersih nih Ma, tetapi juga harus bebas dari virus.

Untuk itu, Mama harus tahu dulu nih, barang-barang apa saja yang perlu Mama berikan perlindungan ekstra biar keluarga lebih aman? Simak ulasannya berikut ini.

1. Alat pembayaran seperti uang kertas, koin, kartu debit, atau kartu kredit

1. Alat pembayaran seperti uang kertas, koin, kartu debit, atau kartu kredit
Shutterstock/Melimey

Selain jadi alat tukar, ternyata uang juga bisa menjadi media penularan penyakit lho Ma. Sebab, virus, bakteri, bahkan jamur bisa bertahan hidup cukup lama di permukaan uang. Bahkan, dilansir dari insider.com, virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 bisa hidup selama 72 jam di atas permukaan uang lho Ma. Buat Mama yang sudah terbiasa dengan pembayaran cashless, jangan merasa aman dulu, karena kartu debit atau kredit Mama juga bisa jadi salah satu media pertukaran virus. Makanya, sebaiknya Mama bersihkan uang, kartu debit, dan kartu kredit yang baru Mama gunakan dengan cairan disinfektan ya. 

Editors' Picks

2. Gadget

2. Gadget
Shutterstock/Odua Images

Gadget yang sering kita gunakan tanpa disadari juga bisa menjadi tempat bernaungnya kuman dan virus berbahaya. Apalagi jika Mama lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan gadget seperti handphone, tablet, headphone, laptop, dan sebagainya. Sebab, droplets mudah menempel di gadget yang sering Mama gunakan.

Jangan lengah ya Ma, karena gadget seperti handphone dan tablet juga sering digunakan oleh si Kecil untuk mengakses video-video edukasi di internet atau sekadar menonton video anak untuk hiburan selama harus di rumah saja. Jadi, pastikan Mama rutin membersihkan gadget yang sering digunakan juga ya.

3. Mainan anak

3. Mainan anak
Shutterstock/anek.soowannaphoon

Pada dasarnya, benda-benda yang tak rutin dibersihkan pasti akan menjadi rumah bagi virus, bakteri dan jamur termasuk perabotan atau mainan anak-anak. Nah, seringkali kita lupa nih Ma untuk menjaga kebersihan mainan anak. Padahal, anak sering memegang-megang mainan, terkadang juga memasukkan mainan ke mulut, dan lain sebagainya.

Waduh, bikin deg-degan nggak sih Ma? Apalagi anti-bodi anak juga belum terbentuk sempurna. Eits, solusinya bukan dengan melarang anak untuk bermain Ma, tapi dengan mengajarkan anak untuk rajin cuci tangan, tidak memasukkan mainan ke mulut, dan rutin membersihkan mainannya ya!

4. Gagang pintu

4. Gagang pintu
Shutterstock/Odua Images

Ini dia Ma yang harus diwaspadai, karena gagang pintu digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Coba ingat kembali, seberapa sering Mama memegang gagang pintu tapi belum sempat cuci tangan? Nah, maka dari itu, yuk lebih rutin membersihkan gagang pintu rumah, Ma! Sekalipun di rumah aja, bukan berarti kita lengah dengan bahaya virus COVID-19, terlebih bila Mama atau Ayah sudah menjalani kehidupan new normal di luar. Untuk hasil yang lebih maksimal, Popmama sarankan Mama coba pakai WIZ 24 Disinfectant deh!

Soalnya, WIZ 24 Disinfectant hadir dengan formula khusus yang dapat membunuh virus, bakteri, dan jamur. WIZ 24 Disinfectant juga bisa memberikan perlindungan 24 jam non-stop lho, Ma! Nah, WIZ 24 Disinfectant ini juga hadir dalam dua jenis, yaitu WIZ 24 Disinfecting Spray & Clean dan WIZ 24 Disinfectant Spray Surface & Air. Kira-kira apa bedanya ya?

WIZ 24 Disinfecting Spray & Clean merupakan disinfektan pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan patented technology ACTIGUARD™. Teknologi ACTIGUARD™  ini membuat WIZ 24 Disinfecting Spray & Clean sebagai disinfektan spray pertama yang bisa memberikan perlindungan 24 jam dari virus, bakteri, dan jamur pada permukaan benda meski telah berkali-kali disentuh. WIZ 24 Disinfecting Spray & Clean ini cocok digunakan untuk permukaan benda-benda keras seperti gagang pintu, meja, kursi, pegangan tangga, dan lain sebagainya.

Nah, kalau WIZ 24 Disinfectant Spray Surface & Air ini dilengkapi dengan patented technology PROGUARD™ yang efektif membunuh virus, bakteri, dan jamur di semua permukaan, baik benda-benda berpermukaan keras maupun halus, dan juga membersihkan udara di dalam ruangan. Makanya, WIZ 24 Disinfectant Spray Surface & Air ini juga bisa digunakan untuk membersihkan perangkat elektronik seperti laptop, handphone, remote, serta benda-benda lain yang ada di rumah seperti sofa, kasur, bantal, karpet, dan lain sebagainya.

Jadi, yuk jaga kebersihan barang-barang dan udara di rumah dengan menggunakan WIZ 24 Disinfectant, Ma! Buat Mama yang mau punya WIZ 24 Disinfectant juga di rumah, Mama bisa mendapatkannya di Wings Official Store yang tersedia di Shopee, Tokopedia dan Blibli. Untuk info selengkapnya Mama bisa langsung kunjungi Facebook dan Instagram WIZ 24 Disinfectant di @WIZ24Disinfectant atau langsung klik di sini ya, Ma!

5. Sepatu atau sandal yang anggota keluarga gunakan

5. Sepatu atau sandal anggota keluarga gunakan
Shutterstock/kitzcorner

Sepatu dan sandal yang Mama gunakan sebisa mungkin nggak sampai masuk ke dalam rumah ya Ma. Kalau memang harus masuk, sebaiknya Mama semprotkan cairan disinfektan seperti WIZ 24 Disinfectant secara menyeluruh supaya semua bakteri dan virus yang menempel bisa mati dan tak menempel di lantai rumah. Untuk lebih amannya lagi, Mama juga bisa menyimpan sepatu atau sendal ini di kantong plastik tersendiri. 

Itu dia Ma barang-barang yang butuh perlindungan ekstra. Untuk menjaga kesehatan keluarga, yuk lebih peduli dengan kebersihan barang-barang yang sering digunakan Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.