5 Bagian di Rumah Ini Sebaiknya Rutin Dibersihkan Dengan Desinfektan

Kasat mata sih bersih, tapi ini sumber kuman dan virus

15 Mei 2020

5 Bagian Rumah Ini Sebaik Rutin Dibersihkan Desinfektan
Shutterstock/Elizaveta Galitckaia

Penggunaan desinfektan belakangan viral di media sosial. Bahkan muncul beberapa tutorial
membuat desinfektan sendiri di rumah. Hal ini dilakukan demi melindungi keluarga dari virus
yang berbahaya bagi kesehatan. Lalu kalau sudah membuat desinfektan, kira-kira bagian mana saja ya yang perlu disemprot? Cek di bawah ini yuk Ma!

1. Gagang pintu

1. Gagang pintu
Shutterstock/VIKTORIUS-73

Salah satu bagian dari rumah yang sering disentuh oleh keluarga adalah bagian gagang pintu. Baik itu gagang pintu kamar utama, toilet atau bahkan gagang pintu rumah. Mama bisa banget membersihkan gagang pintu setiap hari. Tak lupa rutin semprotkan desinfektan untuk menjamin kebersihan area gagang pintu.

2. Saklar lampu

2. Saklar lampu
Shutterstock/Lion Day

Bagian dari rumah lainnya yang harus rutin Mama bersihkan untuk terhindar dari virus adalah saklar lampu. Bagian ini cukup sering disentuh oleh tangan setelah beraktivitas di luar rumah. Ada baiknya Mama rajin menyemprotkan desinfektan namun harus hati-hati ya Ma. Sedikit saja, dan jangan sampai airnya masuk ke dalam saklar.

Editors' Picks

3. Sudut ruangan

3. Sudut ruangan
Shutterstock/WorldWide

Nggak jarang, bakteri dan virus bersembunyi di sudut ruangan. Itu sebabnya menyemprot sudut ruangan dengan desinfektan penting Mama lakukan secara rutin. Jika Mama bingung mencari desinfektan dimana, Mama bisa membuatnya sendiri di rumah. Yang dibutuhkan hanya pembersih Wipol dan botol spray. Cara buatnya? Mudah, cukup larutkan 10 sendok makan Wipol dengan 1 liter air, agar lebih praktis tuangkan ke dalam botol spray.

5 Bagian Rumah Ini Sebaik Rutin Dibersihkan Desinfektan
Popmama.com/Wipol

Apakah bisa menggunakan segala jenis varian Wipol? Tentu saja bisa Ma. Nah untuk hasil maksimal Mama bisa gunakan varian Wipol Jeruk & Sereh, Wipol Lavender, atau Wipol Karbol Lemon. Yuk dicoba di rumah Ma, untuk info lengkapnya bisa klik di sini

4. Keran air

4. Keran air
Shutterstock/Africa Studio

Berada dekat dengan air tak menjamin, keran air di rumah bersih dari kuman dan bakteri Ma. Itu sebabnya penting banget membersihkan dan rutin menyemprotkan desinfektan yang terbuat dari Wipol pada keran air di rumah. Mama bisa semprot ke keran air atau permukaan yang sering dipegang lainnya. Lalu diamkan selama 5 menit, kemudian lap hingga kering untuk hasil terbaik.

5. Meja atau bagian yang sering disentuh si Kecil

5. Meja atau bagian sering disentuh si Kecil
Shutterstock/Stock-Asso

Kemudian, yang terakhir adalah meja atau bagian yang sering disentuh oleh keluarga terutama si Kecil. Sama seperti tahapan di atas, semprot pada bagian yang sering dipegang, diamkan selama lima menit, lalu lap hingga kering. Namun apakah aman digunakan jika ada anak di rumah?

Tips di atas tepat, mudah dan praktis untuk digunakan atau dicoba di rumah. Pastikan permukaan yang disemprot cairan desinfektan dilap hingga kering sebelum disentuh ya Ma. Jangan lupa, jauhkan cairan desinfektan dari jangkauan anak-anak. Pastikan Mama juga sudah membaca petunjuk keamanan dan pemakaian pada kemasan produk Wipol.

Bersih-bersih dari sekarang yuk sebelum terlambat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.