Lama di Rumah Anak Menjadi Introvert, Ini 5 Pola Asuh yang Disarankan

Normal baru, cara mengajarkan si Kecil juga baru nih, Ma

1 September 2020

Lama Rumah Anak Menjadi Introvert, Ini 5 Pola Asuh Disarankan
Shutterstock/Mizkit

Physical distancing memang bukan suatu hal yang mudah untuk siapapun termasuk untuk Mama dan si Kecil. Situasi ini nggak hanya berarti jaga jarak tetapi juga meminimalisir setiap aktivitas di luar rumah termasuk aktivitas sekolah si Kecil atau rekreasi untuk keluarga. Perubahan secepat ini juga dapat mempengaruhi si Kecil terutama mengenai bagaimana ia lebih nyaman dalam berinteraksi pada hal-hal yang ada di sekitarnya. 

Hal ini jadi tantangan sendiri karena si Kecil jadi kurang bersosialisasi dengan dunia luar, Ma. Akibatnya, bukan hanya kebosanan yang mengintai si Kecil, tetapi juga kemampuan si Kecil dalam bersosialisasi. Kira-kira apa yang bisa Mama lakukan? Simak ulasannya berikut ini.

1.  Beri kepercayaan untuk melatih tanggung jawab

1.  Beri kepercayaan melatih tanggung jawab
Shutterstock/Witthaya_P

Kepercayaan erat kaitannya dalam melatih anak-anak untuk punya sifat yang bertanggung jawab. Nggak perlu ribet Ma, mama bisa melatih si Kecil dengan hal-hal yang ada di sekitarnya termasuk saat hanya di rumah. Misalnya, Mama bisa memberikannya si Kecil tanggung jawab untuk selalu merapikan mainannya sendiri setelah ia bermain. Dengan aktivitas sederhana, ia akan lebih percaya diri untuk mengambil peran penting di masa depannya.

2. Ajak si Kecil untuk berkomunikasi dengan teman-temannya melalui video call

2. Ajak si Kecil berkomunikasi teman-teman melalui video call
Shutterstock/Pond Saksit

Di rumah saja memang secara langsung membatasi jarak dan waktu anak-anak dengan dunianya, baik itu dengan teman-teman di lingkungannya atau di sekolahnya. Nah, kali ini Mama harus jadi orangtua yang adaptif nih dengan menyediakan fasilitas agar si Kecil bisa tetap berinteraksi secara maksimal dengan teman-temannya misalnya dengan melakukan video call dengan teman-temannya. Asalkan tetap dalam pengawasan Mama, aktivitas ini aman kok!

Editors' Picks

3. Mendorongnya untuk berani mengeksplor hal-hal yang ada di rumah

3. Mendorong berani mengeksplor hal-hal ada rumah
Shutterstock/jenson

Situasi seperti sekarang ini memang menuntut Mama untuk lebih peka dengan hal-hal yang ada di sekitar terutama yang ada di rumah. Coba deh ajak si Kecil buat eksplor beberapa barang yang ada di rumah. Ini bisa jadi kesempatan buat Mama dan si Kecil yang selalu sibuk dengan kegiatan di luar rumah lho sebelum masa pandemik. Mama bisa mengajaknya bercerita, menjadikannya alat untuk bermain. Di sini kepekaan dan kreativitas Mama sangat dibutuhkan.

4. Belajar berbagai jenis ekspresi dimulai dengan senyuman

4. Belajar berbagai jenis ekspresi dimulai senyuman
Shutterstock/worawit_i

Walau emosi sudah ada dalam diri si Kecil sejak ia lahir, nggak bisa dipungkiri, Mama masih perlu melatihnya untuk mengenal setiap emosi yang ia miliki. Mama bisa mulai dengan mengenalkannya pada emosi senang atau bahagia yang bisa ia ekspresikan dengan lewat senyuman. Nggak hanya dengan diberitahu, kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat Mama dan si Kecil tersenyum juga bisa menjadi sarana tersendiri untuk si Kecil belajar ekspresi lho. 

Mama bisa mulai dengan melakukan kegiatan favorit si Kecil, nggak hanya bisa bikin dia happy, ini juga bisa menghindarkannya dari kebosanan selama harus di rumah aja lho. Oh iya, coba deh ajak si Kecil berkreasi dengan kemasan produk Pepsodent, apalagi dengan adanya Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih, dengan kemasan yang unik dan bertema keberagaman suku dan budaya Indonesia, Bersatu untuk #MerdekakanSenyum Indonesia, pasti Mama jadi semakin tertantang nih buat bikin sesuatu dengan si Kecil. 

Lama Rumah Anak Menjadi Introvert, Ini 5 Pola Asuh Disarankan
Pepsodent.com

Nggak hanya itu, sebagai komitmen dari Pepsodent untuk terus memberikan senyum terbaik untuk Indonesia, Pepsodent juga selalu hadir dengan formula terbaiknya yaitu kalsium, fluoride dan zinc yang siap lawan lapisan bakteri dan memerdekakan gigi keluarga dari gigi berlubang. 

Selain itu, Mama juga secara langsung menggunakan kemasan bijak plastik karena Pepsodent adalah kemasan pasta gigi pertama yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan 100% dapat di daur ulang di Indonesia. Masih ada lagi, dengan menggunakan Pepsodent Edisi Spesial Merah Putih, Mama juga sekaligus berbagi kebahagiaan dengan sesama lewat donasi. Untuk info selengkapnya langsung klik di sini.

5. Bikin pertunjukan seni di rumah sama keluarga juga seru

5. Bikin pertunjukan seni rumah sama keluarga juga seru
Shutterstock/Paulaphoto

Terakhir, coba deh Ma bikin pertunjukan mini di rumah. Audiens-nya bisa dari orang-oraang di rumah seperti Mama, Papa atau si Kakak, bisa juga ajak kakek dan nenek untuk menonton pertunjukan si Kecil. Hitung-hitung sebagai pelepas rindu selama physical distancing lho. Persiapannya juga sederhana, Mama bisa ajak si Kecil bernyanyi, menari atau bercerita di pertunjukan itu. Kegiatan ini nggak hanya bisa bikin dia happy tetapi juga meningkatkan rasa percaya dirinya untuk lebih terbuka ke orang-orang yang ada di sekitarnya. Coba yuk, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.