TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Mengelola Uang Bulanan Biar Akhir Bulan Tetap Aman

Agar akhir bulan tetap aman, uang bulanan harus dikelola dengan sebaik mungkin

11 Agustus 2022

7 Tips Mengelola Uang Bulanan Biar Akhir Bulan Tetap Aman
Pexels/karolinagrabowska

Bagi ibu rumah tangga, pengeluaran rumah seolah tidak ada habisnya. Walau begitu, Mama dituntut untuk mengatur keuangan sebaik mungkin agar tidak terjadi pemborosan. Dengan pengelolaan uang yang baik, Mama tidak perlu khawatir uang menipis di akhir bulan.

Kunci utama mengelola uang dengan baik, yakni keinginan tidak lebih banyak dari kebutuhan. Mama harus cermat dalam menentukan kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai keinginan yang terlalu banyak membuat pengeluaran jadi tak terbendung.

Pada dasarnya mengelola keuangan agar tidak boros bukanlah hal yang sulit. Mama hanya perlu mengontrol pengeluaran agar tidak mudah tergoda dengan hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Agar uang bulanan dapat dikelola dengan baik, berikut Popmama.com berikan 7 tips mengelola uang bulanan biar akhir bulan tetap aman. Yuk, disimak!

1. Menentukan skala prioritas

1. Menentukan skala prioritas
Pexels/annashvets

Tips utama dalam mengatur keuangan yang baik, harus bisa menentukan skala prioritas. Terkadang keinginan dan kebutuhan perbedaannya sangat tipis. Oleh karena itu, Mama harus benar-benar bijak dalam menentukan barang-barang yang dibutuhkan.

Cara yang paling sederhana, Mama dapat membuat sebuah catatan kecil berisi tabel kebutuhan dan tabel keinginan. Tulislah barang-barang sesuai kolomnya. Jika barang-barang tersebut benar dibutuhkan, tulis alasannya juga.

Menentukan skala prioritas dapat menekan angka pengeluaran cukup signifikan. Dengan skala prioritas, Mama juga dapat terhindar dari kebiasaan boros. 

2. Pilih tempat belanja termurah dengan barang yang berkualitas

2. Pilih tempat belanja termurah barang berkualitas
Pexels/magdaehlers

Salah satu andalan ibu rumah tangga untuk berhemat, yakni membeli barang-barang dengan harga yang murah. Hal ini dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk menekan angka pengeluaran.

Namun Mama harus pintar dalam memilih barang, jangan sampai tergiur dengan barang murah namun kualitasnya jelek. Salah satu rekomendasi tempat belanja murah dan berkualitas, yakni di MR. DIY.

MR. DIY merupakan toko ritel peralatan rumah tangga terbesar dan terlengkap di Indonesia. Sesuai taglinenya, yakni always low price MR. DIY berkomitmen untuk memprioritaskan konsumen melalui inovasi demi menghadirkan ragam produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Pada Rabu (10/08/22), MR. DIY meresmikan pembukaan tokonya yang ke 400 di Indonesia. MR. DIY tersebar dari Sabang sampai Merauke, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Editors' Picks

3. Ambil uang cash secukupnya

3. Ambil uang cash secukupnya
Pexels/karolinagrabowska

Uang cash memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, namun ambil seperlunya saja. Mengambil uang cash yang terlalu banyak, akan memudahkan Mama untuk membeli banyak barang.

Dengan mengurangi penggunaan uang cash, Mama dapat menekan pengeluaran belanja. Hal ini terjadi karena tidak semua barang dapat dibeli dengan cara nontunai atau uang digital. Jadi, ambil secukupnya saja ya, Ma!

4. Catat kebutuhan mingguan

4. Catat kebutuhan mingguan
Pexels/suzyhazelwood

Setelah menentukan skala prioritas, Mama juga perlu mencatat barang-barang yang dibutuhkan selama satu minggu.

Mencatat barang-barang yang hanya dibutuhkan dapat menghindari diri dari perilaku boros karena terlalu banyak membeli barang yang sebenarnya tidak perlu.

Mencatat kebutuhan mingguan dalam sebuah kertas dapat bermanfaat saat mama belanja, sehingga Mama tidak perlu mengingat-ingat barang apa yang sedang dibutuhkan karena semuanya sudah tertulis.

5. Manfaatkan promo dan diskon

5. Manfaatkan promo diskon
Pexels/karolinagrabowska

Saat ini banyak tempat belanja yang memberikan pelanggannya diskon dan promo besar-besaran. Jika Mama mengetahui hal tersebut, jangan sungkan untuk ikut serta berburu barang-barang promonya.

Walau promo, Mama tetap harus cermat saat melihat total harga barangnya. Sebab terkadang ada beberapa barang yang tertulis promo, padahal sebelumnya harga sudah dinaikan dua kali lipat. Oleh karena itu, ketahui dulu harga asli barang yang akan dibeli.

6. Belanja secara online

6. Belanja secara online
Pexels/andreapiacquadio

Belanja kebutuhan secara online juga dapat membantu Mama terhindar dari kebiasaan belanja di luar kebutuhan.

Sebab dengan berbelanja online Mama hanya mencari barang-barang yang ingin dibeli, tanpa melihat barang-barang lain yang tidak berhubungan dengan barang yang dibutuhkan. 

Selain cepat dan efisien, belanja online juga dapat menekan angka pengeluaran untuk transport pergi ke tempat belanja.

7. Hindari bepergian yang kurang penting

7. Hindari bepergian kurang penting
Pexels/andreapiacquadio

Selain menghentikan kebiasaan membeli barang yang kurang dibutuhkan, menghindari bepergian yang kurang penting juga perlu untuk dilakukan.

Dalam sebulan jenis pengeluaran ada bermacam-macam. Selain makan, salah satu yang kerap menjadi pengeluaran terbesar adalah ongkos atau uang transport.

Dengan mengurangi bepergian yang kurang penting, budget untuk transportasi dapat disisihkan untuk hal lain yang sifatnya lebih mendesak.

Itu dia 7 tips mengelola uang biar akhir bulan tetap aman. Daripada digunakan untuk hal yang kurang penting, sisa uang bulanan lebih baik ditabung untuk dana darurat apabila suatu saat diperlukan.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk