6 Alasan Baik Kenapa Kamu Perlu Olahraga setelah Subuh

Ada banyak kebaikan saat olahraga sebelum matahari terbit

24 Juni 2021

6 Alasan Baik Kenapa Kamu Perlu Olahraga setelah Subuh
Freepik/lookstudio

Olahraga adalah salah satu kebutuhan dasar seseorang untuk tetap sehat. Sedangkan waktunya bisa bervariasi, mulai dari pagi hari sampai malam hari.

Seringnya, pagi hari jadi pilihan banyak orang untuk berolahraga. Itu pun beragam, ada yang berolahraga setelah waktu sarapan, ada juga yang di sela waktu bekerja WFH. 

Untuk kamu yang memilih berolahraga pagi sekali setelah subuh, sebelum matahari terbit, ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa didapat. 

Dirangkum Popmama.com dari NBC News, inilah manfaat olahraga setelah subuh. 

1. Lebih banyak membakar lemak

1. Lebih banyak membakar lemak
freepik/artem-ermilov

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, ditemukan bahwa oksidasi lemak bisa terjadi lebih tinggi saat kamu olahraga sebelum mengonsumsi sarapan. 

Hal ini membuat tubuh menganggap sedang dalam mode puasa sehingga lebih banyak molekul lemak yang pecah. Efeknya, berat badan lebih mudah turun. 

2. Bisa lebih aman

2. Bisa lebih aman
Pexels/Andrea Piacquadio

Di masa seperti ini, yang paling aman adalah olahraga saat tidak ada orang.

Nah, mengingat banyak yang olahraga setelah matahari terbit, maka kamu bisa memulainya lebih dulu dan memulai setelah subuh. 

Semakin pagi maka semakin baik!

Editors' Picks

3. Menghirup udara yang lebih sehat

3. Menghirup udara lebih sehat
Freepik/teksomolika

Banyak orang memilih olahraga di pagi hari sekali karena ingin menghirup udara yang lebih segar. Sebelum banyak mobil dan motor yang wara-wiri untuk pergi bekerja, sebaiknya kamu hirup udara sebanyak-banyaknya. 

4. Bisa melihat dan mendengar suara alam lebih banyak

4. Bisa melihat mendengar suara alam lebih banyak
Pixababay/272447

Burung sudah bangun di pagi hari setelah subuh, begitu juga banyak hewan lainnya. Sembari berolahraga, kamu bisa mendengar suara alam yang begitu indah dan itu membantu menenangkan pikiran. 

Selain itu, memandangi bagaimana langit berubah warna saat matahari terbit bisa sangat memanjakan mata. Hal seperti ini tak bisa kamu dapatkan jika berolahraga saat sudah terang. 

5. Waktu terbaik jika Mama punya buah hati

5. Waktu terbaik jika Mama pu buah hati
Pexels/Andrea Piacquadio

Sebagai ibu, rasanya sulit sekali menemukan waktu yang cocok untuk sekadar berolahraga ringan. Nah, seorang pelatih psikolog di lab latihan New York University, Heather Milton mengatakan bahwa waktu terbaik melakukan olahraga adalah saat subuh. 

Menurut Heather, pagi hari saat mereka belum bangun adalah waktu terbaik melakukan sesuatu untuk dirimu sendiri, termasuk berolahraga. Setelah melewati satu sesi olahraga, badan dan pikiran pun jadi lebih siap menghadapi hari. 

6. Jadi kebiasaan baik

6. Jadi kebiasaan baik
Freepik/user18526052

Tantangan olahraga pagi sekali adalah waktu bangun. Namun setelah menemukan ritme yang tepat, kamu bisa menjadikan ini sebagai satu kebiasaan baru yang baik. 

Di mana, tubuh akan aktif karena mengingat bahwa bangun tidur diasosiasikan dengan olahraga. Badan kamu sudah siap menghadapi olahraga ringan setelah tidur. 

Menurut European Journal of Social Psychology, untuk membuat suatu hal jadi kebiasaan, dibutuhkan 2 bulan atau 66 hari rutinitas yang dilakukan berulang. 

Jadi, mau mulai olahraga setelah subuh nih mulai besok?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.