5 Alasan Memberi Hadiah untuk Diri Sendiri saat Ulang Tahun

Karena, kenapa tidak?

20 April 2021

5 Alasan Memberi Hadiah Diri Sendiri saat Ulang Tahun
Freepik

Apakah ulang tahun Mama sudah di depan mata? Saatnya menyiapkan hadiah untuk diri sendiri.

Selama ini mungkin Mama terlalu sibuk menyiapkan hadiah untuk keluarga dan teman terdekat. Namun pernahkah kamu sesekali berpikir untuk memberikan hadiah pada diri sendiri? 

Ternyata, memberikan hadiah pada diri sendiri adalah salah satu bentuk self love. Salah satu waktu yang tepat adalah ketika kamu ulang tahun. 

Berikut Popmama.com ulas alasan kenapa perlu memberikan hadiah untuk diri sendiri saat ulang tahun. 

1. Sebagai bentuk menyayangi diri sendiri 

1. Sebagai bentuk menyayangi diri sendiri 
Pexels/Andrea Piacquadio

Semakin bertambah umur, banyak juga yang berusaha menutupi usia asli. Ada yang merasa insecure, ada juga yang tidak mau dianggap tua. 

Memberikan hadiah pada diri sendiri saat ulang tahun menjadi salah satu tanda bahwa kamu menyayangi diri sendiri. Meski bertambah umur, ada beberapa hal dari fisik dan mental yang sudah berubah, kamu tetap menerimanya dengan sepenuh hati. 

Dengan begitu, kamu bisa menerima semua kekurangan yang ada di diri dan berdamai dengannya. Pada akhirnya, kamu bisa melangkah maju dengan lebih ringan dan bahagia. 

2. Karena kebahagiaan bisa diciptakan oleh kamu

2. Karena kebahagiaan bisa diciptakan oleh kamu
Freepik/marymarkevich

Kenapa harus menunggu hadiah dari orang lain kalau kamu bisa membelinya sendiri? Lagipula, belum tentu mereka akan memberikan sesuatu yang benar-benar kamu inginkan. 

Daripada menanti, tak ada salahnya membeli hadiah sendiri. Ini adalah bentuk bahwa kebahagiaan bisa kamu ciptakan sendiri. 

Sisihkan uang untuk membeli atau menikmati sesuatu yang sudah kamu inginkan selama ini. Kebahagiaanmu akan datang dengan sendirinya tanpa harus kamu tunggu lagi. 

Editors' Picks

3. Sebagai bentuk ungkapan terima kasih 

3. Sebagai bentuk ungkapan terima kasih 
Freepik/nakaridore

Kala setiap hari kamu berusaha keras untuk menjalani hari dengan maksimal, kini saatnya mengucapkan terima kasih pada diri sendiri. 

Hadiah ini adalah ungkapan terima kasih pada diri karena tidak menyerah, karena terus berjuang, dan bertahan di keadaan tersulit, serta tetap maju apapun yang terjadi. 

Diri kamu perlu diapresiasi, dan memberikan diri hadiah ulang tahun adalah salah satu bentuknya. 

4. Bahwa kamu boleh menikmati hasil kerja kerasmu

4. Bahwa kamu boleh menikmati hasil kerja kerasmu
Freepik/nakaridore

Mama yang bekerja, pasti jarang memikirkan diri sendiri. Jika ada uang lebih, kamu akan menempatkannya untuk anak atau untuk bersama. 

Ma, kamu boleh kok menikmati hasil kerja kerasmu selama ini. Menikmati seharian di spa, liburan sebentar, atau membeli barang favorit bukanlah tanda kamu egois. 

Ini adalah tanda untuk menghargai diri atas kerja keras yang telah dilakukan selama ini. Sehingga, kamu bisa lebih siap menghadapi hari esok. 

5. Sebagai tambahan semangat

5. Sebagai tambahan semangat
Freepik/cookie_studio

Memberikan diri sendiri hadiah juga menjadi tambahan semangat Mama. Dengan memenuhi kebahagiaan sendiri, kamu pun lebih siap menghadapi tantangan selanjutnya. 

Terlebih jika kamu merasa mudah emosi dan sejenisnya, ini adalah tanda waktunya kamu harus rehat dan mendapat asupan kebahagiaan lagi.

Mama yang bahagia adalah kunci keluarga yang bahagia. 

6. Jenis hadiah untuk diri sendiri yang bisa jadi pilihan

6. Jenis hadiah diri sendiri bisa jadi pilihan
Dragana_Gordic / Freepik

Lalu, apa saja jenis hadiah yang bisa kamu berikan untuk diri sendiri? Apapun yang membuatmu bahagia, senang, dan hatimu berdegup saat memikirkan apalagi melihatnya. 

Itu bisa saja perjalanan sendiri ke kota favorit, menghabiskan waktu memanjakan diri di salon, membeli merchandise idola, atau membeli barang yang selama ini terlalu lama ada di keranjang situs belanja online. 

Apapun itu, kamu berhak memilikinya, Ma. 

Itulah beberapa alasan kenapa kamu perlu memberi hadiah pada diri sendiri saat ulang tahun. Sambut umur yang baru dengan kebahagiaan yang penuh. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.