Papa Bisa Lebih Awet Muda Dibanding Mama, Kenapa Begitu?

Sebuah penelitian mengatakan bahwa para Papa bisa lebih awet muda dibanding Mama

18 Februari 2019

Papa Bisa Lebih Awet Muda Dibanding Mama, Kenapa Begitu
Freepik
Mama pasti ingin awet muda. Siapa pula yang tidak mau. Tapi nyatanya, sebuah penelitian memberikan fakta yang mungkin membuat Mama kecewa. Karena Papa yang sayang keluarga bisa terlihat lebih muda dibanding Mama. 
Sebuah penelitian dari University of California Riverside and Sewaane, Amerika Serikat meneliti menggunakan meta analisis di 3 sektor kepada 18.000 orang, yaitu para Papa dan Mama. Penelitian ini memperhatikan aspek kebahagiaan, kestabilan, kepuasan diri, stress dan depresi. 
Dari sana terlihat fakta bahwa Papa yang sayang keluarga bisa terlihat lebih muda dibanding Mama yang juga sayang keluarga. 
Yuk kita cari tahu kenapa bisa begitu dari penjelasan Popmama.com berikut ini Ma. 

1. Papa lebih senang bermain bersama anak

1. Papa lebih senang bermain bersama anak
Freepik
Salah satu hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa para Papa lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak dengan bermain. Sehingga momen yang tercipta adalah momen membahagiakan. 
Hal ini diaminkan oleh salah satu penelitinya yaitu Katherine Nelson-Coffey. Menurutnya, para Papa lebih sering menghabiskan waktu menyenangkan saat bersama anak-anaknya. 

2. Papa tidak setiap saat menghabiskan waktu bersama anak

2. Papa tidak setiap saat menghabiskan waktu bersama anak
Freepik
Kebahagiaan ini berasal waktu yang telah dilesati tanpa kehadiran anak. Tentunya para Papa harus menghabiskan waktu di luar untuk bekerja. Maka dari itu, saat memiliki waktu bersama anak, mereka akan bahagia. 
Dari rasa bahagia inilah, aspek positif lainnya muncul. Sehingga, salah satunya, membuat para Papa terlihat awet muda.
Baca juga:

3. Mama sibuk mengurus hal lain

3. Mama sibuk mengurus hal lain
Freepik
Kenapa Mama tidak bisa terlihat lebih muda dibanding Papa? Karena Mama sibuk mengurus hal lain yang berpotensi membuat stress. 
Contohnya saja, saat anak mogok makan, sudah tentu Mama yang stress. Juga saat anak berulah di sekolah, Mama juga yang bingung bagaimana harjs menghadapinya. 

Editors' Picks

4. Tanggung jawab Mama lebih besar

4. Tanggung jawab Mama lebih besar
Freepik
Setiap Mama pasti mau yang terbaik untuk anaknya. Oleh karena itulah para Mama mengemban tanggung jawab yang lebih besar. Padahal tanggung jawab itu seharusnya dibagi sama rata bersama Papa. Tapi entah mengapa, rasanya harus Mama semua yang menanggung. 
Mama harus meyakinkan kalau anak-anak bisa mandiri, memiliki sopan santun dan budi pekerti yang baik. Jikalau ada yang tidak berjalan sesuai keinginan, sudah tentu Mama pusing sendiri.
Sedangkan para Papa lebih fokus bagaimana caranya menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama anak-anak. Tidak heran kan kenapa Mama bisa terlihat lebih tua dibanding Papa? 

5. Hal yang tidak mengagetkan bagi para Mama

5. Hal tidak mengagetkan bagi para Mama
Freepik
Penelitian ini memang agak mengecewakan namun tidak mengagetkan bagi para Mama. Karena memang Mama lah yang bertugas memenuhi kebutuhan keluarga. Sehingga mereka terlihat lebih stress dan tampak lebih tua. 
Meskipun para Papa membantu pekerjaan rumah tangga. Tetap Mama yang harus mengingatkan kembali pembagian tugas tersebut. Jadi hal ini sudah tak bisa dielakkan lagi. 

6. Lebih sering bermain bersama anak dan Mama bisa sedikit lebih awet muda

6. Lebih sering bermain bersama anak Mama bisa sedikit lebih awet muda
Freepik
Jangan terpaut dengan tugas yang tak ada habisnya. Mama juga bisa mulai lebih banyak bermain bersama anak-anak. Lebih banyak menghabiskan waktu dengan banyak canda dan tawa. 
Jadi, jangan mau kalah awet muda ya Ma dibanding Papa! 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!