5 Alasan Pentingnya Tidur Cukup untuk Mama

Bukan hanya untuk diri sendiri, tidur yang cukup juga demi kebaikan keluarga lho

26 Oktober 2020

5 Alasan Penting Tidur Cukup Mama
Freepik/nensuria

Sebagai Mama, rasanya sudah biasa jika kurang tidur. Nyatanya, kurang tidur tidak selamanya baik. Inilah alasan pentingnya Mama harus punya waktu cukup untuk tidur. 

Tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk kesehatan, tak hanya bagi anak-anak tapi juga orang dewasa. Mereka yang kurang tidur bisa membayakan diri sendiri dan orang lain. 

Saat kurang tidur, kesehatan dan kejernihan pikiran pun terganggu. Tak heran jika Mama kurang tidur, akan lebih mudah emosi pada anak-anak.

Bahkan banyak juga orang yang menyetir dalam keadaan mengantuk dan lelah, berujung pada kecelakaan. Tak mau kan membahayakan nyawa keluarga?

Untuk itu, penting sekali mengetahui alasan penting mengapa Mama harus punya waktu tidur yang cukup. Popmama.com memberikan alasan kenapa Mama harus punya waktu tidur yang cukup. 

1. Meningkatkan sistem kerja otak

1. Meningkatkan sistem kerja otak
Freepik

Otak akan kelelahan jika pemiliknya sulit mendapat tidur yang cukup. 

Jika Mama sudah sering lupa, suka linglung, dan sering bengong, mungkin saatnya untuk beristirahat sejenak. Otak yang sudah kelelahan akan sulit diajak bekerja sama. 

Sedangkan jika Mama cukup tidur, maka fungsi otak pun akan meningkat. Fokus dan ingatan makin tajam. Makin banyak hal yang bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat.  

Editors' Picks

2. Menjaga suasana hati tetap baik

2. Menjaga suasana hati tetap baik
Freepik

Suasana hati yang baik sangatlah penting saat menghadapi anak-anak. Banyak sekali keadaan di mana Mama harus menjaga emosi agar tetap tenang di depan anak-anak. 

Mama bisa mendapatkan suasana hati yang baik seharian ini dengan cara mudah, yaitu tidur yang cukup. Tak perlu minum kopi di pagi hari, atau mencicip makanan enak saat pagi hari dan suasana hati sudah buruk. 

Jika tidur nyenyak dalam waktu yang cukup, kamu bisa bangun dengan bersemangat dan siap menjalani hari dengan senyuman terpajang di wajah. 

3. Membuat Mama lebih bersemangat

3. Membuat Mama lebih bersemangat
Freepik/user18526052

Istirahat yang cukup membuat tubuh lebih siap bekerja dengan maksimal. Betapa banyak hari-hari yang terlewatkan dengan sangat lelah dan berat hanya karena Mama kekurangan waktu tidur. 

Saat kurang tidur, ingin melakukan banyak hal pun sekadar wacana. Rasanya ingin duduk dan malas-malasan saja. Kalaupun tidur, sebentar, efek semangatnya hanya akan sebentar saja. 

Jika Mama merasa sedang banyak kegiatan yang harus diselesaikan, maka mulai dengan tidur yang lebih awal dan bangun dengan lebih semangat. 

4. Menjaga berat badan tetap ideal

4. Menjaga berat badan tetap ideal
Freepik/benzoix

Kurangnya tidur juga berpengaruh pada berat badan Mama. Saat kurang tidur, Mama cenderung mencari cara lain untuk tetap terjaga. 

Salah satunya adalah dengan minum kopi. Akan berpengaruh pada berat badan jika kopi yang dikonsumsi ditambahkan dengan gula, krimer, apalagi boba. 

Selain kopi, akan ada juga sesi makan manis atau makan enak demi menjaga mood seharian. 

Bayangkan jika kamu punya waktu cukup untuk tidur, tentu tak butuh itu semua. 

Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan seseorang malas bergerak dan membuat lemak tubuh makin menumpuk. 

5. Meningkatkan imun tubuh

5. Meningkatkan imun tubuh
freepik/tirachardz

Terakhir, tidur yang cukup juga berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Saat mendapat istirahat yang cukup, sistem kerja jantung lebih maksimal, mengurangi penyumbatan pembuluh darah, dan bisa meningkatkan imun tubuh. 

Setelah beristirahat dengan berkualitas, banyak sel tubuh yang regenerasi dan menjaga sistem kerja tubuh dengan lebih baik. Sedangkan saat kurang tidur, maka tubuh akan lebih lelah dan penyakit mudah menyerang. 

Dengan semudah memejamkan mata, Mama bisa mendapat banyak manfaatnya. Jangan tunda lagi, segera tidur di waktu yang lebih awal demi hari esok yang lebih semangat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.