7 Alasan Mama Selalu Merasa Haus

Bisa jadi pertanda penyakit di tubuh

18 Oktober 2020

7 Alasan Mama Selalu Merasa Haus
Freepik/drobotdean

Merasa haus adalah hal yang wajar. Tidak wajar jika merasa terus haus padahal sudah minum banyak. 

Ada banyak alasan kenapa seseorang terus merasa haus. Mulai dari cuaca yang panas, kegiatan baru dari keseharian, hingga olahraga dengan durasi yang lama. 

Namun tidaklah wajar jika kamu terus merasa haus tak peduli berapa banyak jumlah air yang sudah diminum. 

Disusun Popmama.com, ada beberapa alasan kenapa seseorang bisa merasa terus-terusan haus. 

1. Memiliki hobi atau kegiatan baru

1. Memiliki hobi atau kegiatan baru
Freepik/cookie_studio

Jika mengerjakan kegiatan yang sama atau mirip setiap harinya, tubuh sudah terbiasa dengan kebiasaan itu sehingga bisa mengukur sendiri kebutuhan air harian. 

Tapi jika kamu baru memulai hobi baru seperti olahraga, berlama-lama di luar ruangan, dan sejenisnya, tentu bisa membuat tubuh harus menyesuaikan diri lagi. 

Gerakan yang tidak seperti keseharian membuat tubuh meminta air lebih banyak dari biasanya. Jika asupan air kurang, maka kamu akan merasa dehidrasi, salah satunya terus merasa haus. 

2. Kamu baru memulai diet

2. Kamu baru memulai diet
Freepik/jcomp

Banyak jenis diet ketat dan ekstrem yang bisa dicoba. Memang mampu menurunkan berat badan secara cepat, namun efek sampingnya adalah tubuh yang merasa kekurangan air. 

Ini disebabkan karena karbohidrat mengikat air dan elektrolit di tubuh. Saat mengurangi asupan ini, maka banyak air yang akan lebih cepat terbuang. Tak heran jika kamu terus merasa haus. 

Jika kamu sedang menjalani diet yang mengurangi karbo secara besar-besaran, pastikan untuk minum air putih dengan cukup. Banyak orang diet yang berujung dehidrasi karena tidak bisa menyesuaikan kebutuhan tubuhnya. 

Editors' Picks

3. Terlalu banyak konsumsi garam

3. Terlalu banyak konsumsi garam
Freepik/Racool_studio

Banyak makanan yang mengandung garam tinggi seperti mie instan, junk food, dan makanan super gurih lainnya. Memang nikmat, namun efek sampingnya kamu selalu merasa haus. 

Saat mengonsumsi garam terlalu banyak, ginjal akan membawa kelebihan garam di tubuh langsung keluar melalui urin. Cara membawanya tentu dengan mengikat air di tubuh. Oleh karena itulah kamu sering merasa haus meski sudah banyak minum. 

Jika kamu merasa sedang mengonsumsi makanan yang tinggi garam, perbanyak minum agar tubuh lebih mudah bekerja. 

4. Rasa lapar tersamarkan jadi rasa haus

4. Rasa lapar tersamarkan jadi rasa haus
freepik.com/bilahata

Ketika merasa lapar, kamu akan merasa pusing, lelah, dan lemas. Tak hanya lapar, kamu juga merasa seperti itu saat haus. 

Saat kamu merasa demikian, kamu hanya merasa kurang air putih. Padahal, yang tubuh butuhkan adalah makanan yang bisa menjadi sumber energi. 

Inilah pentingnya mengetahui dengan baik apa kebutuhan tubuh sendiri. Dengan begitu, kamu tak minum banyak dengan sia-sia. 

5. Mulutmu terasa terlalu kering

5. Mulutmu terasa terlalu kering
Freepik/cookie_studio

Banyak orang bingung saat harus membedakan rasa haus dan mulut yang kering. Keadaan mulut yang kering bisa disebabkan oleh banyak hal. 

Memang ciri-cirinya seperti haus karena mulut begitu kering. Nyatanya, hal ini tidak bisa disembuhkan dengan minum. Dibutuhkan cara lain yaitu mengunyah permen karet bebas gula untuk memancing produksi liur di mulut. 

Beberapa penyebab mulut kering adalah konsumsi alkohol dan kafein berlebihan. Ada juga yang disebabkan karena merokok dan penggunaan beberapa obat perawatan. 

6. Mengonsumsi makanan yang diuretik 

6. Mengonsumsi makanan diuretik 
Freepik/jcomp

Makanan diuretik seperti seledri atau asparagus bisa menyebabkan kamu merasa haus berlebihan. Ini dikarenakan tubuh diminta mengeluarkan urin lebih banyak dari biasanya. 

Diuretik memaksa sodium keluar dari tubuh, dengan cara urinasi. Dengan begitu, tentu kamu lebih mudah kehilangan air di tubuh. 

Di saat yang sama, otak mengirim sinyal pada tubuh untuk lebih banyak meminta air dari biasanya. Karena itulah kamu terus merasa lapar!

7. Organ tubuh kamu mengalami masalah dalam menyerap air

7. Organ tubuh kamu mengalami masalah dalam menyerap air
Freepik/tirachardz

Ginjal bukanlah satu-satunya organ tubuh yang mengatur keinginan untuk minum. Ada kelenjar tiroid yang memiliki pengaruh besar dalam kesadaran akan rasa haus. 

Saat seseorang mengalami penyakit hipertiroidisme dan beberapa penyakit kelenjar tiroid lainnya, ada beberapa efek yang dirasakan. Rasa haus yang tak habis-habis salah satunya. 

Jika menghadapi keadaan seperti ini, segera berkonsultasi dengan dokter terkait. 

Itulah 7 alasan kenapa Mama sering merasa haus. Dengarkan kebutuhan tubuh dan hiduplah dengan lebih sehat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.