5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Losion Nyamuk Anak

Musim panas memang banyak sekali nyamuk, ini cara menghindari gigitannya

19 Agustus 2019

5 Bahan Alami Sebagai Pengganti Losion Nyamuk Anak
Freepik/ Prakasit Khuansuwan

Saat udara panas, nyamuk lebih banyak hadir di rumah dan tentu itu sangatlah mengganggu. Namun menggunakan losion nyamuk secara terus-menerus juga tidak terlalu baik untuk kesehatan. 

Meski beberapa losion anti nyamuk dinyatakan aman untuk anak-anak. Namun tak masalah jika ingin mengganti pengusir nyamuk lain selain losion. 

Untuk itu, Mama bisa menggunakan minyak dari bahan alami yang terbukti ampuh mengusir nyamuk. 

Disusun Popmama.com, inilah 5 bahan alami pengusir nyamuk sebagai alternatif pengganti losion nyamuk:

1. Minyak sereh

1. Minyak sereh
drweil.com

Tanaman sereh sendiri telah terbukti mengusir nyamuk dari rumah. Jika ada sereh segar, potong-potong saja dan tempatkan di sebuah wadah. 

Kemudian taruh di ruang yang banyak nyamuknya. Secara otomatis, serangga yang satu itu akan kabur dari ruangan tersebut. 

Jika ingin pengamanan lebih, Mama bisa mengoleskan minyak sereh ke tubuh si Kecil. Minyak sereh merupakan ekstrak dari tanaman sereh. 

Minyak ini juga banyak dijual di pasaran. Membelinya di apotik, atau membeli minyak esensial sereh juga tak apa. Hanya saja jika ingin mengoleskan minyak esensial ke anak, jangan lupa tambahkan minyak murni lainnya seperti minyak kelapa atau minyak zaitun agar tidak terlalu keras saat terkena kulit anak. 

2. Minyak kedelai

2. Minyak kedelai
Pixabay/bigfatcat

Tak hanya untuk masak, namun minyak kedelai punya kemampuan untuk jadi pengganti losion anti nyamuk. 

Sebagai pengusir nyamuk, minyak ini tidak sekuat minyak pengusir nyamuk lainnya. Sehingga jika Mama memilih minyak ini untuk alternatif losion anti nyamuk, harus sering mengoleskannya ke tubuh anak. Setidaknya 1 jam sekali untuk hasil yang maksimal. 

Editors' Picks

3. Minyak lemon eucalyptus

3. Minyak lemon eucalyptus
medicalnewstoday.com

Lemon eucalyptus juga dikenal sebagai Eucalyptus citriodora adalah kerabat dari Eucalyptus yang lebih terkenal dengan kharakteristik wangi lemon. Minyak ini dianggap yang paling ampuh mengusir nyamuk. 

Bahkan dibanding minyak sereh, minyak lemon eucalyptus masih lebih kuat efeknya untuk mengusir nyamuk. Lagipula, tak perlu mengoles ulang terlalu sering jika menggunakan minyak ini. 

Minyak lemon eucalyptus ini banyak dijual juga di pasaran. Jika di Indonesia, bentuknya kebanyakan merupakan minyak esensial. Sehingga harus dicampur minyak murni seperti minyak kelapa atau zaitun agar tidak membuat kulit terkena iritasi. 

Jika ingin impor, ada produk bernama Repel atau Cutter yang bisa dipesan dari luar negeri.

 4. Minyak lavender

 4. Minyak lavender
food.ndtv.com

Selanjutnya adalah minyak lavender. Di mana, tanaman ini memang terkenal sebagai musuhnya nyamuk. 

Mama bisa menggunakan minyak ini untuk mengusir nyamuk, sekaligus untuk memudahkan anak tidur. Karena selain tidak disukai nyamuk, minyak ini membantu relaksasi tubuh sehingga anak lebih mudah tenang dan cepat lelap. 

Namun pastikan untuk mencampurnya dengan minyak murni dahulu ya, Ma. Kandungan minyak esensial yang keras membuat kulit anak rentan terkena iritasi. 

5. Minyak cedarwood

5. Minyak cedarwood
body-feedback.com
minyak cedarwood

Selanjutnya adalah minyak cedarwood. Minyak ini berasal dari kulit kayu cedar yang diekstrak menjadi minyak. 

Saat pertama kali menciumnya, mungkin Mama tidak terlalu suka dengan wangi minyak cedarwood. Namun lama-kelamaan akan terbiasa dan malah mungkin akan menyukainya. 

Minyak cedarwood ini juga ampuh untuk membantu anak agar lebih cepat lelap. Coba sendiri dan lihat bagaimana mudahnya membuat anak tertidur setelah dioles minyak cedarwood. 

Hal yang harus diperhatikan, aplikasikan minyak ini ke tubuh anak secara berkala. Agar nyamuk tetap enggan menggigit si Kecil. 

Jadi, mana minyak yang akan jadi pilihan untuk mengusir nyamuk?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;