6 Bahan Alami untuk Kurangi Mendengkur saat Tidur

Agar tidur malam lebih berkualitas

17 Juni 2021

6 Bahan Alami Kurangi Mendengkur saat Tidur
Freepik/yanalya

Salah satu keluhan yang sering dialami banyak orang adalah mendengkur. Popmama.com punya bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi dengkuran saat tidur. 

Saat seseorang mendengkur, sebenarnya kualitas tidurnya berkurang. Selain itu, orang yang satu kamar dengannya pun turut terganggu tidurnya. 

Sayangnya, tidak banyak orang yang benar-benar mengobati dengan serius keluhan yang satu ini. 

Agar kualitas tidur kamu dan pasangan lebih berkualitas, inilah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi dengkuran. 

1. Peppermint untuk berkumur

1. Peppermint berkumur
Freepik/Elenglush

Salah satu penyebab seseorang mendengkur adalah karena terjadi pembengkakan selaput pada lapisan lubang hidung dan tenggorokan. Cara menghilangkannya adalah dengan mengonsumsi sesuatu yang bersifat anti-inflamasi. 

Kamu bisa menggunakan minyak peppermint untuk mengurangi dengkuran, terutama jika disebabkan oleh alergi atau udara dingin. 

Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan segelas air dan teteskan 2 minyak peppermint. Kemudian gunakan untuk berkumur sebelum tidur. 

2. Minyak zaitun untuk diminum langsung

2. Minyak zaitun diminum langsung
Freepik

Bahan alami yang mengandung anti-inflamasi kuat lainnya adalah minyak zaitun. Minyak ini memudahkan saluran pernapasan dan membuat jalur yang jelas untuk udara. 

Ia juga bisa mengurangi pembengkakan yang menyebabkan dengkuran. Selain itu, minyak zaitun juga bisa mengurangi rasa sakit dan getaran di tenggorokan yang disebabkan oleh mendengkur. 

Kamu bisa rutin meminum dua sendok makan minyak zaitun murni setiap sebelum tidur. Tak perlu dicampur apa-apa, cukup minyak zaitun saja. 

Agar efeknya terlihat jelas, pastikan mengonsumsi minyak zaitun murni yang tak menggunakan campuran apa-apa lagi. 

Editors' Picks

3. Kapulaga direndam dan kemudian diminum

3. Kapulaga direndam kemudian diminum
fresh.panen.id

Kapulaga adalah salah satu rempah yang berguna untuk mengurangi dengkuran. Rempah ini memiliki sifat dekongestan dan ekspektoran yang bisa membuka saluran hidung jika tersumbat. 

Dengan mengonsumsi kapulaga, ruang untuk saluran udara lebih banyak terbuka. Sehingga, dengkuran pun bisa berkurang. 

Salah satu penggunaan yang paling mudah adalah merendam setengah sendok teh kapulaga di dalam segelas air hangat. Rendaman ini bisa diminum sesaat sebelum tidur. 

4. Kunyit dan susu yang sangat bermanfaat

4. Kunyit susu sangat bermanfaat
Freepik/jigsawstocker

Selanjutnya ada kunyit yang bisa mengatasi dengkuran dan radang yang berat. Saat kunyit dicampur dengan susu, maka khasiatnya bisa dua kali lipat ampuhnya. 

Kunyit juga mengandung agen antibiotik dan antiseptik yang kuat. Tak hanya baik untuk mengurangi dengkuran, namun juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Kamu bisa mencampur 2 sendok teh kunyit bubuk ke dalam segelas susu hangat. Minumlah setengah jam sebelum tidur. 

5. Bawang putih untuk konsumsi rutin

5. Bawang putih konsumsi rutin
Freepik/Racool_studio

Salah satu penyebab dengkuran adalah karena sinus. Sedangkan salah satu obat alami paling ampuh untuk mengatasi sinus dan dengkuran adalah bawang putih. 

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi bawang putih. Mulai dari membakarnya sampai matang dan langsung mengonsumsinya, sampai mencampurnya menjadi jus. 

Meski bawang putih bagus untuk pengobatan ini, namun hindari mengonsumsi bawang putih goreng atau yang terlalu lama dimasak, karena nutrisinya bisa hilang. 

6. Madu dan air hangat sebelum tidur

6. Madu air hangat sebelum tidur
Pixabay/Stevepb

Untuk kamu yang tak menyukai rasa pahit dari kapulaga atau jus bawang putih, bisa menambahkan madu di dalamnya. Madu memiliki sifat anti-inflamasi yang tinggi. 

Madu bisa mengurangi pembengkakan yang menghambat saluran udara dan menyebabkan mendengkur. 

Kamu bisa menggunakan satu sendok makan madu dan mencampurnya dengan air hangat. Agar efeknya lebih baik, bisa juga campurkan di air kapulaga, atau sebagai campuran bawang putih. 

Itulah dia 6 bahan alami yang bisa rutin dikonsumsi untuk mengurangi dengkuran saat tidur malam hari. Semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.