Jarang Terungkap, Ini 6 Manfaat Kacang Lentil bagi Kesehatan Tubuh

Kaya akan polifenol dan asam folat

22 November 2020

Jarang Terungkap, Ini 6 Manfaat Kacang Lentil bagi Kesehatan Tubuh
Freepik

Salah satu superfood yang sering diberikan saat MPASI adalah kacang lentil. Tak hanya untuk anak-anak, lentil juga baik untuk orang dewasa. 

Kacang ini memiliki bentuk kecil dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Beberapa di antaranya adalah karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, folat, asam besi, magnesium, dan vitamin B1. 

Kacang lentil memiliki banyak jenis yaitu berwarna coklat yang paling banyak dikonsumsi, ada hijau yang harganya lebih murah, serta kuning dan merah yang bisa dimasak dalam waktu cepat. 

Lalu, apa saja manfaat kacang lentil? Popmama.com akan merangkumnya.

1. Mengatasi masalah pencernaan

1. Mengatasi masalah pencernaan
Freepik

Mama atau si Kecil yang punya masalah dengan pencernaan seperti sembelit bisa mengonsumsi kacang ini. Kandungannya yang tinggi serat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga menghindari risiko mengalami konstipasi. 

Dengan tingginya serat, bisa memberikan kesempatan bagi bakteri baik untuk berkembang dengan lebih sempurna di pencernaan. 

2. Menjadi sumber antioksidan

2. Menjadi sumber antioksidan
Freepik

Satu lagi makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah kacang lentil. Beberapa kandungan polifenol di dalamnya seperti procyanidin dan flavanol bisa membantu menangkal paparan zat radikal bebas. 

Sedangkan menurut sebuah uji coba laboratorium, kandungan polifenol dalam lentil bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Editors' Picks

3. Menurunkan kadar gula darah

3. Menurunkan kadar gula darah
Freepik/xb100

Lentil sering jadi pilihan karbon lain pada penderita diabetes dan orang yang sedang menjalani diet. Ini dikarenakan adanya uji coba terhadap hewan menunjukkan bahwa lentil bisa membantu menurunkan kadar gula darah. 

Hal ini dianggap berhubungan dengan tingginya kandungan polifenol di dalamnya. Hebatnya, kandungan polifenol di lentil tidak berkurang meski sudah melewati proses pemasakan. 

4. Baik bagi Mama yang sedang hamil 

4. Baik bagi Mama sedang hamil 
Freepik/valuavitaly

Seperti diketahui, lentil juga mengandung folat yang tinggi. Ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para ibu hamil. 

Di mana folat merupakan senyawa penting yang bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. 

Vitamin esensial ini juga dipercaya bisa mengurangi risiko diabetes gestasional, yaitu diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil. 

 5. Membantu menjaga kesehatan jantung

 5. Membantu menjaga kesehatan jantung
Freepik/nakaridore

Kandungan serat, asam folat, dan kalium yang ada pada lentil cukup tinggi. Ini mampu mendukung kesehatan jantung. Di mana, memenuhi asupan serat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di tubuh. 

Kacang lentil juga terbukti dapat mencegah penimbunan homosistein dalam tubuh. Homosistein merupakan salah satu dari 20 asam amino untuk menggabungkan protein dalam tubuh. 

Kadar homosistein yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan penggumpalan darah. 

6. Membantu menjaga berat badan

6. Membantu menjaga berat badan
Freepik/drobotdean

Saat sedang diet, kamu butuh makanan yang tinggi serat dan juga berenergi. Kamu bisa menemukannya di kacang lentil. Selain protein tinggi, karbohidrat yang tinggi, seratnya juga tinggi. 

Kacang ini sering menjadi pengganti nasi, yang tak hanya mengenyangkan namun juga sehat. Diet pun jadi lebih mudah dan lancar!

Itulah beberapa manfaat baik lentil. Jangan ragu untuk menambah daftar makanan baik untuk keluarga, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.