Kamu Bisa Mudik Kemarin? Ini Syarat Kembali Masuk ke Jabodetabek

Tidak bisa asal masuk ke Jabodetabek, lho

17 Mei 2021

Kamu Bisa Mudik Kemarin Ini Syarat Kembali Masuk ke Jabodetabek
Freepik/vichie81

Meski mudik dilarang, namun angka pemudik masih tinggi. Memasuki arus balik, inilah syarat jika ingin pulang ke Jabodetabek. 

Karena pandemi corona, ada banyak perubahan yang terjadi, termasuk syarat untuk mudik. Dari yang tadinya boleh sebelum tanggal tertentu, hingga menjadi benar-benar dilarang. 

Walau begitu, masih banyak juga orang yang berhasil mudik. Lalu kini memasuki akhir libur Lebaran, mulai terlihat arus mudik dari berbagai titik di perbatasan kota. 

Tidak semudah itu masuk ke Jabodetabek, Popmama.com akan merangkumkan syarat apa saja yang harus dipenuhi jika ingin masuk Jabodetabek. 

1. Ada sekitar 1,5 juta pemudik yang hendak kembali ke Jabodetabek

1. Ada sekitar 1,5 juta pemudik hendak kembali ke Jabodetabek
Freepik

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memprediksi ada sekitar 1,5 juta pemudik yang akan kembali ke wilayah Jabodetabek.

Ini mengacu dari data dari Kemenhub yang mencatat ada 1,5 juta warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan di masa peniadaan mudik. 

Untuk itu, disiapkan pengalihan arus lalu lintas untuk kendaraan sebagai antisipasi selama puncak arus balik. 

Editors' Picks

Kamu Bisa Mudik Kemarin Ini Syarat Kembali Masuk ke Jabodetabek
Freepik/exebiche

Setidaknya ada 109 titik check point untuk memeriksa para pengendara yang ingin masuk ke wilayah Jabodetabek. 

Semua orang yang ingin masuk, wajib membawa surat keterangan hasil swab antigen atau PCR swab tes dengan hasil yang negatif. 

Titik check point tersebar di sekitar 26 rest area dan 83 titik di jalur arteri jalan nasional dari Jawa dan Sumatera yang menuju Jakarta. 

Jangan sampai tidak membawa suratnya, ya!

3. Bisa saja mendapat tes antigen acak

3. Bisa saja mendapat tes antigen acak
Freepik/vichie81

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi setiadi mengusulkan untuk membuat 21 titik random check tes antigen. 

Hari Sabtu (15/5) kemarin rencana tersebut mulai dijalankan. Setidaknya ada 13 titik yang akan digelar di rest area, dan sisanya ada di gerbang tol utama. 

Di Jawa Barat, ada 11 titik random check antigen yang bisa saja Mama lewati. Beberapa titiknya ada di Nagreg, Cikopo, Indramayu, dan exit tol Cileunyi. 

Di beberapa titik exit tol Depok juga akan dilakukan random check antigen. Beberapa di antaranya seperti exit tol Kukusan, Brigif, dan Sawangan. 

Sehari, akan ada 100 antigen yang akan diberikan pada para pengendara yang melewati pintu-pintu tol tersebut. 

4. Dilakukan untuk memastikan para pemudik kembali dalam keadaan sehat

4. Dilakukan memastikan para pemudik kembali dalam keadaan sehat
Satgas COVID-19

Budi melanjutkan, rencananya ini dijalankan karena ingin semua masyarakat yang ke Jakarta sehat dan tidak terpapar Covid-19. Lebih lanjut, ia berharap, sebagai pusat kegiatan ekonomi, Jakarta harus tetap kuat. 

Sedangkan Kemenhub memprediksi arus balik ke Jakarta akan terjadi pada Sabtu (15/5) hingga hari ini, Minggu (16/5). Puncaknya sendiri diperkirakan akan terjadi pada Minggu malam karena Seninnya semua orang sudah harus kembali bekerja. 

Apakah Mama dan keluarga termasuk pemudik atau yang di rumah saja? Tetap maksimalkan protokol kesehatan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.