5 Buah yang Kulitnya Ternyata bisa Dimakan dan Bermanfaat bagi Tubuh

Dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral!

11 April 2021

5 Buah Kulit Ternyata bisa Dimakan Bermanfaat bagi Tubuh
Freepik

Beberapa buah memang kulitnya biasa dimakan, namun beberapa lainnya tidak. Popmama.com punya daftar buah yang ternyata kulitnya bisa dimakan juga. 

Vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh tak hanya ada di daging buah saja, namun juga di beberapa buah ini. 

Agar tidak menyesal, kamu bisa mulai mengonsumsi buah ini sekaligus dengan kulitnya juga. Jika dimakan langsung akan terasa aneh, maka bisa dijadikan campuran jus atau smoothies

Buah apa saja yang bisa dimakan juga kulitnya? Ini dia!

1. Pisang punya kulit yang juga tinggi potasium

1. Pisang pu kulit juga tinggi potasium
Freepik

Pisang memang buah yang tinggi dengan potasium atau kalium yang berguna untuk memecah dan memanfaatkan karbohidrat, membangun protein, membentuk otot, dan mengontrol aktivitas saraf dan jantung. 

Selain di dagingnya, potasium juga terdapat di kulit pisang. Dalam sebuah kulit pisang, terkandung sekitar 78 mg potasium. Wah!

Kamu bisa mulai memasukkan kulit pisang ke dalam menu harian. Mungkin rasanya agak pahit. Kamu bisa menambahkan itu ke dalam campuran smoothie, atau memanggangnya dahulu selama 10 menit untuk rasa yang lebih manis. 

Editors' Picks

2. Kulit kiwi untuk asupan serat yang lebih baik

2. Kulit kiwi asupan serat lebih baik
Freepik

Selama ini, kamu biasa mengupas kulit kiwi karena memang tidak biasa dimakan. Namun ternyata, kulit kecoklatan yang berbulu itu mengandung banyak manfaat. 

Setidaknya, ketika kamu mengonsumsi sebuah kiwi beserta kulitnya, berarti kamu telah memenuhi 30 persen kebutuhan asupan serat harian tubuh. 

Selain itu, kulit kiwi juga mengandung vitamin E, folat, dan polifenol yang memiliki efek antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. 

Kamu bisa mencampurnya ke dalam jus atau smoothie jika merasa belum biasa memakannya langsung. 

3. Jeruk yang kulitnya terasa enak!

3. Jeruk kulit terasa enak
Freepik/frimufilms

Kandungan tertinggi dalam kulit jeruk adalah vitamin, serat, dan mineral. Dalam 100 gr kulit jeruk, terkandung 11 gr serat. Sedangkan dalam 1 sendok makan kulit jeruk, terkandung vitamin C yang 3 kali lebih tinggi dibanding yang ada di dagingnya. 

Kulit jeruk bisa menjaga kesehatan gigi, jantung, dan meningkatkan imun tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara memanggangnya atau memasukkannya ke dalam salad atau pasta. Namun pastikan kulitnya sudah dicuci bersih dan bebas pestisida, ya!

4. Kulit semangka yang mengandung banyak vitamin 

4. Kulit semangka mengandung banyak vitamin 
Pixabay/StockSnap

Semangka memang salah satu buah yang sering dikonsumsi dan mudah ditemui di mana saja. Selain itu, semangka juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. 

Tak hanya dagingnya, kulitnya yang berwarna putih dan area keras yang berwarna hijau juga mengandung banyak vitamin. Di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, potasium, vitamin B6, dan zinc. 

Sedangkan manfaatnya antara lain adalah menjaga kesehatan kulit, membantu mempertahankan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, dan membantu meningkatkan libido untuk kehidupan seks yang lebih panas. 

Kamu bisa langsung mengonsumsi dagingnya yang juga berwarna putih mulai dari sekarang. Sedangkan jika kulit yang hijau terlalu keras, bisa dijadikan campuran jus sebelum kemudian disaring dan dinikmati. 

5. Lemon yang bisa menjaga kesehatan mulut

5. Lemon bisa menjaga kesehatan mulut
Pexels/Lisa Fotios

Kulit lemon juga mengandung vitamin C, mineral dan serat yang baik untuk tubuh. Di dalamnya, terdapat kandungan D-limonene yang memiliki sifat antioksidan. 

Mengonsumsi kulit lemon bisa membantu tubuh menangkal bakteri, menjaga kesehatan mulut, meningkatkan daya tahan tubuh, melawan sel kanker, dan menjaga kesehatan jantung. 

Kamu bisa mengonsumsinya mirip dengan cara penggunaan kulit jeruk. Namun tetap perhatikan kebersihan kulitnya, ya!

Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa membersihkan kulit buah dengan seksama. Karena jika tidak, maka akan banyak bakteri, kotoran dan pestisida yang masih menempel dan malah membahayakan diri kamu. 

Pastikan sudah bersih dan barulah kamu bisa mengonsumsinya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.