Yuk, Saling Tolong! Ini 5 Cara Membantu Teman yang Isoman Sendiri

Salah satu cara menolongnya adalah dengan selalu mencari kabar tentangnya

13 Juli 2021

Yuk, Saling Tolong Ini 5 Cara Membantu Teman Isoman Sendiri
Freepik/Jcomp

Saat ini, rumah sakit sedang sangat penuh dan mereka yang ingin masuk ke sana harus antre. Sehingga, isoman di rumah pun disarankan. 

Namun ternyata, banyak juga kasus yang cukup mengerikan di mana orang yang sedang isoman ditemukan meninggal sendiri. Seperti seorang laki-laki yang sedang isoman ditemukan meninggal di apartemen kawasan Ciputat, Tangsel, atau ratusan orang lain yang dilaporkan meninggal saat menjalani isoman. 

Jubir Satgas Covid-19 pun mengimbau untuk melakukan isoman di tempat yang sudah disediakan pemerintah jika merasa tidak sanggup melakukannya sendiri. 

Lalu bagaimana dengan teman atau keluarga yang sedang isoman sendiri? Popmama.com akan memberikan tips yang bisa kamu lakukan. 

1. Selalu tanyakan kondisi

1. Selalu tanyakan kondisi
Pexels/edwardjenner

Dilansir dari kawalcovid19.id, saat seseorang terkena Covid-19, disarankan untuk memberi tahu keluarga, komunitas dan teman-teman, apalagi jika isolasi mandiri seorang diri. 

Saat isoman, pasien tak hanya butuh bantuan makanan dan suplemen, namun juga butuh bantuan moril. Jadi, jangan ragu untuk menanyakan bagaimana kondisinya saat isoman. 

Jika memang cukup dekat, jangan sungkan untuk bertanya secara berkala mengenai perkembangannya. Apakah membaik atau malah memburuk. 

2. Tanyakan kebutuhannya

2. Tanyakan kebutuhannya
Freepik/freepik

Setelah mengetahui kondisinya, kini saatnya menanyakan kebutuhannya. Banyak orang baik yang masih memerhatikan sesama sehingga mungkin banyak bantuan yang diterimanya. 

Dengan bertanya, kamu bisa memenuhi kebutuhannya yang belum ada, jadi tidak memberikan barang yang sudah ada. 

Kalaupun tidak ada yang membantu, dengan bertanya kamu bisa meringankan kesulitannya meski hanya dengan memberikan menu satu kali makan saja. 

Editors' Picks

3. Pastikan kontak dokter dan kebutuhan medisnya terpenuhi

3. Pastikan kontak dokter kebutuhan medis terpenuhi
Pexels/karolina-grabowska

Tidak banyak pasien yang bisa tenang dan bebas panik saat mengalami hal ini. Maka dari itu, pastikan ia sudah memegang kontak dokter kalau memang ada kondisi darurat. 

Jika teman atau keluargamu masih linglung, minta dia melaporkan keadaannya ke satgas Covid-19 setempat dan semua akan diatur oleh mereka. 

Berikan nomor, atau akses telemedicine untuk memudahkannya berkonsultasi jika diperlukan. Jika ada obat yang harus dibelinya, maka kamu bisa membantu membelikan atau memesankannya. 

Dengan begitu, kondisinya bisa terjamin meski hanya sendiri di rumah saja. 

4. Ajak mengobrol berkala atau bergantian

4. Ajak mengobrol berkala atau bergantian
Freepik/tirachardz

Sangat mudah bagi orang merasa kesepian saat sedang sendiri, apalagi jika sedang isoman yang jelas tidak bisa bertemu orang lain selama beberapa hari ke depan. 

Belum lagi kondisi fisik yang tidak terlalu fit sehingga tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Alhasil, temanmu akan banyak menghabiskan waktu berdiam diri, nonton, atau membaca buku. 

Untuk mengurangi kebosanan dan kesepiannya, pastikan untuk mengajaknya mengobrol dan rutin menanyakan kabarnya. 

Jika kamu punya teman 1 geng, sering-seringlah mengangkat pembicaraan di grup chat atau lakukan video call secara bergantian atau berkala. Dengan begini, ia tak mudah merasa stres dan depresi. 

5. Bantu saat sedang genting

5. Bantu saat sedang genting
pixabay/F. Muhammad

Sebelum genting, minta teman atau keluargamu untuk menyediakan tas darurat. Menurut kawalcovid19.id, isi tas darurat ini meliputi:

  • KTP dan fotokopinya
  • Kartu BPJS dan fotokopinya
  • Kartu berobat di RS langganan
  • Baju ganti
  • Peralatan yang bisa menemani selama di RS, seperti buku atau gadget

Nah, saat genting, ia bisa dengan mudah mengambil tas tanpa pusing harus mengambil barang apa saja. Jika ia linglung atau kondisi tidak memungkinkan untuk banyak menelepon dan berkoordinasi, ambil alih tugas tersebut. 

Kamu bisa mencari bantuan seperti menelepon satgas, RS, atau lembaga yang menyediakan ambulans. Jika butuh oksigen, maka bisa bantu carikan atau sewakan. 

Dengan ponsel di genggaman, kamu bisa melakukan banyak hal. Jadi, jangan abai dengan teman dan keluarga yang sedang melakukan isoman sendiri di rumah, ya!

Imam Darto Jadi Salah Satu Artis yang Peduli Bagi Pasien yang Isoman Sendirian

Saat ini banyak publik figure ringan tangan dalam membantu pasien Covid-19 terutama yang terpaksa isoman sendiri. Kamu bisa meminta teman kamu untuk berpartisipasi dalam program yang diadakan para artis tersebut. 

Salah satunya adalah hal yang dilakukan oleh Imam Darto. Ia meminta pasien Covid-19 yang melakukan isoman sendirian untuk menghubunginya agar bisa dikirimi makanan dua hari sekali selama isoman. 

Tunjukkin surat PCR + kamu, nanti kita videocall bukti kamu tinggal sendirian, kalo valid akan kita masukkin list 10 orang yang akan nerima makanan 2x sehari (utk makan siang dan malam) selama 10 hari mulai senin nanti, dari @jambokupi.id.

Demikian informasi mengenai apa yang harus kita lakukan ketika teman sedang isoman tapi jauh dari keluarganya. Yuk, lebih peduli dengan membantu teman-teman yang berjuang sendiri untuk sembuh dari Covid-19.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.