5 Cara Menemukan Passion dan Menjadikan Kunci Kebahagian Hidup

Hidup dengan penuh semangat dan bahagia, bisa!

29 Juli 2020

5 Cara Menemukan Passion Menjadikan Kunci Kebahagian Hidup
Freepik/lifeforstock

Semakin dewasa seseorang, tidak membuatnya berhenti bermimpi. Ada banyak cara menjadikan hidup jadi lebih bahagia, salah satunya dengan menemukan passion kamu. 

Saat bekerja terlalu terasa membosankan, dan ada hal lain yang mungkin bisa dilakukan dengan lebih bahagia, mungkin selama ini kamu hidup dengan mengabaikan passion. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan apa itu passion, dan bagaimana caranya membuatnya sebagai kunci kebahagiaan hidup.

Disusun Popmama.com, inilah cara menemukan passion, dan bagaimana menjadikannya karir dalam hidupmu.

1. Lihat lagi kegiatan apa yang selalu suka kamu lakukan

1. Lihat lagi kegiatan apa selalu suka kamu lakukan
Pexels/Gustavo Fring

Apakah kamu punya hobi, atau sesuatu yang sering kamu lakukan dan itu membuat hatimu bahagia? 

Bisa saja itu adalah membaca komik, mengoleksi barang, membuat sesuatu, atau membangun sesuatu. Hal ini bisa menjadi awalan karir barumu. 

Jika senang melihat reaksi orang yang menerima hasil masakanmu, kamu bisa mulai berkarir di kuliner. Begitu juga saat senang memotret, jangan takut memulai karir di bidang fotografi. 

Editors' Picks

2. Apa saja yang selalu menarik perhatianmu ​​​​​​​

2. Apa saja selalu menarik perhatianmu ​​​​​​​
Freepik

Saat mencintai sesuatu, kamu cenderung ingin tahu segalanya. Mencari segala informasi dari internet, buku dan jurnal demi memuaskan rasa penasaran. 

Sadarkah, dengan melakukan hal ini, kamu memiliki banyak informasi mendalam tentang hal yang jadi passionmu. Ini bisa jadi nilai lebih.

Jika mengetahui banyak hal dari suatu hal, membuatmu jadi lebih profesional dalam menjalankan passion tersebut. 

3. Lakukan brainstorm untuk menemukan passion

3. Lakukan brainstorm menemukan passion
Freepik/Racool_studio

Jika masih kesulitan menentukan apa passionmu selama ini, cobalah menuliskan semua kemungkinannya di atas kertas. Kamu bisa duduk sebentar dan memikirkan hal apa saja yang membuatmu bahagia. 

Kegiatan apa saja yang kamu ahli di bidangnya dan rela melakukannya tanpa dipaksa.

Tuliskan saja semua kemungkinannya dan kamu bisa mengevaluasinya nanti. Siapa tahu, passion kamu selama ini hanya dianggap kegiatan sambil lalu.

4. Kamu takkan lelah melakukannya

4. Kamu takkan lelah melakukannya
Pexels/Gustavo Fring

Satu hal yang pasti, kamu takkan merasa lelah dan tertekan melakukan hal yang disukai. Sebagaimana lelahnya, sebagaimana pun sulitnya, selalu ada alasan untuk mencoba lagi esok hari. 

Bayangkan, kamu takkan merasa terbebani saat melakukan lembur bagi hal yang disukai. Begitu juga, takkan menyerah saat menghadapi kesulitan saat menemukan masalah.

Inilah yang disebut passion dan bagaimana orang yang hidup dengan passionnya akan jadi orang yang kuat dan bahagia. 

Saat menyadari kegiatan apa yang mampu membuatmu melewati batas diri, jangan pernah lepaskan hal itu. Sesungguhnya kamu sedang berjuang menghidupi passion kamu. 

5. Menjadi sumber kebahagiaan jiwa dan imunitas tubuh

5. Menjadi sumber kebahagiaan jiwa imunitas tubuh
Freepik/diana.grytsku

Passion yang dilakukan sepenuh hati akan menjadi kebahagiaan jiwa. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. 

Di masa seperti ini, menjaga imunitas tubuh agar tetap baik sangatlah penting. 

"Sehatnya sekarang berbeda dengan yang kemarin, banyak faktor yang menurunkan imun dan mudah terkena penyakit, tetap menjalankan passion bisa membantu menjaga daya tahan tubuh," ujar Ardhya Santika, Head of Marketing YOUVIT dalam VirtualPressConference untuk program #TunjukinPassionmu dengan imunitas maksimal yang diadakan pada Selasa, 28 Juli 2020. Untuk kamu yang sedang mengulik passion, ada 4 jenis kelas online masterclass yang bisa diikuti yaitu bagian kuliner, seni, olahraga dan traveling. 

"Pengisi masterclassnya ada Dion Wiyoko untuk fotografi, Jennifer Bachdim untuk olahraga, Dila Maharani untuk kelas seni, dan Chef Marinka untuk kuliner," lanjutnya. 

Ada pula konten sosial media yang berhadiah maksimal 40 juta. Cukup posting hal yang jadi passionmu, buat dengan template yang tersedia dan unggah di sosial media kamu. Jangan lupa ceritakan kisah di balik passion kamu. Hadiahnya antara lain mikser, kamera, tab, dan sepeda. 

Inilah yang disebut passion bisa mendatangkan uang dengan sendirinya. Kamu bisa saja melakukan hal itu tanpa merasa kerepotan dan sepenuh hati. Hasil yang dilakukan dengan sepenuh hati akan terlihat sempurna di mata orang lain. 

Jadi, jangan ragu untuk menjalani apa passion kamu, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.