TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Mengatasi Pegal di Area Belikat menurut Dokter

Bisa dengan latihan yang mudah dilakukan, Ma

19 Agustus 2022

Cara Mengatasi Pegal Area Belikat menurut Dokter
Pexels/Anete Lusina

Karena kegiatan sehari-hari, Mama bisa merasa pegal di mana saja, termasuk di area belikat. Untuk mengatasinya, ada latihan yang bisa dilakukan. 

Area belikat atau bahu bagian belakang berpotensi merasa pegal karena membawa beban yang berat dalam waktu lama. Bisa juga karena postur tubuh yang kurang tepat, serta banyak pemicu lainnya. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan krim anti pegal, melakukan workout, atau memperbaiki postur tubuh. 

Seperti apa cara mengatasi pegal di belikat? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

Editors' Picks

1. Penyebab tulang belikat pegal

1. Penyebab tulang belikat pegal
Freepik

Penyebab paling umum yang membuat tulang belikat terasa pegal adalah karena ketegangan otot. Selain itu, kegiatan yang menggunakan lengan dan tubuh bagian atas secara berlebihan juga bisa jadi pemicu lainnya. 

Posisi tidur yang kurang baik juga bisa jadi pemicu kenapa tulang belikat terasa sakit dan pegal. Masalah lainnya adalah kemungkinan terjadinya robekan pada rotator cuff atau sindrom patah tulang belikat dan berujung pada nyeri di belikat. 

2. Cara mengatasi pegal di area belikat

2. Cara mengatasi pegal area belikat
Freepik/Master1305

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengompresnya dengan air hangat, terutama jika terasa pegal yang disertai nyeri. Kamu bisa mengompres secara 15 menit dan ulangi setiap 4 jam. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pijatan lembut di area punggung dan belikat. Tujuannya untuk membantu otot yang kaku menjadi lebih rileks.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang mengandung asam lemak omega 3. Makanan dengan kandungan tersebut bisa membantu meredakan rasa nyeri yang muncul. 

3. Latihan mudah yang bisa dilakukan

3. Latihan mudah bisa dilakukan
tiktok.com/this.is.pras

Olahraga dan latihan fisik bisa membantu dan memperkuat otot-otot di area bahu dan belikat. Salah satu gerakan latihan untuk pegal di belikat telah dibagikan oleh seorang dokter dengan nama akun @this.is,pras. 

Melalui unggahan di Tiktok miliknya, ia memberikan latihan mudah untuk meredakan pegal di belikat. 

Pertama, cari sudut ruangan yang berdinding kuat. Kemudian angkat kedua tangan hingga lengan lurus dan tempatkan di masing-masing sisi sudut. 

Dengan salah satu kaki ke depan tarik nafas dalam-dalam dan saat hendak menghembuskan napas, dorong tubuh ke dinding dan tahan dalam 20 hitungan. 

Menurut dr Pras, latihan ini bisa dilakukan dengan repetisi sebanyak 3-5 kali. Demikian informasi mengenai cara mengatasu pegal di tulang belikat.  Tertarik mencobanya? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk