8 Cara Menghaluskan Tangan Kasar Karena Hand Sanitizer

Bisa dilakukan sendiri di rumah, Ma

23 Oktober 2020

8 Cara Menghaluskan Tangan Kasar Karena Hand Sanitizer
freepi/goffkein

Selain sering mencuci tangan, saat ini kita juga sering menggunakan hand sanitizer. Efeknya, kulit jadi kering dan bersisik. 

Demi kesehatan bersama, mau tak mau semua orang harus rajin cuci tangan dan memakai hand sanitizer. Meski bagi sebagian orang, ada efek samping yang mengganggu yaitu kulit telapak tangan jadi kasar. 

Tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kelembutan tangan. Mulai dari merubah kebiasaan, sampai menggunakan beberapa bahan alami yang bisa ditemukan di rumah. 

Disusun Popmama.com, berikut 8 cara menghaluskan kulit telapak tangan. 

1. Buat scrub dari garam dan kopi

1. Buat scrub dari garam kopi
Flickr/Coffee queendom

Saat membuat kopi tubruk, jangan langsung membuang ampasnya. Nantinya, ampas kopi ini bisa digunakan sebagai campuran scrub untuk melembutkan tangan. 

Campurkan garam dan ampas kopi sampai merata dan balurkan di tangan. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. 

Akan lebih baik lagi jika merendamnya dengan air hangat yang dicampur sedikit garam. 

3. Buat masker kentang

3. Buat masker kentang
Freepik

Kentang mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Jika sudah terangkat, kulit telapak pun bisa lebih lembut dan halus. 

Cara membuatnya adalah dengan memarut kentang secukupnya dan oleskan secara merata di kedua telapak tangan. Diamkan sampai agak mengering dan bilaslah dengan air hangat. 

Lakukan secara berkala dan lihat sendiri hasilnya. 

2. Pijat dengan minyak kelapa atau zaitun

2. Pijat minyak kelapa atau zaitun
Freepik

Minyak kelapa atau minyak zaitun mampu melembapkan kulit dengan sempurna. Akan lebih baik lagi jika memijat telapak tangan sembari membalurkan minyak. 

Vitamin E yang ada di minyak bisa membantu menyehatkan sel kulit dan mempercepat regenerasinya. 

Memijat pelan bisa membantu menenangkan kulit agar lebih sehat dan halus. Kamu bisa memijat telapak tangan dengan minyak selama 5 menit. 

Lakukan setiap hari sebelum tidur dan kulit pun bisa lebih halus di pagi hari. 

Editors' Picks

4. Menggosok tangan dengan jeruk nipis

4. Menggosok tangan jeruk nipis
Pexels/Rawpixel.com

Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi yang membantu membentuk kolagen. Jika kolagen terjaga, maka elastisitas kulit bisa terjaga dan kulit bisa lebih lembut. 

Kamu bisa mengiris jeruk nipis dan menggosok-gosokkan ke telapak tangan selama 5 menit. Kemudian, cucilah dengan air. Lakukan 2 kali sehari sampai terlihat ada perubahan.

Sebelum menggunakan jeruk nipis, pastikan kulit telapak tangan dalam keadaan sehat dan tanpa luka. Jika tidak, rasanya bisa sangat perih saat terkena air jeruk nipis. 

5. Merendam tangan dengan teh

5. Merendam tangan teh
Freepik

Teh tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga berguna untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Kamu bisa menggunakan air teh untuk rendaman tangan agar lebih lembut. 

Kandungan antioksidan di teh membantu meremajakan kulit dan mampu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit terasa lebih kasar. 

Kamu bisa merebus teh tubruk secukupnya. Tunggu hingga suam-suam kuku dan rendamlah kedua telapak tangan selama 10 menit. Tak perlu dicuci, kamu hanya perlu mengelap tanganmu saja. 

Lakukan selama 3 kali seminggu dan perubahan pun bisa terlihat. 

6. Bisa juga menggunakan masker madu

6. Bisa juga menggunakan masker madu
Freepik

Salah satu penyebab tangan kasar adalah karena terlalu kering, apalagi jika sering menggunakan hand sanitizer. Madu memiliki kandungan vitamin, antioksidan dan potasium yang baik untuk menjaga kelembapan kulit. 

Jika kelembapan kulit sudah terjaga, maka kulit pun akan lebih kenyal dan lembut. 

Kamu bisa mengoleskan madu di kedua telapak tangan dan jadikan sebagai masker. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih. 

7. Lemon, madu, dan baking soda 

7. Lemon, madu, baking soda 
Freepik/meen_na

Yang satu ini memiliki efek yang cukup instan. Kamu bisa menggunakan 3 bahan untuk membuat kulit lebih lembut seketika. 

Kamu bisa mencampurkan air perasan lemon, madu, dan baking soda. Campurkan ketiganya dan aduk sampai rata. Pastikan air lemonnya tidak terlalu banyak karena adonan diharapkan berbentuk seperti pasta. 

Kamu bisa mengoleskannya ke telapak tangan dan tunggu sampai kering. Setelahnya, bilaslah dengan air hangat. 

8. Berendam susu cair

8. Berendam susu cair
Freepik

Selain merendam telapak tangan dengan air teh, bisa juga dengan susu cair. Kandungan susu yang seperti toner alami bisa membuat kulit telapak tangan lebih bersih dan lembap. 

Kamu bisa menempatkan susu cair di wadah yang cukup untuk kedua tangan dan rendamlah kedua tangan di situ selama 5 menit. Setelah selesai, bilaslah dengan air dingin. 

Setelah kulit telapak tangan kembali halus dan mulus, pastikan untuk rutin mengenakan pelembap setelah mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Dengan begitu, kondisi kulit telapak tangan akan lebih terjaga dan kamu bisa tetap rutin membersihkan tangan. 

Ingat, kesehatan adalah hal yang terpenting!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.