Penting! 7 Cara Menghemat Belanja Bulanan

Paling penting, tidak asal ambil barang saat belanja

23 Februari 2021

Penting 7 Cara Menghemat Belanja Bulanan
Freepik/drobotdean

Salah satu pengeluaran rutin yang sudah ada posnya adalah belanja bulanan.

Keperluan bulanan seperti aneka sabun, popok anak, camilan, dan bahan makanan biasanya dibeli di awal bulan. Dengan begitu, Mama tak perlu kebingungan kehabisan stok di tengah bulan. 

Namun jika merasa pengeluaran belanja bulanan cukup besar, maka kamu boleh saja mengkaji ulang. Ingin menghemat belanja bulanan? Popmama.com punya tips untuk menghemat belanja bulanan. 

1. Buat catatan belanja secara mendetail

1. Buat catatan belanja secara mendetail
Freepik/Racool_studio

Salah satu alasan kenapa belanja bulanan kamu selalu menghabiskan banyak budget adalah tidak membuat catatan belanja secara mendetail. 

Kamu hanya mengingat atau mencatat yang besar-besar saja. Padahal, yang paling penting adalah mencatat semua yang perlu dibeli. 

Jika tidak mencatat, kamu akan merasa perlu membeli apapun yang dilihat. Sedangkan jika menggunakan catatan belanja, kamu hanya perlu membeli apa yang ada di catatan saja. 

Satu lagi, jangan lupa sebutkan berapa jumlahnya agar tidak mengambil kurang atau kelebihan. 

2. Beli dalam jumlah besar 

2. Beli dalam jumlah besar 
medicaldaily.com

Biasanya, belanja bulanan memenuhi keperluan selama sebulan. Hindari membeli dengan kemasan kecil dan pilihlah jumlah yang lebih besar. 

Hal ini akan mengurangi pengeluaran cukup lumayan. Karena, kemasan besar biasanya harganya lebih ekonomis dan juga tidak membuat sampah plastik semakin menumpuk. 

Editors' Picks

3. Cari promo khusus toko

3. Cari promo khusus toko
Freepik/d3images

Di beberapa supermarket, tersedia area khusus untuk promo. Jika ada beberapa barang yang bisa diambil di sana, maka akan lebih baik. 

Harga yang ditawarkan kadang menggiurkan. Namun kamu harus sadar bahwa barang ini biasanya sudah dekat dengan masa kedaluarsa. 

Kamu boleh saja membelinya jika akan langsung mengonsumsi atau menggunakannya. Jika tidak, lebih baik cari barang lain yang tidak diskon namun harganya lebih bersahabat. 

4. Pastikan diskonnya bermanfaat

4. Pastikan diskon bermanfaat
freepik.com

Saat ini, kamu tidak bisa langsung tergiur dengan diskon. Banyak supermarket yang memberikan promo diskon padahal tidak jauh beda dengan harga aslinya. 

Jika kamu sudah terbiasa membeli barang yang sama, pasti sudah hafal kisaran harganya. Kamu boleh saja membeli barang diskon jika memang harganya miring, atau ada bundle yang harganya benar-benar menggoda. 

Diskon yang tipis hanyalah menipu. Jadi, pertimbangkan dengan matang-matang, ya!

5. Tentukan skala prioritas

5. Tentukan skala prioritas
Freepik/nensuria

Ada waktu di mana kamu benar-benar harus menghemat pengeluaran, termasuk belanja bulanan. Di waktu seperti ini, mari buat skala prioritas. 

Misal tidak bisa belanja bulanan seperti bulan-bulan sebelumnya, lihat lagi daftar belanjaan apa yang bisa dicoret. 

Pertama, tentukan barang yang wajib dibeli. Maka, cari itu dulu dan penuhi semuanya. Setelahnya, barang mana saja yang sebaiknya dibeli dan penuhi itu. Terakhir, jika masih ada sisa budget, barulah cari barang yang ingin kamu beli. 

Namun jika budget tidak cukup, berbesar hatilah untuk menaruh barang itu kembali dan tak perlu membelinya dahulu. Masih ada bulan depan, Ma. 

6. Jadi member toko

6. Jadi member toko
Pixabay/StockSnap

Beberapa toko memiliki fasilitas yang hanya diberikan pada para membernya. Mulai dari pengumpulan poin hingga diskon khusus member. 

Jika kamu memang rutin belanja di situ, tak ada salahnya menjadi member toko dan mendapatkan fasilitas yang tersedia di sana. 

Perhatikan apa saja penawaran yang sedang berlangsung dan ambil saja yang kamu perlukan. 

Lumayan menghemat, lho!

7. Cari pembayaran dengan cashback

7. Cari pembayaran cashback
Freepik

Saat ini, sudah banyak pilihan cara pembayaran. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa memilih yang memiliki cashback paling besar. 

Beberapa cara pembayaran mungkin belum pernah kamu pakai, pilihlah yang itu. Karena, sebagai pengguna baru, kamu akan mendapat diskon atau cashback cukup besar. 

Itulah beberapa tips menghemat belanja bulanan yang bisa kamu praktekkan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.