Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mengecilkan Bokong dan Membentuknya Lebih Indah

Melakukan gerakan olahraga yang tepat, Ma

21 Maret 2022

5 Cara Mengecilkan Bokong Membentuk Lebih Indah
Freepik/yanalya

Bokong yang terlalu besar bagi sebagian orang bisa meningkatkan rasa tidak percaya diri mereka. Tenang, kamu bisa mengecilkannya dengan mengurangi lemak di bokong dan membentuknya jadi lebih indah. 

Bokong yang kencang memang indah dilihat dan kamu pun bisa lebih percaya diri memilikinya. Sedangkan bokong yang terlalu banyak lemak membuat kamu kesulitan memilih pakaian yang nyaman untuk digunakan. 

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengecilkan bokong dan membakar lemak di area tersebut. 

Popmama.com akan mengumpulkan cara untuk mengecilkan dan membentuk bokong lebih indah. Penasaran?

1. Lari cepat secara rutin

1. Lari cepat secara rutin
Freepik/teksomolika

Cara pertama mengecilkan bokong dan membentuknya lebih indah adalah rutin lari cepat.

Kamu yang terbiasa dengan olahraga lari atau jogging pasti akan mudah melakukan hal ini. Kamu hanya perlu meningkatkan intensitas dalam berlari dan lemak di area bokong pun bisa mudah terbakar. 

Saat melakukan lari cepat, tubuh membakar kalori dengan lebih cepat dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Kamu bisa melakukan lari cepat selama 30 detik atau 10 menit, sesuai kemampuan kamu. 

Ingat, jangan dipaksakan, ya. Yang penting lakukan secara rutin agar terlihat perubahan yang signifikan. 

Editors' Picks

2. Rajin melakukan squat

2. Rajin melakukan squat
Freepik/shurkin_son

Squat dikenal bisa membantu mengencangkan otot-otot di bokong. Namun selain itu, gerakan ini juga bisa membantu membakar lemak di sekitar bokong. 

Bayangkan, melakukan squat selama 15 menit bisa membakar 200 kalori, lho. Agar tidak bosan dan terlalu lelah, kamu bisa menggabungkan dengan beberapa gerakan olahraga intens HIIT lainnya. 

3. Naik turun tangga

3. Naik turun tangga
Freepik

Kamu tak terlalu suka dengan olahraga bisa mencoba cara ini. Rutinkan naik turun tangga setiap hari dan lihat perubahan di bokong. 

Cara ini bisa membakar lemak di bokong dan sekaligus mengencangkan otot bokong. Juga, olahraga ini baik untuk kesehatan jantung dan paru kamu. 

Tak punya tangga di rumah? Naik turun saja dari kursi ke lantai. Atau, jika ada dingklik, maka bisa dipergunakan untuk melatih otot dan membakar lemak di bokong serta paha atas. 

4. Plank dengan resistance band

4. Plank resistance band
freepik/shurkin_son

Cara lainnya untuk mengecilkan bokong adalah dengan melakukan plank namun menggunakan resistance band. Lingkarkan band tersebut di sekitar pergelangan kaki dan bersiap dalam posisi plank. 

Kemudian, angkat salah satu kaki ke atas sekitar 30 cm dan luruskan dengan kaki lainnya. Ulangi selama 10 kali dan lakukan gerakan yang sama di kaki satunya. 

Gerakan ini bisa mengencangkan otot bokong, pinggul, dan paha belakang. Yang pasti, bisa membakar lemak di sekitar situ juga, Ma. 

5. Lunges juga jadi cara mengecilkan bokong

5. Lunges juga jadi cara mengecilkan bokong
Freepik

Latihan tubuh bagian bawah yang mudah lainnya adalah gerakan lunges. Gerakan ini bisa mengaktifkan dan mengencangkan gluteus maximus atau otot pinggul dan sekitarnya. 

Caranya, berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, kemudian ambil langkah besar ke depan dengan kaki kiri. Turunkan tubuh dan tekuk lutut dengan kemiringan 90 derajat. 

Usahakan lutut tidak sampai menyentuh lantai dan lutut kiri melebihi batas jari kaki. Tetap dalam posisi dan sambil mengencangkan otot bokong selama 5 detik dan kembali ke posisi awal dengan perlahan. 

Lakukan bergantian dengan kaki yang lain. 

Kamu bisa melakukan variasi dengan lunge ke samping, depan, dan melintang. Selain itu, olahraga ini juga bisa melatih paha dan betis. 

Selain berolahraga, lemak di tubuh termasuk di bokong bisa hilang dengan makanan dan gaya hidup yang sehat. Jika tidak, maka akan sulit sekali menghilangkannya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk