TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Drama Korea yang Bercerita Mengenai Kesehatan Mental 

Yang terbaru adalah Move to Heaven nih Ma!

21 Mei 2021

8 Drama Korea Bercerita Mengenai Kesehatan Mental 
netflix.com

Drama Korea atau drakor memiliki begitu banyak genre dan akhir-akhir ini makin banyak yang mengulik kesehatan mental. Untuk Mama yang sedang mencari tema sejenis, bisa mengintip rekomendasi di bawah. 

Tema kesehatan mental sedang banyak diminati orang. Mereka yang dulu merasa tabu, kini bisa lebih mudah terbuka dan menerima keadaan dengan mental yang berbeda atau sedang tidak stabil. 

Begitu juga dengan film dan serial yang bertema sejenis yang bisa begitu mudah diterima banyak orang. 

Sebagai rekomendasi, Popmama.com akan menjabarkan drakor apa saja yang bertema kesehatan mental. 

1. Move to Heaven mengangkat sindrom Asperger

1. Move to Heaven mengangkat sindrom Asperger
  netflix.com  

Drakor terbaru yang tayang di Netflix adalah Move to Heaven. Serial ini bercerita tentang bisnis penghapus trauma untuk mereka yang ditinggalkan orang tersayangnya. 

Yang jadi perhatian adalah peran Gae-ru yang diperankan oleh Tang Jung-sang. Di mana Gae-ru dikatakan mengidap sindrom Asperger yang merupakan gangguan spektrum autisme. 

Sindrom ini berdampak pada cara dirinya berkomunikasi dengan orang lain. Serta di balik itu, bagaimana Gae-ru memiliki analisis yang tinggi dan mampu menghapal nama hewan dalam akuarium yang disebutnya bisa menenangkan pikirannya.  

2. Dalam Its Okay Not to Be Okay, kita akan menemukan berbagai gangguan mental

2. Dalam Its Okay Not to Be Okay, kita akan menemukan berbagai gangguan mental
  netflix.com  

Drakor yang dibintangi oleh Seo Ye Ji, Kim Soo Hyun, dan Oh Jung Se ini bercerita tentang kehidupan di rumah kesehatan psikiatri di sebuah kota kecil. 

Serial ini menceritakan bagaimana tokoh utamanya, Moon Gang Tae yang harus bekerja di rumah sakit tersebut, bertemu dengan beragam pasien, dan juga di rumah bertemu kakaknya yang berkebutuhan khusus. 

Belum lagi ia bertemu dengan perempuan yang kemudian disukainya yang bernama Ko Moon Young. Moon Young juga memiliki gangguan mental karena pengasuhan tidak biasa dari sang ibu. 

3. Its Okay Its Love mengulik masalah mental serius

3. Its Okay Its Love mengulik masalah mental serius
netflix.com

Selanjutnya ada drama yang bercerita tentang seorang DJ dan seorang psikiater dan bertemu dalam kondisi yang saling bermusuhan. 

Seiring waktu berjalan, mereka kerap bertemu dan berakhir mereka harus tinggal bersama. Setelah tinggal satu atap, barulah mereka menyadari bahwa masing-masing memiliki masalah kejiwaan. 

Yang satu memiliki trauma untuk menjalin hubungan karena masa lalu, dan satunya memiliki masalah mental serius namun kerap disembunyikannya. 

Editors' Picks

4. My ID is Gangnam Beauty bercerita sial isu kecantikan yang bisa mengganggu kesehatan mental orang

4. My ID is Gangnam Beauty bercerita sial isu kecantikan bisa mengganggu kesehatan mental orang
netflix.com

Kali ini drakornya mengangkat isu kecantikan yang disetujui masyarakat umum. Bahwa perempuan yang cantik haruslah kurus, berkulit mulus, dan berambut indah. 

Ini berakibat pada seorang perempuan yang bernama Kang Mi-Rae (Lim Soo-Hyang) yang tak puas dengan penampilannya dan memutuskan untuk melakukan operasi plastik. 

Awalnya hanya ingin memperbaiki penampilan, namun berlarut-larut karena ia memiliki tuntutan untuk selalu tampil sempurna, baik, dan menarik setiap saat. 

5. Sky Castle cocok menjadi pelajaran bagi setiap orangtua

5. Sky Castle cocok menjadi pelajaran bagi setiap orangtua
netflix.com

Korea Selatan memiliki isu serius tentang cara mendidik anak. Mereka ingin anak-anaknya masuk sekolah elit dan bekerja di tempat yang terpandang. 

Drakor Sky Castle mengangkat masalah ini dan memperlihatkan bagaimana anak-anak yang dipaksa itu menghadapi permasalahan mental yang luar biasa. 

Ini bisa jadi pertimbangan bagi para orangtua yang ingin memaksakan kehendak pada anak-anaknya. 

6. Extracurricular memperlihatkan isu kesehatan mental yang ada di masyarakat

6. Extracurricular memperlihatkan isu kesehatan mental ada masyarakat
netflix.com

Berlatar sekolah menengah atas, hampir setiap anak memiliki masalahnya masing-masing. Maka dari itu, penting sekali ada orangtua yang bisa merangkul dan menuntun mereka agar tidak hilang arah. 

Dalam serial ini, ada 3 karakter yang tidak bisa menggantungkan harapan mereka pada keluarga. Memiliki keluarga yang disfungsional, mereka harus mencari jalan untuk bertahan hidup sendiri. 

7. Tekanan hidup dalam My Mister

7. Tekanan hidup dalam My Mister
viu.com

Seseorang bisa memiliki masalah mental karena banyak hal, salah satunya adalah tekanan hidup. Drakor My Mister bercerita tentang seorang perempuan yang harus bekerja siang malam untuk membayar hutang. 

Belum lagi ada penagih hutang yang kasar sehingga ia harus bisa mempertahankan diri. Di tengah rasa terjepitnya, ia harus berlaku jahat pada korban yang bisa dipancingnya. 

Dalam serial ini terlihat bagaimana luka mental seseorang bisa perlahan sembuh jika ada orang yang terus konsisten melakukan hal baik pada dirinya secara tulus. 

8. Cheese in the Trap bercerita tentang senior yang menderita kepribadian ganda

8. Cheese in the Trap bercerita tentang senior menderita kepribadian ganda
netflix.com

Yang terakhir adalah drakor dari tahun 2016 namun tetap menarik untuk ditonton sekarang. Bercerita tentang seorang perempuan di bangku kuliah yang harus menghadapi banyak kesulitan. 

Di kala kembalinya ke kampus, ia harus bertemu dan jatuh cinta pada seorang senior yang menderita kepribadian ganda. Belum lagi mantan kekasihnya yang terlalu posesif dan tak ragu mengganggu. 

Nah, itulah 8 rekomendasi drakor bertema kesehatan mental yang bisa kamu pilih. Mau nonton yang mana nih, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk