5 Efek Buruk Minum Vitamin Berlebih Bagi Tubuh

Minum vitamin terlalu banyak tanpa adanya anjuran dokter bisa berefek buruk bagi tubuh

29 Juli 2020

5 Efek Buruk Minum Vitamin Berlebih Bagi Tubuh
freepik/serg60

Asupan vitamin jadi salah satu hal yang diklaim bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Saking takutnya sakit, ada banyak orang yang mengonsumsi vitamin dalam jumlah yang berlebihan.

Padahal, hal ini tidaklah baik karena memiliki beberapa efek buruk yang berbahaya bagi kesehatan. 

Sayangnya, tidak semua orang sadar efek buruk dari meminum vitamin secara berlebihan. Oleh karena itu, disusun Popmama.com, inilah 5 efek buruk mengonsumsi vitamin secara berlebihan. 

1. Tidak terserap dengan baik

1. Tidak terserap baik
foodmatters.com

Seorang Nutrition Expert YOUVIT, Puteri Aisyaffa mengungkapkan bahwa vitamin yang berlebihan tidak akan terserap dengan baik oleh tubuh.

"Pada dasarnya, tubuh hanya mengambil vitamin yang dibutuhkan tubuh saja. Jika berlebihan, lainnya akan terbuang begitu saja," ujarnya dalam acara konferensi pers virtual YOUVIT pada Selasa, 28 Juli 2020.

Sebagai acuan, vitamin D harian yang diperlukan tubuh tidak lebih dari 4.000 IU, vitamin C adalah 2.000 mg per hari, vitamin A adalah 3.000 mg dan zat besi hanya 45 mg per hari. 

Jika lebih dari itu, tubuh akan membuangnya melalui sekresi. 

Editors' Picks

2. Mengganggu kerja organ tubuh

2. Mengganggu kerja organ tubuh
Freepik

Vitamin yang dikonsumsi berlebihan juga tidak baik bagi organ tubuh. Seperti contoh, terlalu banyak mengonsumsi suplemen zat besi bisa menyebabkan pembesaran hati dan limpa. 

Berlebihan mengonsumsi vitamin A bisa menyebabkan kerusakan hati dan koordinasi otot yang buruk. Sedangkan mengonsumsi vitamin D berlebih bisa mengakibatkan masalah pada jantung. 

"Jika vitamin yang tak dibutuhkan tidak bisa keluar dari tubuh maka akan jadi residu dan mengganggu kerja ginjal," kata Ardhya Santika, Head of Marketing YOUVIT dalam kesempatan yang sama. 

3. Terlalu banyak gula

3. Terlalu banyak gula
freepik.com/wavebreakmedia-micro

Beberapa vitamin dibuat dengan gula tambahan. Tentu jika mengonsumsinya melewati batas normal, maka ada gula berlebih yang masuk ke dalam tubuh. 

Mungkin hal ini terasa sepele, namun jika dilakukan terus-terusan dan jadi kebiasaan, akan menimbulkan efek negatif di kemudian hari. 

4. Defisiensi vitamin

4. Defisiensi vitamin
Freepik

"Banyak orang merasa hanya dengan mengonsumsi vitamin sudah bisa menggantikan makanan sehat, hal ini tidak tepat," lanjut Puteri. 

Bagaimanapun, suplemen adalah pelengkap vitamin harian dan asupan vitamin serta mineral yang utama berasal dari makanan dan minuman sehat. 

Orang yang mengonsumsi vitamin berlebih dan enggan makan menu sehat akan berujung pada defisiensi vitamin. Tubuh mereka tidak mendapat vitamin alami dari makanan harian yang penuh gizi. 

Jadi, cukup konsumsi sewajarnya dan barengi dengan mengonsumsi makanan sehat secara rutin setiap hari. 

5. Pusing dan muntah

5. Pusing muntah
Freepik/tirachardz

Efek lain yang bisa langsung terlihat adalah rasa pusing dan muntah. Ini bisa jadi pertanda bahwa tubuh tidak bisa menerima zat vitamin yang berlebihan. 

Jika sudah begitu, segera lakukan detoks dengan minum air putih yang banyak. Bisa juga meminum air kelapa dan susu. 

Itulah efek buruk jika mengomsumsi terlalu banyak vitamin di setiap harinya. Cukup minum sesuai dosis anjuran dan tubuh akan lebih sehat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.