5 Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Kolagen Berlebihan

Ingin cantik tapi malah membahayakan kesehatan, hati-hati ya!

11 Maret 2021

5 Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Kolagen Berlebihan
Freepik/Anastasia1012

Saat ini, banyak yang memasukkan asupan kolagen dalam menu sehari-hari. Namun jika berlebihan, ternyata ada efek sampingnya, seperti yang dirangkum Popmama.com.

Kolagen merupakan protein yang diproduksi tubuh untuk mengencangkan kulit. Sehingga, banyak yang memburunya untuk membuat kulit lebih awet muda. 

Sudah banyak suplemen atau minuman mengandung tinggi kolagen untuk memenuhi kebutuhan kolagen harian. Jika tidak sesuai dengan kebutuhan, maka bisa jadi berlebihan. 

Nah, inilah beberapa efek samping jika kamu mengonsumsi kolagen berlebihan. 

1. Gangguan usus

1. Gangguan usus
Freepik/wayhomestudio

Pada beberapa kasus, konsumsi suplemen kolagen berlebihan menyebabkan gangguan pada usus. Kebanyakan mereka merasakan seperti maag namun sakitnya di bagian usus. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi hanya sesuai dengan takaran anjuran. Akan lebih baik lagi jika mengonsumsi sesuai dengan resep dokter. 

Editors' Picks

2. Memicu insomnia dan sakit kepala

2. Memicu insomnia sakit kepala
Freepik/user18526052

Sebagian orang memiliki sensitivitas terhadap glutamic acid. Di mana zat ini terkandung di dalam kolagen. 

Jika sensitif, maka efek sampingnya bisa langsung terasa. Beberapa efeknya antara lain insomnia atau kesulitan tidur saat malam hari. Sementara ada juga yang merasa pusing. 

3. Mengalami hiperkalsemia

3. Mengalami hiperkalsemia
Freepik/master1305

Selain mengencangkan kulit, kolagen juga meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Jika kadar kalsium kamu sampai berlebihan, maka bisa menimbulkan hiperkalsemia. 

Yang akan kamu rasakan adalah mudah merasa lelah, sering mual, dan merasa sakit di area tulang. Jangan diabaikan karena bisa membahayakan kesehatan. Hentikan dahulu konsumsi kolagen dan hitung ulang asupan gizi kamu. 

4. Menyebabkan batu ginjal

4. Menyebabkan batu ginjal
Freepik/diana.grytsku

Kamu yang punya riwayat batu ginjal sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi kolagen. Pasalnya, hydroxyproline merupakan jenis asam amino yang akan melewati ginjal dan menjadi urin. 

Kandungan yang ada di kolagen ini bisa menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi berlebihan. 

Untuk menghindarinya, jangan konsumsi berlebihan dan penuhi asupan air putih setiap hari. 

5. Menimbulkan alergi

5. Menimbulkan alergi
pexels/polina-tankilevitch

Sebenarnya, banyak produk yang berpotensi menimbulkan alergi, salah satunya kolagen. Pada beberapa kasus, mereka yang alergi terhadap kolagen memiliki reaksi gatal di kulit dan kaku pada bagian yang terkena kolagen. 

Sementara lainnya, mengalami bersin dan muntah-muntah saat mengalami alergi kolagen. Jika begitu keadaannya, hentikan sementara dan cari pengganti asupan kolagen lain yang tidak menimbulkan alergi. 

Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan jadi tidak baik. Maka dari itu, konsumsi secukupnya dan harus diimbangi dengan makan sehat serta minum air putih yang cukup. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.