Hati-Hati, Ya! Ini 5 Penyebab Nafsu Makan Berkurang

Bisa jadi tanda mengalami penyakit berbahaya

12 Juni 2021

Hati-Hati, Ya Ini 5 Penyebab Nafsu Makan Berkurang
Freepik/katemangostar

Bagi sebagian orang, kondisi saat malas makan disambut gembira. Sehingga, berat badan bisa turun dengan lebih mudah. Sayangnya, ada penyebab berbahaya yang harus diwaspadai. 

Saat nafsu makan berkurang, kamu akan tidak mudah merasa lapar, makan lebih sedikit, atau mudah sekali merasa kenyang. Seringnya, kondisi ini dipicu dari faktor psikologis seperti stres atau depresi. 

Ketika sedang stres, tubuh memberi sinyal bahaya dan otak melepaskan hormon adrenalin. Inilah yang membuat otot berdetak lebih cepat dan pencernaan melambat. Di sanalah mulai masalah malas makan. 

Nah, selain kondisi psikologis, berkurangnya nafsu makan bisa juga disebabkan hal lain. Apa saja, ya? Popmama.com rangkumkan untuk Mama. 

1. Mengalami gagal ginjal

1. Mengalami gagal ginjal
Freepik/Racool_studio

Kamu yang memiliki masalah dengan ginjal baik yang akut atau kronis bisa saja mengalami gangguan penyaringan zat beracun di tubuh, produksi sel darah merah berkurang, gangguan elektrolit dan tekanan darah yang tinggi. 

Seringnya, penderita gagal ginjal juga kehilangan nafsu makan karena rasa mual. Mual ini muncul karena penumpukan racun dalam darah yang diakibatkan tidak berfungsinya ginjal dengan baik. 

Editors' Picks

2. Gangguan tiroid

2. Gangguan tiroid
Freepik/cookie_studio

Hipotiroidisme juga bisa menyebabkan seseorang malas makan. Hal ini diduga karena kelainan tiroid yang memengaruhi sensasi rasa di lidah saat makan.

Tak hanya itu, penyakit ini juga bisa mengganggu kerja otak yang mengatur nafsu makan. 

3. Mengidap kanker

3. Mengidap kanker
Freepik/black.salmon

Pada banyak kasus, para penderita kanker juga mengalami penurunan nafsu makan. Ini bisa disebabkan karena penyakit itu sendiri, atau efek samping dari pengobatan kanker yang memengaruhi indera dan mengganggu keinginan untuk makan. 

Penderita kanker juga sering mengalami masalah pencernaan seperti mual, perut kembung, dan diare. Kondisi ini tentu menyebabkan semakin malas untuk makan. 

4. Sedang dehidrasi 

4. Sedang dehidrasi 
Pexels/daria-shevtsova

Tak hanya haus, dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh juga bisa memicu kamu untuk jadi malas makan. Selain itu, kamu juga akan merasa kepala pusing, mual, lelah dan bingung. 

Saat cuaca terlalu panas, beberapa orang bahkan tidak terlalu nafsu makan selama berbulan-bulan. 

Jangan tunggu sampai mengalami dehidrasi, segera penuhi kebutuhan cairan harian kamu. 

5. Menderita tuberkulosis

5. Menderita tuberkulosis
Freepik/KamranAydinov

Pada penderita tuberkulosis (TB), diketahui bahwa kadar leptinnya berkurang atau menurun karena peradangan berkepanjangan. Sedangkan leptin adalah salah satu hormon yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan. 

Kondisi malas makan yang berlarut-larut inilah yang membuat berat badan penderita TB bisa berkurang secara drastis dan dalam waktu yang cepat. 

Itulah beberapa kondisi medis yang bisa memicu seseorang malas makan. Meski sedang tidak terlalu mood, tetap penuhi asupan makanan harian agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.