Hindari saat Sahur, 5 Makanan yang bikin Cepat Haus

Mie instan salah satunya, Ma

15 April 2021

Hindari saat Sahur, 5 Makanan bikin Cepat Haus
Freepik/marymarkevich

Saat sahur, pilihlah asupan makanan yang tepat karena itu akan berpengaruh pada kualitas puasa kamu hari itu. Jika asal, maka siap-siap cepat lapar dan haus. 

Beberapa makanan memiliki sifat mengikat air dan inilah yang membuatmu lebih cepat haus dibanding makan menu yang lainnya. 

Lalu, apa saja makanan yang bikin haus? Popmama.com punya daftar makanan yang bisa membuatmu cepat haus

1. Makanan yang tinggi sodium

1. Makanan tinggi sodium
Freepik/dashu83

Garam membuat makanan lebih terasa gurih dan enak. Namun jika terlalu banyak, maka bisa merugikan kamu yang hendak berpuasa. 

Garam yang tinggi menyerap air lebih banyak di dalam tubuh. Sehingga, kamu terasa ingin minum yang banyak setelah memakannya. 

Beberapa makanan yang mengandung tinggi garam atau sodium adalah makanan siap saji seperti fried chicken, mie instan, pizza, dan makanan gurih dan kemasan lainnya. 

Jangan aneh jika kamu sudah merasa haus tak lama setelah imsak, Ma. 

Editors' Picks

2. Makanan dengan minyak banyak

2. Makanan minyak banyak
Instagram.com/yogya_culinary

Selanjutnya, makananan dengan minyak berlebih juga membuatmu lebih mudah haus. Minyak memang membuat tubuh lebih cepat haus sehingga kamu perlu menambah asupan minum jika memang mengonsumsi menu berminyak di saat sahur. 

Beberapa makanan dengan minyak banyak adalah gorengan, nasi goreng, dan sejenisnya. Salah satu siasatnya adalah perbanyak sayur dan minum air untuk asupan yang seimbang. 

3. Makanan bersantan

3. Makanan bersantan
befren.com

Satu lagi yang terasa nikmat namun punya efek samping saat puasa adalah makanan bersantan. Minyak dan lemak yang terkandung di dalamnya bisa membuat tubuh lebih cepat kehilangan air dibanding menu lainnya. 

Kamu bisa menghindari makanan dengan santan yang terlalu kental saat sahur. Jika memang sudah terlanjur ada, maka tambahkan banyak sayur dan minum air putih lebih banyak dari biasanya. 

Dengan begitu, minyak bisa terikat oleh air dengan lebih baik sehingga tubuh tidak kehabisan air di awal puasa. 

4. Makanan yang pedas

4. Makanan pedas
thatspicychick.com

Makanan yang pedas memang bisa menambah rasa nikmat dalam menikmati menu sahur. Namun sayangnya, rasa pedas yang berlebihan bisa memicu rasa haus. 

Pedas yang ada di dalam makanan bisa menguras energi sehingga kamu merasa lebih aktif setelah mengonsumsinya. Begitu juga jika pedasnya berlebihan bisa membuat tubuh berkeringat lebih banyak. 

Hasilnya, tubuh kehilangan banyak air. Oleh karena itu, batasi asupan makanan pedas di saat sahur agar tidak mudah haus. Juga, menghindari makanan pedas bisa menjaga kamu dari pencernaan yang tidak nyaman karena efek pedas tersebut. 

5. Makanan manis

5. Makanan manis
Freepik

Setelah makan gurih, biasanya kamu perlu makanan yang manis. Sayangnya, makanan manis ini bisa membuat kamu lebih mudah haus dibanding tidak memakannya. 

Saat gula darah melonjak karena asupan makanan manis, gula akan sampai ke darah dan air dalam sel tubuh akan masuk ke darah untuk mengendalikan keseimbangan cairan agar tidak terlalu pekat. 

Semakin banyak gula yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak air yang dibutuhkan untuk mengendalikan keseimbangan cairan di dalam darah. 

Agar puasa makin berkualitas, penting sekali untuk memilah milih menu apa saja yang cocok dan tepat untuk sahur. Jangan salah pilih lagi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.