Jalan-Jalan dari Rumah, 6 Museum Ini Tawarkan Virtual Tour

'Jalan-jalan' ke museum seluruh dunia bermodalkan layanan internet

2 April 2020

Jalan-Jalan dari Rumah, 6 Museum Ini Tawarkan Virtual Tour
Dok. Museum Macan

Imbauan di rumah saja sedang ramai dilakukan banyak orang, termasuk anak-anak. Jika bosan, Mama bisa menilik beberapa museum terkenal di dunia yang memiliki layanan virtual tour. 

Dengan layanan ini, Mama bisa mengajak si Kecil berkelana ke museum dunia dari layar ponsel atau komputer saja. Selain itu, ini juga bisa jadi wadah belajar bagi si Kecil untuk mengenal aneka museum di dunia. 

Lalu, mana saja yang memiliki layanan virtual tour? Berikut Popmama.com rangkumkan untuk Mama.

1.  British Museum, Inggris

1.  British Museum, Inggris
g-switch.org

British Museum adalah salah satu museum yang wajib didatangi saat ke London, Inggris. Jika belum bisa ke sana, apalagi sedang di waktu seperti ini, tak ada salahnya berkelana dahulu melalu virtual tournya. 

Museum ini bekerja sama dengan Google menyediakan tur museum secara virtual yang dibagi dalam beberapa tema dan area. Mulai dari artefak sampai mumi bisa dilihat di sana.

Penjelasannya pun sangat lengkap. Ada gambar, tulisan, dan audio yang bisa didengarkan dalam bahasa Inggris. Ini tautan untuk mendatangi virtual tournya. 

2.  National Gallery of Art, Washington, AS

2.  National Gallery of Art, Washington, AS
washington.org

Museum yang selalu ramai pengunjung ini juga memiliki 2 pameran yang tersedia untuk dijelajahi secara online. Yang pertama adalah pameran dari fashion Amerika dari tahun 1740 sampai 1895. 

Pameran pertama berisi banyak pakaian dari masa kolonial dan revolusi. Sementara pameran kedua adalah karya seni dari seniman barok dari Belanda, Johannes Vermeer. 

Mama bisa melihat kedua koleksi ini bersama si Kecil di sini.

Editors' Picks

3. National Museum of Modern and Contemporary Art, Korea Selatan

3. National Museum of Modern and Contemporary Art, Korea Selatan
theseoulguide.com

Korea juga jadi salah satu negara yang sedang berjuang melawan Coronavirus. Banyak tempat umum yang ditutup. Namun bukan berarti Mama tidak bisa mengunjungi museumnya dari komputer atau laptop. 

National Museum of Modern and Contemporary Art di Seoul, Korea Selatan merupakan museum yang paling terkenal. Mama bisa mengajak si Kecil menengok isi museum yang terdiri dari 6 lantai. 

Ini untuk menuju linkvirtual tournya. Siap-siap terpesona!

4. Pergamon Museum, Jerman

4. Pergamon Museum, Jerman
berlin-info.info

Inilah salah satu museum paling besar di Jerman. Pergamon Museum menyimpan begitu banyak benda bersejarah seperti artefak Ishar Gate dari Babylonia, dan tentu saja Altar Pergamon. 

Berikut linknya untuk menjelajah musem secara virtual.

5. Van Gogh Museum, Belanda

5. Van Gogh Museum, Belanda
inexhibit.com

Saking terkenalnya, seniman yang satu ini sampai memiliki museum ata namanya. Bisa ditebak, Van Gogh Museum berisi tentang karyanya dari masa ke masa, termasuk lukisannya yang paling terkenal yaitu The Starry Night.

Setidaknya ada 200 lukisan, 500 gambar, dan lebih dari 750 surat pribadi milik Gogh. Ajak si Kecil mengenal seni di sini

6. Museum Macan

6. Museum Macan
Dok. Museum Macan

Jelajahi Museum Macam Online yang sangat kaya nilai seninya. Dari tur virtual pameran Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run? dan Julian Rosefeldt: Manifesto, hingga penjelasan karya dalam koleksi museum dan aktivitas kreatif untuk keluarga di rumah, semua sangat lengkap.

Direktur Aaron Seeto mengatakan, “Program kami adalah respons positif terhadap situasi sosial yang sedang dihadapi dunia. Kami sadar bahwa Indonesia sangatlah luas dan beragam, dengan tingkat konektivitas yang berbeda di setiap area, provinsi dan pulau. Dengan mengingat kondisi tersebut, kami bekerja keras untuk menyajikan materi yang dapat diakses dan diunduh dengan mudah, selain memprioritaskan kreativitas dan inspirasi untuk orang tua, pengasuh dan profesional yang bekerja di rumah, serta anak-anak yang belajar dari rumah.”

Semua materi #MuseumfromHome dari Museum MACAN bisa diakses via situs www.museummacan.org selama masa physical distancing berlaku.

Selain itu ada 800-an karya senin modern dan kontemporerIndonesia dan Internasional yang bisa diakses melalui Instagram @museummacan. Mama dan si Kecil juga bisa melihat kunjungan secara virtual melalui kanal IGTV dan YouTube Museum Macan. 

Itu dia 6 museum terkenal di dunia yang bisa diakses dari komputer atau ponsel. Virtual tour ini bisa jadi salah satu pengisi waktu berkegiatan saat ada anjuran harus di rumah saja. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.