5 Jamu Pelancar Haid yang Bisa Dibuat di Rumah

Beberapa di antaranya adalah jahe, kayu manis, dan kunyit

22 Januari 2021

5 Jamu Pelancar Haid Bisa Dibuat Rumah
Freepik/user18526052

Mens yang tidak teratur atau lancar memang mengganggu. Kebanyakan perempuan mengonsumsi obat pelancar haid. 

Selain itu, ada juga pilihan jamu pelancar haid kemasan yang bisa mudah didapat di mana saja. 

Namun jika kamu berencana menggunakan jamu pelancar haid yang alami, cobalah membuat dengan beberapa bahan ini di rumah. Salah satunya dengan menggunakan jamu dari bahan alami. Popmama.com punya daftar bahannya. 

1. Jahe dan teh 

1. Jahe teh 
Freepik/jcomp

Merasa haid tidak lancar atau terlalu lama PMS namun haid tak kunjung datang? Mungkin bisa coba resep teh yang satu ini. 

Teh dengan campuran jahe tak hanya baik untuk menghangatkan tubuh. Namun bisa juga dijadikan minuman pelancar menstruasi. Rempah yang satu ini juga sudah lama dipercaya bisa membantu melancarkan haid. 

Selain itu, jahe bisa membantu meredakan nyeri haid, mengurangi rasa kembung dan sebah, mengatasi sembelit, dan meredakan mual yang biasa dirasakan selama PMS. 

Editors' Picks

2. Teh kayu manis 

2. Teh kayu manis 
Freepik/8photo

Dari penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bisa membantu memperbaiki siklus menstruasi jadi lebih teratur. Sehingga, banyak yang menyarankan kayu manis sebagai salah satu jamu pelancar haid. 

Kamu hanya perlu menyeduh kayu manis dan meminumnya langsung. Jika ingin lebih nikmati, bisa tambahkan teh dan madu. 

Selain melancarkan haid, kayu manis juga bisa membantu mengurangi nyeri karena mens dan jadi pilihan pengobatan alami untuk mengatasi PCOS. 

3. Madu dan cuka apel 

3. Madu cuka apel 
Freepik/Vasiliybudarin

Cuka apel memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah menurunkan kadar gula darah, menurunkan berat badan, dan memperlancar siklus menstruasi. 

Bahkan, cuka apel sering dijadikan obat alami untuk penderita PCOS. Cukup mengonsumsinya setiap hari dan mens pun jadi lebih lancar setiap bulannya. 

Kamu bisa mencampurkan 2 sendok cuka apel dan 2 sendok madu ke dalam segelas air hangat. Minumlah sesaat setelah bangun tidur dan rasakan bedanya saat siklus mens datang. 

4. Daun pepaya dan asam jawa

4. Daun pepaya asam jawa
Freepik/User6393596

Satu lagi jamu pelancar haid terbuat dari daun pepaya. Mungkin langsung terbayang seperti apa rasanya. Namun tenang, jika dicampur dengan asam jawa dan garam, maka tidak akan separah itu rasa pahitnya. 

Ekstrak dari daun pepaya dianggap mampu mengurangi rasa nyeri dan membantu melancarkan menstruasi. 

Kandungan nutrisinya antara lain vitamin A, B, C, D, E dan kalsium yang baik untuk tubuh. Selain itu, karoten di dalamnya membantu mengatur estrogen dalam tubuh sehingga membuat mens lebih teratur. 

Kamu bisa didihkan 2 gelas air dan masukkan 3 lembar daun pepaya besar dan masukkan asam jawa serta garam. Rebus sampai air menyusut setengahnya. 

Kemudian, langsung saja minum selagi hangat. 

5. Kunyit asam

5. Kunyit asam
Freepik/jigsawstocker

Yang terakhir adalah jamu yang paling terkenal untuk melancarkan haid yaitu kunyit asam. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa terjadi penurunan gejala PMS saat peserta penelitian diberikan kurkumin, senyawa aktif yang ada di kunyit. 

Selain itu, suasana hati pun bisa lebih baik, mengurangi rasa sakit karena PMS, dan mengurangi kelelahan karena efek PMS. 

Kamu bisa membuat jamu kunyit asam dengan mencampurkan jamu, gula aren, asam jawa dan sedikit jahe. Jamu ini juga bisa disimpan di kulkas sehingga kamu bisa membuatnya dalam jumlah banyak dalam sekali waktu. 

Nah itulah beberapa jamu pelancar haid yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Semoga membantu, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.