Jangan Dibiarkan, Ini 5 Bahaya Menahan Kantuk

Bisa microsleep dan sangat berbahaya, Ma

15 Mei 2021

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Bahaya Menahan Kantuk
Freepik/wayhomestudio

Kantuk adalah tanda dari tubuh untuk istirahat. Jika ditahan trus, kamu bisa mengalami banyak hal yang bisa membahayakan diri dan orang lain. 

Banyaknya kegiatan atau keharusan mengerjakan sesuatu membuat seseorang menahan kantuk. Mulai dari minum kopi, atau memaksa terjaga padahal mata dan tubuh sudah sangat lelah.

Jika bertumpuk dan bertambah parah, kantuk bisa berujung pada penyakit tidur. 

Agar tidak dilakukan, Popmama.com punya tanda kamu tengah menahan kantuk. 

1. Mengalami microsleep

1. Mengalami microsleep
Freepik/aleksandarlittlewolf

Microsleep atau tidur sekejap adalah kondisi di mana seseorang tiba-tiba tertidur selama beberapa detik. Sebelum mengalami ini, biasanya ada tanda seperti sulit menahan mata untuk tetap terbuka dan sering menguap. 

Selain itu, ia juga hilang fokus, tidak ingat kejadian 1 sampai 2 menit yang lalu, menjatuhkan barang yang sedang dipegang, dan hilang kontrol postur tubuh sehingga kepala bisa jatuh tiba-tiba. 

Hal ini sering terjadi pada mereka yang sangat mengantuk dan menahannya dengan tidak tidur. Jika sedang berkendara, microsleep bisa menyebabkan kecelakaan. 

Editors' Picks

2. Kepala pusing 

2. Kepala pusing 
Freepik/cookie_studio

Jika sudah sangat mengantuk tapi tidak diajak tidur, maka tubuh akan mengirimkan sinyal bahwa sedang mengalami kelelahan. Sinyalnya adalah rasa sakit kepala yang dirasakan di dahi, dekat mata dan kepala depan. 

Pusing yang berlarut-larut bisa mengganggu aktivitas harian dan mengurangi produktivitas kamu. Jika sudah terlalu mengganggu, pusing malah membuatmu sulit tidur, lho.

3. Cenderung makan berlebih 

3. Cenderung makan berlebih 
Freepik/lookstudio

Saat mengantuk, seseorang akan mencari cara untuk menahannya dan tidak tertidur. Salah satunya makan. 

Orang yang menahan kantuk biasanya akan memilih kopi untuk menghilangkan rasa mengantuk. Selain itu, ada juga yang memilih untuk makan untuk mengurangi kantuk. 

Seringnya, orang yang mengantuk cenderung makan apa saja tanpa pikir panjang. Jika dibiarkan, maka bisa membuat orang lebih mudah obesitas. 

4. Lebih ceroboh

4. Lebih ceroboh
Freepik/Cookie-studio

Kantuk yang berlebih dan ditahan bisa membuat seseorang memiliki konsentrasi yang buruk. Kamu lebih sering mengalami kesalahan saat mengantuk. 

Jika dipaksa tetap terjaga, maka keadaan kamu seperti orang yang linglung. Sering bengong, terdiam, salah memberi arahan, dan lupa akan banyak hal kecil. 

Hal ini tentu bisa mengganggu pekerjaan kamu sehari-hari. Tak mau kan performa jadi turun karena menahan kantuk?

5. Memiliki emosi yang tidak stabil

5. Memiliki emosi tidak stabil
Freepik/master1305

Sebuah penelitian menyatakan bahwa pasangan yang kurang tidur lebih sering bertengkar dibanding mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. 

Hal ini juga berpengaruh pada hubungan dengan teman, rekan kerja, dan keluarga. Kamu akan jadi pribadi yang lebih mudah emosi. Karena tubuh sudah lelah, kamu tak bisa menahan kesabaran layaknya jika tidur cukup. 

Jadi, jika sudah mulai sumbu pendek, baiknya cek lagi, apakah kamu sedang menahan kantuk?

Itulah beberapa hal bahaya jika kamu sering menahan kantuk. Dengarkan tubuh dan istirahatlah saat lelah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.